Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

JAWABAN TJSLINER EDISI -19 part VI ( 27 Juli 2016 )




#TJSLiners 0

Assalamualaikum wr.wb

Bagaimana cara nya agar kita tidak lupa dalam membaca Al-Qur'an dengan alasan banyak tugas sekolah?

Jawab → PAKSAKAN diri untuk komitmen dan membagi waktu yang jelas untuk masing masing porsinya.

Kalo boleh ditambahkan pertanyaannya, setau saya keuntungan perusahaan jg dipakai untuk pembangunan gereja, apakah sy sbg muslim hrs keluar dr perusahaan atau bgimana?

Jawab → Tidak.. Itu sudah diwilayah kekuasaan kita.

Apakah tanda orang yang berjidat hitam sesuatu kebaikan?mohon penjelasannya berserta dalilnya #Syukron

Jawab → Belum tentu.

 

#tjsliners diah, 0

bagaimana cara istiqamah yg benar sesuai al-quran? Mohon info ayat nya

Jawab → Pertama: Memahami dan mengamalkan dua kalimat syahadat dengan baik dan benar.

Kedua: Mengkaji Al Qur’an dengan menghayati dan merenungkannya

Ketiga: Konsekuen dalam menjalankan syari’at Allah

Rasulullah bersabda,Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”

Itukan ada 3 pertanyaan min, ana tambah lagi yaa. Misalnya ada akhwat minta izin sama ibunya buat nikah muda, tapi ibunya selalu balik nanya emang udah punya tabungan berapa mau nikah, itu harus gimana min? Apa harus ngumpulin uang berjuta2 dulu baru bisa nikah? Cara ngeyakinin orangtua buat walimahan sederhana ngundang orang terdekat aja gimana min?

Jawab → Bilang saja diusia sekarang memang kebutuhan biologis adalah sangat tinggi dan salah satu caranya adalah dengan melakukan pernikahan. Daripada nanti disalurkan diluar kehalalan akan menambah malu keluarga besar tentunya.

Berdoalah kepada  Allah Ta'ala agar dilunakkan hati orang tua.

 

#TJSLiners, eva ,0 .

Pertanyaan : bagaimana tips agar bisa membaca al qur'an 1 hari 1 juz?

Jawab → Pengulangan, karena repetition is mother of skill.

 

#TJSLLiners,afi,429

apa hukum nya seorang perempuan yang berangkat haji sendiri?

Jawab → Tidak boleh safar wanita dalam keadaan tanpa ditemani oleh mahramnya.

 

#TJSLiners deni umi rahmawati odoj 881

apa hukum puasa sunnah d hari jumat ?

Jawab → Boleh.

 

#TJSLiners hamba Allah (g3330)

Assalamu'alaikum min.

Ada yg mau ditanyakan, misalnya ada ssorang yg melamar k sebuah perusahaan, dia titipkan lamaran itu k security disana, diperusahaan itu dlm penyeleksian calon karyawan tdk meminta/memungut alias menerima sogokan. Waktu org tsb diterima diperusahaan itu, security meminta bayaran krn org trsbt diterima bekerja. Nah saya mau tanya, apa itu termasuk menyogok atau gmn? Bgmn hukumnya?

Jawab → Itu kerelaan kita saja mau mengasih atau tidak dan karena posisi sudah diterima kerja, maka bukan masuk kategori sogok menyogok

 

#TJSLiners bella elnanta sbr, 1767

Assalamu'alaikum, saya mau brtnya, apa yang mesti kita lakukan ketika hafalan al quran kita hilang, dan bagaimna adab pergaulan seorang penghafal al-quran? Syukron

Jawab → Muhasabah diri. Mungkin kita banyak melakukan kemaksiatan, sehingga banyak menghilangkan hapalan. Adabnya sesuai dengan adab muslim terhadap orang lain.

Jika saya mengagumi seseorang kemudian saya berharap orang tersebut menjadi suami saya hukumnya bagaimana ya ukhti?

Jawab → Boleh saja memohon tetapi jangan berlebihan berharap. Apalagi tidak sekufu, maka jauhi angan angan tersebut.

Kemudian apa yg harusnya saya lakukan?

Jawab → Berdoa kepada  Allah Ta'ala. Jika dia adalah laki laki yang taat. Boleh saja orang tua kita meminta kepada orang tua anak laki laki tersebut.

 

#TJSLinersBayu111

menurut pandangan antum bagaimana hukum tahlilan dan semacamnya itu

Jawab → Coba baca sejarah agama Hindu, pasti ada tuh ritual harian yang terkontaminasi dengan budaya jawa dan akhirnya disisip sisipkan kedalam ajaran Islam.Jika tidak ada contohnya dari Nabi lebih baik tidak usah dikerjakan.

 

 #TJSLiners Putri,0

apakah tidak apa-apa jika kita mendoakan seseorang yang kita harapkan menjadi pansangan halal kita kelak?

Jawab → Tidak apa apa.

 

#TJSLiners

Bagaimana tuntunan utk menghafal Al-Quran yg baik dan benar?

