Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

JAWABAN TJSLINER EDISI -19 part II ( 27 Juli 2016 )




#TJSLiners Nisa Hanifah, 0

(assalamu'alaikum wr.wb, saya ingin bertanya bagaimana hukum membalas chat dari orang yang bukan mahram, dan bagaimana apabila pertanyaan tersebut mengarah pada pembicaraan yang kutang bermanfaat/sekedar basa basi dan bagaimana cara menyikapinya? Syukron

Jawab → Tinggalkan saja. Tidak bermanfaat untuk kedua belah pihak bukan..?

kalau haid apakah wajib kuhumnya menyimpan rambut dan kuku serta tidak mecuci rambut selama masa haid ?

Jawab → Tidak

 

Eka Fajar Romadhoni,425

Tanya dong masalah pekerjaan

Saya kan kerjanya di salah satu instansi pemerintah saya sebut saja "kantor pajak"

Nah kan ada hadist "tidak masuk surga orang yg memungut pajak dan bea cukai"

Nah sedangkan di Indonesia ini pajak berperan besar dalam APBN "76%" yaitu untuk pembangunan negara seperti pembuatan jalan raya, pembangunan tol, pembangunan fasilitas umum seperti Masjid kota .

Nah dengan manfaat pajak yg begitu besar apakah hadiat diatas masih berlaku  atau hadist tsb berlaku hanya dengan keadaan tertentu .???

Jawab → Negara jika mampu harusnya tidak memungut pajak dari rakyatnya. Jika mampu dan masih memungut pajak, maka zhalim ini.

Usahakan pindah bagian saja yang tidak bersinggungan dengan urutan flow pungutan pajak tersebut.

 

#TJSLiners Intan, OS41 #

ukhti saya mau bertanya..jika kita mencintai seseorang tapi kita belum direstui . Gimana ya ukhti.. ? Karena belum direstui ortu masing2 dari laki dan perempuan.. dengan alasan karena blum mapan lakinya..

Jawab → Kok saling mencintai...? Berarti pacaran...? Aduuuh jangan yaaa. Tantang saja laki lakinya. Jika berani lamar saya didepan orang tua saya.

 

#TJSLiner aini, 0

Adakah do'a agar tetap istiqomah flm kebaikan

Jawab → minta saja kepada  Allah Ta'ala agar dimudahkan langkah dan keinginan agar tetap istiqomah disamping kita juga memaksa diri untuk mengerjakan amalan amalan yang diperintahkan.

 

#TJSLiners hanna, 0

mau tanya,bagaimana hukumnya jika menuntut ilmu d luar negeri, seperti d australia.

terkait hijrah,dr tempat buruk menuju tempat yg lebih baik. sedangkan di sana jelas muslim tidak lebih banyak dibanding Indonesia. mana yg lebih utama? menuntut ilmu di negara muslim atau negara maju tp non muslim?

Jawab → Jika memang di Indonesia tidak ada ilmunya maka boleh saja. Kecuali jika di Indonesia ada ilmu tersebut, maka lebih baik di Indo saja

 

#TJSLiners Syifa Fauziah 1490

Tanya dong ustadzah bagaimana caranya melembutkan hati seorang ibu jika kita beri masukan atau saran, sebab saya merasa di acuhkan dan di rendah kan..

Ibu bilang jangan mentang2 sudah dewasa sok pintar ngajarin dan ngsh tau org tua..

Bagaimana sikap yg hrs saya lakukan ketika ibu ngmg seperti itu?

Saya sedih sampai sekarang allah belum berikan yg terbaik, ibu masih buka tutup pakai jilbab :""""Terimakasih ustadzah

Jawab → Kasih buku bacaan sesuai dengan tematik, putarkan radio yang berisi ceramah islami, ajak jika bisa ke kajian offline, pinjam kekuaatan keluarga yang disegani dan tetap berdoa kepada  Allah Ta'ala.

 

#TJSLiners Cendana, 0

Assalammualaikum akhi/ukhti. Ana mau bertanya bagaimana amalan menurut islam untuk mendekatkan kita dengan jodoh kita? Lalu bolehkah kita berdoa menyebut nama orang yg belum tentu jodoh kita kepada Allah untuk berharap dia menjdi jodoh kita?

Jawab → Boleh saja. Dan jangan terlalu berharap.

 

#TJSLiners (Siti)

Assalammualikum wr wb

ketika kita ingin lebih dekat dengan Allah kenapa pikiran dan jasmani kita malah menolaknya.. Apa karena kurangnya iman(kepercayaan) kita kepada Allah

Jawab → Betull. Ada masalah penerepan dan pengertian sahadat di antum.

 

#TJSLiners Arne, 21

Kalau beasiswa itu termasuk dana hibah bukan? Dan apakah beasiswa itu mewajibkan penerimanya untuk dizakatkan?

Jawab → Tidak

 

#TJSLiners Suhanto ,

            Bagaimanakah bersalaman dengan lawan jenis yang disyariatkan dalam islam

Jawab → Tidak bersentuhan kulit satu sama lainnya.

 

#TJSLiners Ferdian 0

Assalamualaikum wr wb

Ingin bertanya min, jadi pada saat bulan ramadhan saya lumayan rajin membaca Al-Quran, kemudian saya baca surat yg pada saat ini ingin saya baca tdk urut gitu mksdnya dan hanya sekedar membaca tdk mempelajari artinya,

Pertanyaannya, hukum nya membaca Al-Quran tanpa juga mempelajari artinya itu seperti apa min? Lalu membaca yg tdk urut jg apa hukum nya min?

Jawab → Boleh saja. Memang lebih afdhal yang berurutan.

 

#TJSLiners kusyanto, 0

assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh mau tanya nih, bagaimana hukum nya kalau sholat berjama'ah bukan dimusholah atau masjid tapi tidak tepat waktu di karenakan pekerja'an ,misal sholat subuh waktu tepat nya jam 4 , tapi kita bisa menjalankan nya jam setengah 5, apakah imam masih di perboleh kan bersuara? Terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

Jawab → Boleh

 

#TJSLiners Fauzan, 656

Assalamualaikum

Mau nanya, kalo sholat sendirian itu perlu pake adzan/iqamah, atau tidak di bolehkan. Makasih.


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020