Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Jawaban TJSLiners edisi VIII




01 #TJSLiners suci G153.
assalamu'alaikum min, min boleh saya minta dijelasin tentang isis min? terima kasih min

Jawab → ISIS salah satu aliran sesat yang pernah dikatakan oleh Nabi Shalallahu 'Alaihi Wasallam termasuk golongan khawarij

02 #TJSLiners zahra G095 .
assalamu'alaikum min, gimana ciri-ciri syiah yang udah nyebar di indonesia?

Jawab → secara fisik tidak terlihat dengan jelas. Cuma secara aqidah jika kita sudah belajar ajaran yang sesuai sunnah, maka otomatis kita bisa membedakannya. 

03 #TJSLiners ari yuli 
Kak, mau tanya.. knp sih sekarang banyak terjadi kesalahpahaman tentang islam baik dari kaum muslim sendiri maupun dari non muslim, trus kenapa banyak sekali fitnah mengenai islam dan banyak bermunculan organisasi yang mengaku islam, tetapi mengajarkan aliran sesat?Lalu, bagaimana sikap kita sebagai muslim mengahadapi hal tersebut?
Terimakasih kak.

Jawab → Memang islam akan terpecah menjadi 73 golongan, semuanya akan masuk neraka dan cuma 1 yang selamat, yaitu yang berpegang teguh kepada Al Quran dan Hadist. Sikap kita sekarang adalah menjalanakan kewajiban dan menuntut ilmu agama sesuai kedua sumber tersebut. 

04 #TJSLiners Etik Farchati G41
Assalamu'alaikum.. Apa hukum duduk istirahat dalam sholat?
Satu lagi ya min.. siapa aja sih mahrom wanita? 
Terimakasih

Jawab → Hukum duduk...? Kalau tidak ada uzur berarti itu tidak termasuk rukun, mungkin bisa didetailkan kembali pertanyaannya. Mahrom wanita, ya ayah, ibu, saudara kandung, suami jika ada, anak dstnya. 

05 #TJSLiners Septa
mau tanya nih sedikit bingung, kan suara wanita termasuk aurat, ketika kita sholat jamaah di masjid, kita pasti bilang aamiin kan setelah imam baca al fatihah, sedangkan di masjid gak cuma jamaah perempuan saja.

Jawab → Wanita tidak perlu keras suaranya. 

06 #TJSLiners Yati G2410:
Haramkan seorang penjual menyebut-nyebut modal barang dagangan yang di jualnya? Soalnya pernah dengar ceramah bilangnya gitu! Adakah dalil yang mengharamkannya?

Jawab → Nah saya belum pernah membacanya. 

07# TJSLiners Santi Nurhamidah G1708
mengapa surat attaubah tidak memakai bismillah?

Jawab → Ada beberapa pendapat. Saya uraikan satu saja ya, Basmalah menggambarkan keamanan, dan kasih sayang Allah, sementara At Taubah mennyebutkan tentang permusuhan Allah dan Rasul-Nya Shalallahu 'Alaihi Wasallam kepada orang musyrikin dan orang munafik.

08 #TJSLiners, nama muhrojo G941.
Akhi aku mau bertannya apa mengundur waktu sholat wajib lima waktu termasuk dosa besar?

Jawab → Jika sampai keluar waktu sholatnya, maka termasuk dosa besar. 

09 #TJSLiners Diah G3103.
Apa benar saat haid tidak boleh gunting kuku, dan klo ada rambut yang rontok harus dikumpulin ?

Jawab → tidak benarrr

10 #TJSLiners Rahmita 2823
Assalamu'alaykum ustadzAna mau menanyakan pertanyaan mama, "saya membeli emas dari hasil tabungan anak2 yang dikumpulkan sedikit-sedikit, bagaimana dengan pembayaran zakatnya?
Trimakasih ustadz"

Jawab → jika sudah masuk kepada nisabnya sebesar 85 gram, maka wajib dikeluarkan 2,5%. 

11 #TJSLiners Dira G878  
memegang qur'an yang ada artinya pada saat halangan gmn y, blh g ? Trs al -qur'anz yg ada di smartphone wkt halangan boleh megang smartphonenya ?

Jawab → Boleh

12 #TJSLiners yulia  G459 F28 
Assalamu'alaikum ..
Shalat istikarah itu meminta petunjuk .. lalu dr mna kita tau bahwa Allah telah mmberikan jwban nya ?? Apa dr mmpi atau bagaimna ?? 
jazakumullah khairan katsiran

Jawab → Dari keyakinan kita dalam mengambil keputusan. 

13 #TJSLiners Humaidah G1950 
Orang menikah kan ada maharnya.Biasanya pakai seperangkat alat sholat dan al- quran. Seandanyainya mahar itu cuma jadi pajangan bagaimana??? 
karena sehari2 memakai alquran yg laen.Bukan yg jadi mahar.

Jawab → tidak mengapa. 

