Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Jangan Biarkan Waktu Sia-Sia

Laila Rizki Hanantya


Jangan Biarkan Waktu Sia-Sia


Waktu merupakan harta yang sangat berarti karena waktu tidak dapat terulang kembali. Allah memberi kita waktu sebanyak 24 jam dalam sehari dan tugas kita untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan maksimal apakah banyak digunakan hal yang bermanfaat atau justru mengarah pada keburukan. Salah satu pertanyaan yang akan Allah tanyakan ketika di akhirat yaitu masa usiamu dihabiskan untuk apa ? Mari sama-sama kita introspeksi diri sejenak. Firman Allah dalam surat Al-‘Asr:

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan saling berpesan dengan kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran. (Q.S. Al-‘Asr)

            Tanpa kita sadari ternyata waktu terasa berjalan begitu cepat bagi orang-orang yang memang beraktivitas dalam seharian itu. Lantas bagi orang yang hanya duduk dan berdiam diri tentu merasakan waktu berjalan sangat lama. Padahal dari 24 jam waktu yang Allah kita bisa memanfaatkannya untuk hal-hal kebaikan yaitu beribadah. Ibadah bentuknya macam-macam bukan hanya salat saja namun aktivitas lain yang diniatkan untuk mengharap Ridha Allah juga dapat dikatakan bagian dari ibadah diantaranya mencari nafkah halal atau menuntut di sekolah bagi yang masih duduk di bangku sekolah, kemudian ditambah lagi dengan kegiatan sosial di luar jam kerja atau jam sekolah, dan segudang aktivitas kebaikan lainnya. Sangat disayangkan apabila kita tak menjadi bagian dari orang-orang yang memanfaatkan waktunya dengan kebaikan justru kita akan menjadi orang yang merugi karena tak bisa mensyukuri pemberian nikmat yang Allah kasih ke kita berupa waktu. Bersyukur bukan hanya sekedar ucapan di lisan saja melainkan butuh tindakan yang merupakan aplikasi dari pernyataan rasa syukur.

            Orang-orang sukses adalah orang-orang yang mampu mengatur waktunya dengan baik. Dia tak mau kehilangan sedikit pun waktunya untuk hal yang sia-sia. Selagi masih ada kesempatan maka pergunakan kesempatan itu. Seburuk apapun hal yang telah kita lakukan kemarin, maka Allah selalu menyediakan hari berikutnya untuk kita terus memperbaiki diri. Hal lain yang dapat memotivasi untuk untuk terus beriman dan beramal shalih sesuai yang terdapat dalam Surat Al-‘Asr adalah hidup hanya sekali dan kita tidak tahu kapan maut akan menjemput dan dalam kondisi seperti apa malaikat Izrail menjemput kita. Ketika kita mampu memahami perjalanan hidup hanya sekali maka seharusnya kita benar-benar mempersiapkannya dengan baik dengan memanfaatkan waktu yang tersedia dengan melakukan amalan-amalan kebaikan. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang pandai dalam mengatur waktunya untuk hal yang bermanfaat. Menyesal tak ada gunanya, maka introspeksi sejenak kemudian bangkit untuk hidup yang lebih berharga. Let’s Move on.

Nama               : Laila Rizki Hanantya

Grup                : G-880

Pekerjaan         : Mahasiswi

Alamat medsos :www.lailarizki16.blogspot.co.id (blogspot), Laila Rizki Hanantya (FB), @rizkihanantya (IG)


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020