Posted by Wisnu Kuncoro Ardianto on 28 Jan 2014, 12:32:20

Teori Terbentuknya Hujan

Sepertinya pas banget ni ane ngomongin hujan di musim hujan ini, berbagai candaan ( atau lebih tepatnya sindiran ) terkait hujan yang terus menerus mengguyur bumi kita tercinta. yang pada intinya langit membalas serangan kita. beberapa waktu lalu kita menyerang langit dengan jutaan bahkan milyaran kembang api. masih untung langit membalas serangan kita pakai air, coba kalau dibalas dengan kembang api juga ( baca : meteor ). hiiiiiii ga kebayang deh….

hujan adalah nikmat Allah, daripada mengeluh apalagi mengumpat akan datangnya hujan ( mengumpat hujan, sama aja mengumpat penciptanya. nah lhooo…berani ? ) lebih baik berdoa saat hujan turun, karena salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa adalah saat hujan turun. (doa ketika hujan turun ” Allahumma shoyyiban naafi’an. artinya : Ya Allah, (jadikan hujan ini) hujan yang membawa manfaat (kebaikan).

Anyway, kira2 kapan ya ilmuwan2 kita menemukan teori terciptanya hujan ? emmm….kyknya belum begitu lama juga ya. chek dis one out:
” Para ilmuwan yang mempelajari jenis-jenis awan mendapatkan temuan yang mengejutkan berkenaan dengan proses pembentukan awan hujan. Terbentuknya awan hujan yang mengambil bentuk tertentu, terjadi melalui sistem dan tahapan tertentu pula. Tahap-tahap pembentukannya sebagai berikut:
TAHAP – 1, Pergerakan awan oleh angin: Awan-awan dibawa, dengan kata lain, ditiup oleh angin.
TAHAP – 2, Pembentukan awan yang lebih besar: Kemudian awan-awan kecil (awan kumulus) yang digerakkan angin, saling bergabung dan membentuk awan yang lebih besar.
TAHAP – 3, Pembentukan awan yang bertumpang tindih: Ketika awan-awan kecil saling bertemu dan bergabung membentuk awan yang lebih besar, gerakan udara vertikal ke atas terjadi di dalamnya meningkat. Gerakan udara vertikal ini lebih kuat di bagian tengah dibandingkan di bagian tepinya.
Gerakan udara ini menyebabkan gumpalan awan tumbuh membesar secara vertikal, sehingga menyebabkan awan saling bertindih-tindih. Membesarnya awan secara vertikal ini menyebabkan gumpalan besar awan tersebut mencapai wilayah-wilayah atmosfir yang bersuhu lebih dingin, di mana butiran-butiran air dan es mulai terbentuk dan tumbuh semakin membesar .
Ketika butiran air dan es ini telah menjadi berat sehingga tak lagi mampu ditopang oleh hembusan angin vertikal, mereka mulai lepas dari awan dan jatuh ke bawah sebagai hujan air, hujan es, dsb. (Anthes, Richard A.; John J. Cahir; Alistair B. Fraser; and Hans A. Panofsky, 1981, The Atmosphere, s. 269; Millers, Albert; and Jack C. Thompson, 1975, Elements of Meteorology, s. 141-142) ”

see..? tahun 1975… But BELIEVE IT OR NOT, peristiwa terbentuknya hujan sudah di tuliskan DALAM ALQUR’AN berabad abad lalu. dalam surat Ar Rum ayat 48 disebutkan : “Dialah Allah Yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendakiNya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat air hujan keluar dari celah-celahnya; maka, apabila hujan itu turun mengenai hamba-hambaNya yang dikehendakiNya, tiba-tiba mereka menjadi gembira” juga dalam surat An Nur ayat 43 : “Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan- gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan.”

itu semua merupakan bukti bahwa AlQur’an memang Kalamullah, bukan karangan manusia… so…masihkah mempunya rasa malas untuk membaca, mempelajari dan memahami Alqur’an ? dimana Alqur’an lebih maju dari ilmu pengetahuan manusia. kebenaran Alqur’an telah dibuktian dari sisi medis, iptek, astronomi dll….

SHARE

25 Des 2015, 19:11:28
Tafsir Al Quran Surat An-Nasr
27 Nov 2015, 13:20:19
Tafsir Al Quran Surat Al-Falaq
13 Nov 2015, 08:33:13
Tafsir Surat Al-Asr



  • Tapi kenapa kita umat Muslim tdk bisa mengalahkan Yahudi? Sangat menyedihkan :(

    On Post :
    PALESTINA, Tanah Yang Dirampas
  • Assalamualaikum wr.wb

    Nama saya Yudi Heryanto, Odoj G#234. Saya mau share terkait dgn program Odoj yg sdh…

    On Post :
    Pantun Motivasi ODOJers
  • assalamualaikum wr wb.
    mo nanya, benarkah odoj sdh tdk ada lagi sistem lelang dan target khottam group ??

    On Post :
    Haru ODOJ dari Ketua Pelaksana
  • Akhirnya terjadi juga apa yg saya khawatirkan,,,,semua gerakan (baca:komunitas ) apa pun pasti mengalami futur seperti ini,,,berarti komunitas ini sudah…

    On Post :
    Awas, Futur Nasional ODOJ
  • tbeFxZ Thanks for sharing, this is a fantastic article.Much thanks again. Will read on...

    On Post :
    Haru ODOJ dari Ketua Pelaksana