14 #TJSLiners_geadini 3330
Assalamu'alaikum
Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan :

- Seusai sholat maghrib dilanjutkan tilawah sampai adzan isya, setelah itu apakah kita harus memperbaharui wudhu lagi atau boleh melanjutkan utk sholat isya?

Jawab → Jika belum ada unsur yang membatalkannya, maka boleh langsung saja. 

- Bagaimana tata cara berwudhu sbgmn cara Rasulullah berwudhu? Krn ada tata cara berwudhu yg berbeda versi ada yg mengatakan masing2 3x ada yg tdk. Mohon pencerahannya.

Jawab → Nanti saya akan kasih videonya ke admin yaaa. 

- Apakah boleh membaca Al Qur'an yang ada terjemahannya tanpa berwudhu terlebih dahulu? Misalnya diperjalanan didalam bis atau kereta?

Jawab → Boleh. 


15 #TJSLiners Metha Yulianni.
Dalam hadits ada yg brbunyi yg intinya bnyak2lah doa dalam sjudmu, nah sedngkan dalam shalat tidak boleh ada bacaan atau kata2 selain bacaan shalat. itu bagaimana.. mohon penjelasannya..

Jawab → Biasanya disujud terakhir yaaa. 

16 #TJSLiner Anes G1325
Mohon dijelaskan tata cara puasa senin kamis. Apakah diperbolehkan hanya puasa di hari senin saja atau kamis saja?

Jawab → Boleh. 

17 #TJSLiners Rudin 762
Bagaimana Hukumnya, Jika Berjama'ah dengan Muslimah yang bukan Muhrim, cuma 2 Orang saja ?

Jawab → Tidak bolehhh. Lebih baik sendiri sendiri. 


18 #TJSLiners wafiq 3380
assalamualikum mau nanya,, bgaimna hukumx kita terlalu dekat bergaul dengan org non muslim. Karna pernah ada teman yg melarang agar jng trllu dekat brgaul dng non muslim. Mohon pnjelasanx .. Trimaksih

Jawab → Tidak masalah... Kan ada juga teman muslim lainnya yang kita akrab. Apalagi bertujuan kita sayang dan berusaha mendakwahkan agar teman non muslim kita mau memeluk islam. 

19 #TJSLiners RikiRikum 769.
Bagaimana hukumnya grup Whatsapp atau BBM yg melibatkan anggota ikhwan dan akhwat yg bukan mahram ? Apakah termasuk ikhtilat ? Mohon penjelasan nya yg gamblang terkait hal ini.
Jazakumullah khair

Jawab → Tidak. Selama dipergunakan untuk hal hal yang positif dan bukan yang ngobrol tidak karuan. 

20 #TJSLiners rahmaG1445.
Asslmkum ustd.. mau tanya sholat sunnah fajar itu sholat sunnah sblm wktu subuh apa sholat sunnah qobla subuh.. jzkllh

Jawab → Iya sebelum subuh. 

21 #TJSLiners yofa,
kak kita kan tau kalau d Indonesia tu agama gk cuma islam kristen aja, tp ada hindu budha dll, tp kalau d al-quran yg sering d sebut islam kristen, trus yg saya mau tnya bagaimana islam dan alquran menjelaskan ttg hindhu budha. Trimakasih , maaf kalau salah

Jawab → Terbagi dalam dua kelompok besar. Kafir identik dengan Yahudi dan Kristen, sementara Musyrik identik dengan Hindu dan Budha atau agama bumi lainnya. 

22 #TJSLiners Zain G0
assalamu'alaikum... melanjutkan pertanyaan ttg musik pekan kemarin, lalu mengapa masih banyak pengemban dakwah kita yg menggunakan musik utk menyampaikan dakwahnya? bukankah sudah dijelaskan bahwa musik itu haram? 

Jawab → Ya sebaiknya jangan dicontoh yang salah. Contohlah Rasulullah ? beserta para sahabatnya. Tanpa musik akhirnya jumlah populasi muslim seluru dunia bisa juga sampai Miliaran orang. 

23 #TJSLiners Riki AG, Odoj G941
Min, mau tanya, kalo shalat fardu trus pas rakaat ketiga atau keempat abis baca fatihah trus baca surah pendek (karena lupa), bagaimana menyikapinya yaa min??
jazakumullahu khairo..

Jawab → Sujud sahwi

24 #TJSLiners Fauki G369
Bismillah. Misal contoh kasusnya begini. Sya meminjam uang ke orang misal 1 jt. Dan saya menyerahkan barang untuk jaminan yg harganya lebih mahal. Sya sudah bayar sebagian misal 500 ribu. Tapi saya memutuskan untuk berhenti membayar sisa hutangnya lagi dan memberikan barang jaminan itu ke pemberi pinjaman. Dalam Islam apakah itu diperbolehkan?

Jawab → Boleh itu termasuk hukum gadai. 

25 #Sharingodojliners_sakinahODOJ953
apa hukumx kerja di leasing pembiayaan Electronic.

