Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Jawaban TJSLiners edisi IX




#TJSLiners edisi IX Saya jawab salam untuk semua yang melakukan salam diawal. Wa'alaykumussalam warahmatullahi wabarakaatuh

01 #TJSLiners irlan 672 
kepikiran seseorang yg disukai terus menerus pdahal tidak ada hubungan sama sekali , apa pendapatnya ?
Jawab → Buat apakah...? Apakah bermanfaat...? Lebih baik energi yang dikeluarkan dilakukan untuk hal hal yang positif. Hati hati terhadap angan angan, karena itu hasutan setan.

02 #TJSLiners Abdulmuluk Attim. 
Assalamu'alaikum, salam ukhuwah. Saya mau tanya, bagaimana langkah yang tepat agar seorang pegawai tetap ingat Allah saat mengerjakan tugasnya? Syukron.
Jawab → Ingatlah bahwa bekerja mencari rezeki untuk diri dan keluarganya adalah juga dalam rangka beribadah kepada AllahTa'ala.

03 Apriyani : 
assalamu'alaykum, afwan ana mau tanya. bagaimana cara paling cepat menghafal al-qur'an? syukron(happy face)
Jawab → Repetition is a mother of skill. Pengulangan adalah induk dari segala keahlian.

04 #TJSLiners deni odoj 797, 
saya mau bertanya, bagaimana hukumnya mengoleksi action figure, contohnya seperti mengkoleksi robot gundam, bagaimana pandangan syariat islam tentang hal ini, syukron
Jawab → Action figure yang hanya dipajang sama saja memajang patung dan dimuliakan (karena dipajang) benda tersebut. Lain halnya pembelian boneka atau karakter kartun tersebut untuk mainan anak kecil, yang terkadang jatuh, diinjak di putar putar dan banyak hal lainnya yang memang tidak ada unsur kemulian disana, maka ini diperbolehkan

05. Salman Al Farisi : 
Bagaimana cara membedakan tahadduts bin ni'mah dengan riya'?.
Jawab → Al-Munawi rahimahullah berkata, ” “Selama menyebutkan nikmat Allahtersebut tidak mengakibatkan bahaya, seperti hasad (tidak mengapa menyebutkannya). Namun jika menimbulkan bahaya, maka menyembunyikan nikmat adalah lebih utama”.

06 #TJSLiner Adit group 423.
Assallamuallaikum. Min, insyaAllah saya 2 bulan lgi mau melaksanakan pernikahan, do'a dan amalan" apa yg akan mempermudan dan memperlancar hingga hari H nanti?
Jawab → Bertaubat dan berdoa saja dengan sungguh sungguh. Bertaubat akan menghilangkan semua dosa dan doa orang yang hilang dosanya lebih mudah dikabulkan oleh AllahTa'ala. 

07 #TSJLiners Yayat 628 
Mau tanya min, terkait munakahat. Gini kan ya, kalau udah talak 3 sudah tetmasuk talak ba'in (tidak bisa rujuk kembali). Pada kondisi ini bisa rujuk kembali dengan syarat ada pernikahan terlebih dahulu dengan orang lain. Yang mau ane tanyakan, yg harus menikah dulu itu si istrinya saja, suaminya saja, atau kedua-duanya?
Jawab → Istrinya saja. Dan sudah jimak dengan suami barunya dan tidak ada rencana mau cerai dengan suami barunya.

08 #TJSLiners Ismi 0 
Mau tanya, kenapa kentut membatalkan wudhu, bukannya kentut hanya mengeluarkan angin seperti batuk juga?
Jawab → Angin yang keluar dari tubuh manusia ada empat:
1. Yang keluar dari dubur (lubang belakang)
2. Yang keluar dari qubul (lubang depan)
3. Yang keluar dari mulut
4. Yang keluar dari hidung. Hanya angin yang keluar dari tempat kotoranlah yang membatalkan wudhu, karena memang melalui tempat kotoran dan berbau angin tersebut. Pertanyaan ini sering diajukan oleh misionaris kristen dalam menyudutkan umat islam.

09 #TJSLiners UriRismawati 3227
Min aku mau tanya, kalo lg haid itu boleh baca qur'an ga sih? Soalnya aku dapet infonya ada yg boleh ada yg engga
Jawab → Boleh.

10 #TJSLinersAnya515 
Apa hukumnya jika kita bekerja, namun ingin mengajukan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan?
Jawab → Boleh boleh saja

11 #Aghnia - Group 1745 
Apa saja kiat agar kita dpt sllu istiqomah dan bertambah kecintaan dg Allah swt?
Jawab → Selalu mengingat kematian dan kehidupan dunia hanya kehidupan transit yang penuh tipu daya.

