Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Menunaikan Shalat Lima Waktu

Hadist by Administrator 09 Okt 2015



Shalat lima waktu hukumnya wajib bagi umat muslim, baik bagi laki-laki maupun perempuan yang telah balig dan berakal sehat, kecuali muslimah yang sedang menjalani haid dan nifas.

Rasulullah saw. bersabda :

“Ada tiga kelompok yang terbebas dari hukum. Yaitu, orang yang tidur sehingga bangun, anak-anak sehingga dewasa dan orang yang hilang ingatan sehingga sadar.”

(HR. Ahmad, Abu Dawud, Ibnu Majah, At-Tirmidzi, dan Al-Hakim)

Hadits ini tidak membenarkan shalatnya muslim yang hilang ingatan (gila).

 

Firman Allah SWT :

“Dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya, maka mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al-Mu’Minuun : 9-11)

Shalat merupakan amalan yang menjadi bekal utama kelak di hari akhir. Oleh sebab itu, mari kita menjaga shalat lima waktu.

 

Hadits yang lain menyebutkan :

“Sesungguhnya Rabb kalian berfirman, ‘Barang siapa mengerjakan shalat pada waktunya, menjaganya, dan tidak menyia-nyiakannya karena meremehkan dengan haknya, maka ia punya janji agar Aku memasukkannya ke surga” (HR. Thabrani)

 

Rasulullah saw, bersabda :”Shalat lima waktu telah ditetapkan oleh Allah bagi para hamba-Nya dalam satu hari satu malam. Barangsiapa memeliharanya, maka di sisi Allah ia akan mendapatkan janji untuk masuk surga. Dan barangsiapa yang tidak memeliharanya maka di sisi Allah ia tidak mendapatkan janji tersebut. Apabila Allah berkehendak, maka Dia akan mengadzabnya dan jika Dia berkehendak akan memberikan ampunan kepadanya.” (HR. Bukhari-Muslim)

 

 

“Dan dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar.” (Al-Ankabut : 45)

Rasulullah saw. Menambahkan, “Shalat adalah kuncinya surga” (HR. Daelami)

 

Rasulullah saw. Bersabda :”Waktu terdekat seorang hamba dengan Rabb-Nya adalah ketika dalam posisi sujud. Maka perbanyaklah doa di dalamnya.” (HR. Muslim)

 

 

Penulis : Tirai Wisely

Redaktur : Tirai Wisely


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020