Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

MENJELAJAH DUNIA

Oleh Asiah Ahmad


MENJELAJAH DUNIA


"Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezekiNya. Dan hanya kepadaNyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS. Al Mulk;  15)

Jelajahlah dunia, kelak kau akan rasakan nikmatnya bersyukur. Hmmm, quotes untuk diri sendiri. Kadang ketika ditanya anak-anak les (di sebuah tempat bimbingan belajar), apa cita-citaku?

"Keliling dunia," jawabku dengan penuh semangat.

Yup, keinginan yang masih banyakpun menari di pikiranku. Mulai dari pergi haji, kuliah lagi, dan berkeliling dunia adalah hal yang menjadi impianku. Jangan berpikir  karena aku mempunyai uang banyak. Hehehe ... Insya Allah ada. Kalau Allah mengizinkan. Aamiin. Kita tidak akan tahu rezeki Allah, bukan?

Pernah aku diajak ke Pantai Batu Saung di daerah Banten Jawa Barat dari sekolah tempat aku mengajar (menggantikan guru yang cuti melahirkan). Sudah lama tidak pernah berwisata. Alhamdulilah, rezeki anak-anakku.

Perjalanan yang cukup melelahkan. Tapi ... sepanjang perjalanan aku melihat banyak keindahan. Sawah-sawah yang terhampar, meski tak begitu luas. Kerbau yang sedang menikmati rumput segar, dan semua yang bisa dilihat mata begitu menakjubkan. Alhamdulilah, sungguh sempurnanya Allah menciptakan manusia dengan mata, hidung, telinga, mulut yang semuanya tentulah banyak manfaat tak terhingga. Subhanallah, kenikmatan yang tiada duanya.

Setibanya di pantai, syukurku makin bertambah. Ketika kaki mulai menyentuh pasir, yang sudah lama tak kusentuh, kaki ini begitu dimanjakan dengan lembut. Beda dengan pasir yang biasa aku tapaki. Makin senang rasanya. Anak keduaku tak sabar untuk berada di pantai menemui ombak yang bergulung. Angin pantai menyapu mata dan membelai lembut di wajah. Amboi, tiada terkira untuk dikisahkan!

Benarlah kiranya Allah begitu sempurna. Seperti ciptaannya yang tiada pernah sia-sia. Allah juga menciptakan tempat untuk mencari rezeki. 

Pantai yang dimanfaatkan para nelayan mencari ikan, dataran tinggi untuk para petani sayur dan buah, ladang untuk perkebunan, waduk untuk peternakan, irigasi, dan masih banyak lagi. Selalu ada jalan untuk mendapatkan rezekiNya. Jadi, tak perlu khawatir akan rezeki yang Allah berikan. Tidak akan habis meski jutaan manusia memakai, mencari, dan memanfaatkan apapun sumber alam. Yang terpenting  keseimbangan alam tidak timpang sebelah dan tidak merusak alam. Insya Allah semua akan menjadi keberkahan dan bermanfaat. Wallahu'alam bis shawab.

______

Asiah
Odalf 097
Ibu Rumah Tangga
Fb Asiah Ahmad  


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020