12 #TJSLiners aris kurniawan grup 769 , 
min mau nanya saya pernah denger kata guru saya kalau misalnya kita berjamaah sedangkan bacaan imam tidak fasih katanya harus niatnya munfarid tapi ikutin gerakan imamnya, apakah yang disampaikan itu benar? Terus kalau benar apa kita tetep dapet pahala solat berjamaahnya ?
Jawab → Selama bacaannya masih benar, maka tetap saja mengikuti Imam.

13 #TJSLiners Riyanti G.695.
Assalamualaikum, mw nnya min,. Bolehkah wanita haid masuk dn duduk d dalam mesjid? Apakah ada hukumnya? Syukron min.
Jawab → Boleh... Asal dipastikan tidak ada yang menetes.

14 #TJSLiners Bonita 717 
Mau tanya seputar LGBT. Ada seorang gay yg di tanya mengenai azab Allah kepada kaum sodom di jama Nabi Luth a.s. Dia jawab yg intinya, dalam Al quran, Allah menguhukum mereka atas perilaku seksual mereka yg berupa pemerkosaan di depan umum. Bukan masalah orientasi seksual (menjadi homo atau heteroseksual). Lagipula dalam Al quran ga pernah disebut kata homomseksual. Dan dia bilang, orientasi seksual itu fitrah dan bisa dibuktikan secara ilmiah bahwa ada gen yg menentukan apa orientasi seksual org (hetero atau homoseksual). Dan sejak tahun 90an homoseksual sudah di coret dari daftar kelainan atau pemyakit jiwa dlm jurnal internasional yg saya lupa apa judulnya. Yg mana artinya itu normal LGBT itu normal. Jujur saya ga bisa berargumen atas fakta2 ilmiah yg dia paparkan. Jadi gimana ya atas fakta ilmiah yg dia sebutkan itu ? Kan jelas bertentangan dengan ajaran islam
Jawab → Menikah itu Ibadah. Dan banyak perintah AllahTa'ala untuk menikahi lawan jenisnya dan tidak ada perintah Allah Ta'ala untuk menikahi sesama jenis. Coba balik bertanya... Apakah dilarang sholat Ashar 7 rakaat....? Diterimakah pahala sholat asharnya...? Kan tidak ada larangan sholat Ashar 7 rakaat....? Pada dasarnya setiap bentuk Ibadah itu dilarang, sampai ada dalil yang memerintahkannya, terbalik dengan konsep makanan. Pada dasarnya setiap makanan itu diperbolehkan, sampai ada dalil yang mengharamkannya.

15 #TJSLiners Zain G0 
bagaimana hukumnya ketika ada adzan kita tidak menjawab/menyahutnya sesuai anjuran Rasul?
Jawab → Hukumnya disunnahkan.

16 #TJSLiners Mega Ratnasari grup ODOJ BBM 3117
Assalamualaikum wr wb admin.. Saya mega ratna, mau tanya mengenai keragaman di islam, khususnya paham aliran Syi'ah. Bisa tolong dijelaskan mengenai syiah? Karena sy tahu dr teman2 dan membaca di sumber kajian islam kalau syiah itu tidak mengakui sahabat Rasullullah SAW. kalau berkenan, mohon dijelaskan. Terimakasih admin.. Wassalamualaikum wr wb
Jawab → Benar... Syiah itu bukan Islam, dari syahadat, sholat, puasa, haji dllnya mereka tidak sama dengan Islam kita. Jadi kalau berbeda maka mereka bukan Islam.

17 #TJSLiners Rivaldi G732. 
Bagaimana menyikapi perbedaan pendapat dalam memahami islam & apa tindakan nyata yg harus kita lakukan? Syukron
Jawab → Belajarlah menuntut ilmu yang sestau dengan Al Quran dan Sunnah dan ditempat atau guru yang benar.

18 #TJLiners Sheilla 2134...
tanya apa hukumnya apabila sedang datang bulan membaca AL-QURAN.
Jawab → Boleh.

19 #TJSLiners SISKA ARTATI G 531 
Nafkah itu apa dan bgmn ya? Kewajiban siapa?
Jawab → Makna nafaqah secara istilah, para ulama mendefinisikan sebagai berikut. Dalam Majma’ Al Anhar (1/484), kitab fiqih Hanafi, disebutkan definisi nafaqah: "sesuatu yang keberlangsungan sesuatu ditegakkan di atasnya, semisal makanan, pakaian dan tempat tinggal” Kewajiban siapa...? Suami.

20 #TJSLiners Rudin 762 
apa bedanya Talaq 1, Talaq 2, & Talaq 3 menurut Syari'at Islam ?
Jawab → Tidak ada bedanya. Hanya urutan saja sehingga mengetahui batasan akhirnya.

21 #TJSLiners Gebs
Ka mau tanya, apa hukum dropship ya? Sebagain pebisnis online apakah kita boleh dropship? Terimakasih atas jawabannya
Jawab → Boleh. Selama tidak ada DP dan uang dibayar FULL sesuai harga barang dan ongkos kirim.