Jawab → Jika bukan syariah maka itu masuk ke pekerjaan riba. Segera jauhi. 

26 #TJSLiners Makarim & 0.
Sebelumnya assalamualaikum wr.wb. Kaa klo kita disibukkan dengn urusan dunia, sampe" meninggalkan urusan  Akhirat. Ap itu baik/buruk? Soalnya kita pengen urusan akhirat tp g bisa² karena sibuk urusan dunia Klo sholat sii on time tp urusan yg lainnya ga bs 

Jawab → Ingaaat... Dunia itu sementara. Didunia itu kita mempersiapkan bekal untun hidup kekal diakhirat. Maka tawazunlah (seimbang), antara urusan dunia dan akhirat. 

27 #TJSLiners Titin 2681
Mau nanya min, boleh nggak seorang muslim sholat d rumah yg non muslim karena mesjid jauh dr rumah yg non muslim itu?

Jawab → Boleh. Selama bukan dilokasi ritual ibadahnya. 

28 #TJSLiners Lia-1387
Assalamu alaikum.. mau nanya klo kita pernah "deket" (afwan, tp tdk sampe pacaran) sm laki laki tapi laki laki tsb tidak jadi menikah dg kita lalu kita tdk mau berhubungan lagi/nmr hp, fb,dll dihapus. Bahkan dia msh suka titip salam lwt temen kita,tp tdk saya balas apakah itu berarti memutus silaturahim?  Syukran atas jawabannya.. wassalamu alaikum

Jawab → Tidak. 

29. Assalamu 'alaikum wr.wb 

afwan min ... mau bertanya 
apa hukum penggadaian 

Jawab → Boleh jika sesuai tahapan dan ketentuan yang syar'i

30. #TJSLiners Tati.G-1652

Assalamualaikum,,,,,
Mf ustadz mau tanya 
Bolehkah jika waktu mencuci kamar mandi membaca sholawatan atau Bacaan Tasbih.

Jawab → Tidak dilafazkan dan mengeluarkan bunyi. Lebih baik berzikirnya setelah selesai aja yaa. 

31 #TJSLiners Nevi Ruliyana Santi

Assalamu'alaikum wr. wb.
Maaf sebelumnya, saya ingin bertanya terkait dengan hati seorang manusia.
Cinta merupakan sesuatu yang lumrah dirasakan oleh manusia. Dua insan yg sedang jatuh cinta, tidak perlu untuk saling menunggu bukan? Harusnya mereka meletakkan segala keputusan pada Allah SWT. Tetapi bagaimana jika ada seorang laki-laki dan perempuan yang saling jatuh cinta, saling mengungkapkan perasaannya, mereka tidak pacaran, tetapi si laki-laki berjanji untuk menjaga hati, menunggu, dan membahagiakan si wanita? Bolehkah itu?
Lantas, ketika si laki-laki selalu berusaha memenuhi janjinya, tetapi si wanita malah bingung memilih antara si laki-laki ini dan laki-laki lain yang berasal dari orang tuanya, bagaimana harusnya si laki-laki bersikap? Jika laki-laki ini melepaskan janjinya untuk menjaga hati, menunggu, dan membahagiakan si wanita ini salah?
Terima kasih sebelumnya,
Wassalamu'alaikum.

Jawab → Tidak ada yang sah janji janji tersebut. Jadi wanita bebas menikah dengan siapa saja yang dimauinya. 

32 #TJLiners serina odoj 2523
Kalau misalkan ada 1 keluarga yg mualaf, nanti anak permpuannya ketika menikah apa tetap sang ayah yg menjadi wali nya?

Jawab → Tidak... Walinya bisa dari Pemerintah dalam hal ini adalah KUA

33. #TJSLiners Septia Lesmana Keutamaan surah alkahf apa ajah ya ?
Jawab → “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

34. #TJSLiners Nadia Saniati.
Kenapa kalo solat wajib malem yang dikencengin suaranya hanya di rakaat 1 dan 2
?Jawab → Memang disunnahkan mengeraskan bacaan pada rakaat pertama dan kedua di sholat wajib dimalam hari. 

35. #TJSLiners Sifha arrasyidh
Saya mau tanya kak.. sebenernya bgaimna cra y yg benar ketika selesai haid??? Apa ketika kita mandi besar itu wudhu dulu apa lgsung mandi kak???

Jawab → Niat dulu yang pemting, baru mandi dan ikuti urutan pembersihannya. 

36 #TJSLiners Ita. Assalamualaikum min, sy mau tanya.
Bagaimana hukumnya membaca Al Quran dg tidak menutup aurat ?? (Tdk pke jilbab, atau mbacanya sambil menjaga anak tidur jd pakainya tdk syar'i) apakah boleh atau bgm ? Syukron :)

Jawab → Bolehh... Adabnya lebih baik tertutup, jika memang tidak bisa, tidak mengapa. 

 


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020