Jawab → Harus ada gurunya. Biar mudah dikoreksi

 

#TJSLiners elvie, 0

bagaimana hukum bekerja di bank baik syariah maupun konvensional makasih

Jawab → Bank Konvensional jelas KEHARAMANNYA. Bank Syariah walaupun belum sempurna tetapi akad-akadnya sudah menuju ke arah syariat. Silahkan tinggal dikembangkan.

 

#TJSLiner Tya, 2822

Saya ingin bertanya mengenai tradisi jawa yg selalu melihat atau mencocokkan tanggal lahir seseorang yg akan menikah. Bila tidak cocok dg hitungan maka mereka tdk bisa menikah atau jk ttp menikah katanya pernikahannya akan bermasalah dan tidak langgeng. Lalu bagaimana dg laki2 dan perempuan yg mereka ingin menikah karena Allah tp karna dr salah satu pihak tdk setuju hanya karna tgl lahir yg tidak cocok itu bagaimana? Apa yg harus dilakukan? Dan haruskah kita percaya dg adat itu? Terimakasih

Jawab → Tidak boleh mempercayai tanggal2 tersebut dan ini jatuh kepada kesyirikan. Semua hari diciptakan baik oleh  Allah Ta'ala. Apakah dari etnis tersebut DIJAMIN tidak ada yang bercerai dalam kondisi yang nyata...? Justru banyak juga terjadi perceraian walaupun sudah mengikuti hari baik dan tanggal baik tsb.

 

#TJSLiner Anisya. 0.

Pertanyaan : jika seseorg memiliki ayah seorang penjudi, pemabuk berat, preman, suka gonta ganti wanita meski memiliki istri, atau seorg penjahat, tetapkah seorg anak harus patuh dn hormat jika ayahnya seperti itu?

Jawab → Iya. Dan berusaha untuk bisa merubah pelan pelan

 

#TJSLiners indri,0,

apakah kalau bulan ramadhan kita tidak perlu shalat tahajud karena sudah shalat tarawih?

Jawab → Boleh boleh saja. Tidak juga tidak apa apa.

 

#TJSLiners daya 0

Apa hukum memakai softlens?

Jawab → Selama ada kebutuhan dan tuntutan medis tidak mengapa

 

#TJSLiners Merry 0

apa manfaat puasa daud?

Jawab → Banyak sekali. Melatih kepekaan, meredam hawa nafsu, berdampak baik kepada kesehatan dlsbnya

 

#TJSLiners EKA NOVITA SARI, Grup ODOJ-580.

Pertanyaan: sebenarnya dalam islam, boleh tidak untuk bertepuk tangan?

Saya pernah baca, tepuk tangan tidak boleh karena menyerupai umat nasrani yg memuji2 tuhannya dengan bernyayi sambil bertepuk tangan.

Jika tidak boleh, kenapa para pembawa acara, pemateri dan penonton di acara2 islami (contoh: Islam itu indah) atau pengajian di TV lainnya sering sekali tepuk tangan? Terima kasih jika pertanyaan ini berkenan untuk dijawab.

Jawab → Jika tepuk tangan dalam rangka ibadah adalah MUTLAK HARAMNYA. Dan tepuk tangan dalam hiburan ada ulama yang berpendapat Haram dan ada ulama yang berpendapat Makruh. Tepuk tangan untuk membangkitakan semangat ini MUBAH

 

#TJSLiners Azizah Awaliah, 1821,

Salah satu teman saya bertanya seperti ini:

Saya buka rekening tabungan berencana di bank mandiri. Nah setiap bulan, uang bulanan akan otomatis kesedot 250ribu untuk ditabung. Syaratnya, tabungan baru bisa di ambil setelah 2 tahun kemudian. Saya ga ngeh dan bertanya pada ibu. Ternyata kata ibu bakal ada bunga bank yang masuk ke rekening saya. Nah saya bingung. Kalo saya ambil lagi uangnya, kena denda. Dari situ saya bingung dan takut kalo tabungan saya bercampur sama harta riba. Gimana ya solusi dari masalah ini?

Jawab → Tanpa disedot dan ketarikpun, jika ada saldo mengendap di Bank Konvensional pasti akan juga terbentuk bunga dan sama saja membantu pihak bank membentuk riba

 

#TJSLiners Nisa Hanifah, 0

assalamu'alaikum wr.wb, saya ingin bertanya bagaimana hukum membalas chat dari orang yang bukan mahram, dan bagaimana apabila pertanyaan tersebut mengarah pada pembicaraan yang kutang bermanfaat/sekedar basa basi dan bagaimana cara menyikapinya? Syukron

Jawab → Jawab seperlunya. Dan yang tidak perlu tinggalkan

 

#TJSLiners Elmi Damayanti, 0

assalamualaikum wr wb. Slm kenal min. saya punya masalah tapi ini tdk tau apakah aib atau bukan. Tapi sy gabisa sharing kpd orglain, malu takut campur aduk. Alhamdulillah ibu sy diberi pnjg umur. Tapi satu hal yg tdk dilakukan oleh beliau yaitu sholat dan puasa. Sy sbg anak hrs bgmn utk menasehati sdgkn ibu sy trmasuk org yg ngga open minded. Selalu marah ketika diberi masukan. Apakah ttp ada surga dibawah telapak kaki ibu??


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020