22 #TJSLiners Serina ODOJ2523 
boleh nggak sholat pake baju yg kena parfum beralkohol?
Jawab → Boleeehh

23 #TJSLiners Ariel ODALF #001
Bagaimana dengan adanya aliran Sufi dimana mereka jika mengadakan acara shalawatan / maulid ada unsur2 tarian hingga ketuanya juga mengatakan bahwa jika kita bershalawat maka ruh nabi akan datang ?.
Jawab → Ikuti saja amalan dan ibadah sesuai Al Quran dan Sunnah yaaa. Yang tidak ada perintah maka tinggalkan saja. Wong yang ada perintah aja belum semua kita kerjakan kok.

24 #TJSLiners Dila G-1356 
Apakah boleh kita sholat sehabis dari lahan/sawah dengan pakaian yang dipakai disawah/lahan tersebut?.
Jawab → Selama tidak terkena najis dipersilahkan. Jika khawatir maka gantilah baju tersebut.

25 #TSJLiners Ana,
bagaimana tatacara sholat di dalam kendaraan? Terimakasih..
Jawab → Sama saja urutannya seperti biasa cuma gerakannya terbatas saja.

26. Eka Septy 
Apakah dosa besar sprti musyrik yang dilakukan oleh orang tua berdampak jga pada kesempitan rejeki anak?.
Jawab → Tidak. Justru ladang dakwah bagi sang anak untuk mengingatkan orang tua. Temtunya dengan cara yang sopan dan lembut.

27 #TJSLiners Dian puji rahayu, grup 2681 , 
apa yg harus saya lakukan ketika saya berjuang sendiri untuk memperbaiki kehidupn saya, sementara pihak keluarga brsikap biayasa saja terhadp hijrahku ini,, ingin mengjk keluarga saya berhijrah tetapi mereka bersikap trhdp ajakanku 

Jawab → Tetap istiqomah dalam berhijrah. Perkuat diri Ukhti dulu, baru mengajak keluarga dengan segala perubahan yang terjadi setelah hijrahnya Ukhty.

28 #TJSLiners Fahmy G.005
Assalamualaikum ustadz,ana mau tanya pnjelasan ttg talak 1,2, dan 3..Sukron jazakallah

Jawab → Talak harus ada kata yang JELAS dan tidak BIAS. Seperti kata TALAK atau CERAI. Periode per talak adalah 3x masa haid, maka jika mau rujuk lakukanlah sebelum 3x masa haid. Jika sudah talak 3, maka WAJIB untuk bercerai sudah tidak ada kesempatan rujuk kembali.

29 #TJSLiners Tati G-1652 
Assalamualaikum,,,,, Mf Ka saya mau tanya masalah hukum LDR yg sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Namun dengan seiring berjalannya wkt ada perubahan pada si pria tersebut sehingga memutuskan untuk mengakhiri meski silaturrahmi antara 2 keluarga sudah dekat. Apakah janji si wanita yg pernah terucap tuk setia menanti akan di persalahkan karean si pria belom bisa Ikhlas. Sedangkan JODOH itu kan rahasia ALLAH. Dan bagaimana hukum islam tentang janji si wanita tersebut. Karena si pria itu slalu menuntutnya. Dan apabila sudah tidak ada komunikasi dengan pria tersebut apakah hukumnya memutuskan tali silaturahmi.
Jawab → Belum ada ikatan resmi antara Pria dan Wanita. Maka bebas bebas saja mennetukan sikap (dalam urusan pernikahan ya) diantara keduanya. 

30 #TJSlines nm:eliana grup 3274 
Mimi afwan mau tanya afwan haid rutin tgl 1 tp tgl 26 da klur darah cma 1hri az gmn dng sholat nya?sukron khasiron .
Jawab → Kalau bukan darah haid, maka bersihkan dan lihat apakah berwarna gelap dan terus bercucuran....? Jika tidak maka tetap wajib sholat.

31 #TJSliners Fatimah 
Assalamualaikum Saya mau bertanya . Bagaimana cara berwudhu yang benar .sesuai dengan rosulullah ajarkan.. 3 kali tangan kanan baru kiri 3 kali .atau selang satu kli ganti tangan sampai membasuh 3 kali .terimakasih . Wassalam
Jawab → Minta sama admin ya cara wudhu sesuai Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wasallam, ada videonya saya kasih admin. Hanya dengan 1/2 gelas air mineral saja sudah bisa berwudhu ( sudah di upload dihome ya )

32 #TJSLiners ummu balqis 
Assalaamu'alaikum Tadz...ane mau tanya...apa yg di maksud sholat wustho Qs.Al-baqoroh :238..?? syukron atas jawabannya.
Jawab →  Sholat Wustha yang tertera di Al Baqarah tersebut adalah Sholat Ashar.


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020