Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Tanya Jawab Syariah Edisi 28 September 2016




jawaban TJS 28/Sep/2016

1. #TJSLiners Mutiara,0 bagaimana agar tidak malas menghafal al quran?

Jawab → Harus bisa MEMAKSAKAN DIRI YA, jadi bukan nunggu motivasi tapi harus melakukan MOTIFPAKSA.

2. #TSJLiners Andi OdojG921 Stad saya mau nanya mengapa pada saat penciptaan manusia. Dijelaskan manusia berasal dari segumpal darah.... Mohon penjelasannya

Jawab → Oh. Itu proses kelahiran manusia setelah Nabi Adam, maka proses reproduksi manusia didalam rahim wanita, akan terbentuk mulai dari gumpalan darah.

3. #TJSLiners Khairun Nisa, 0 Jika sedang membaca Qur'an lalu terdengar adzan apakah harus berhenti membaca Qur'an lalu menjawab adzan atau dilanjutkan saja membaca Qur'annya?

Jawab → Boleh berhenti dan boleh saja lanjut membaca.

4. #TJSLiners yoan, 3227, sy mau tanya, apa pengertian dari mushaf?? Apakah Qur'an dgn terjemahan itu termasuk mushaf jg?? Jika bukan, bagaimana dgn hukum antara wanita haid dgn itu?? Terima kasih

Jawab → Jika memang mushaf murni, maka memegangnya pada saat haid harus menggunakan perantara : sapu tangan atau lidi. Jika Al Quran yang ada di applikasi HP, misalnya, maka boleh saja memegang Hp tersebut tanpa perantara.

5. #TJSLiners NN, 0, Assalamuallaikum, saya mau nanya bagaimana supaya ibadah sholat bisa terus di laksanakan? Krna sholat sya masih byk bolong nya min, kadang rajin, kadang malesan. Terimakasih sebelum nya pak. Wasalam

Jawab → coba pikirkan, males ngga tiap hari kita dibakar pake api terus menerus...? Dan ingatlah bahwa kita juga akhirnya akan meninggal dunia.

6. #TJSLiners annydia,0 assalamualaikum ana mau nanya apa hukumnya kita ikut colorun yg diadaptasi dari festival holi di india

Jawab → Selama tidak ada ritual ibadah disana, dipersilahkan saja. Jika ada, tinggalkan.

7. #TJSLiners Fahmi 66 Apa benar jidat yang menghitam merupakan tanda kealiman seseorang?

Jawab → tidak juga

8. #TJSLiners NN,0 Wa'alaykumussalam wr wb.. mau tanya nih akh, bagaimana cara berdakwah untuk diri sendiri dan keluarga ? Syukron..

Jawab → Belajar dulu yaaa. Dan harus ada gurunya. Setelah itu silahkan berdakwah kepada diri sendiri dan keluarga.

9. #TJSLiners, 665 Assalamualaikum. Saya mau bertanya seputar batasan2 kita bergaul dengan nonis dan apakah kita bisa mendoakan orang yang non islam? Mohon penjelasannya. Syukron

Jawab → Boleh. Dan doakan juga agar diberikan hidayah.

10. #TJSLiners Astri, 0 apakah boleh mengeringkan air bekas wudhu & apakah boleh / apa hukumnya membacakan surah Al-Fatihah kepada org yg sudah meninggal ?

Jawab → Tetesan air bekas wudhu akan mengurangi dosa kita, lebih baik biarkan saja ya. Mengenai Al Fatihah, silahkan saja. Yang penting berdoa kepada Allah untuk sang mayit.

11. #TJSLiners Pandu ODOJ, saya dapet tawaran kerja di non perbankan, namun saya terikat janji dengan atasan akan dapt resign dari bank bilamana atasan saya dimutasi. Apa yg harus saya lakukan karna keluar dari bank adalah hal prinsip akidah

Jawab → Temui atasan, dan bilang, minta ijin meralat ucapan saya, bukan karena tidak amanah menjankan janji ke atasan, tapi sudah bersentuhan dengan hati nurani dan ketaatan terhadap agama, untuk menghindari pekerjaan2 yang dilarang.

12. #TJSLiners_Putrawan_0_ ajaran jamaah tabligh yg suka itikaf di masjid2 meninggalkan anak isteri hukumnya bgmna?

Jawab → Selama dinafkahi juga boleh boleh saja [ini hanya terkait pertanyaan diatas ya].

13. #TJSLiners Jamilun Nagam, 0, bagaimana misalkan kita berada disekolah terus kita kencing, dan setelah kencing kita sholat dhuha ketika rukuk tiba2 ada air kencing keluar sendiri, sholat dhuha nya dilanjut atau gimana? Dan ketika masuk waktu dzuhur lebih baik melaksanakan sholat atau gimana? Sedangkan tidak ada ganti celana atau sarung. Terimakasih

Jawab → Jika terasa, maka berhenti dan bersihkan najis yang ada dicelana dengan air, ulangi sholat dhuhanya ketika celananya sudah tidak berbau

14. #TJSLiners Rendi,1052 Assalamualaikum ana mau tanya apakah bacaan sholat yang tidak tepat (tajwid) membatalkan sholat dan juga ketika tilawah apakah dosa jika tajwid kita tidak sempurna , syukron wassalam

Jawab → Tidak. Sholatnya tetap sah

15. #amalia, ODOJ 055. bagaimana cara seorang remaja muslim menghadapi zaman seperti sekarang ini di mana kita tahu zaman sekarang lagi krisis akhlak terhadap remaja ???

Jawab → Bergaulah dengan orang orang baik dan soleh, agar terimbas akhlak yang baik dari mereka. Jauhi pergaulan dan komunikasi dengan teman teman yang akhlaknya buruk.

16. #TJSLiners Dila,0, 1. Bagaimana cara untk memudahkan hafalan?

Jawab → Pengulangan yang sering.

2. Bagaimana jika ada laki2 yg baik kpd kita, ketika kita meminta bantuan selalu dibantu terutama kajian2 keislaman sehingga memiliki wkt tersendiri untk mengkaji kitab bersama dan hanya dilakukan ber-dua saja. Apakah hal ini diperbolehkan? Terimakasih(smile face)

Jawab → Tidak boleh.

17. #TJSLiners husna Assalamualaikum, giman caranya untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur, dan tak iri terhadap nikmat orang lain?

Jawab → Selalu melihat kebawah dan jangan comparasi dengan sesuatu hal diatas kita.

18. #TJSliners ANR , 0 , bagaimana menghadapi lingkungan yang menuntut kita untuk pacaran?

Jawab → Haaah? Ada toh. Jaga prinsip aja. Jangan mau disetir sama orang lain, toh pada akhirnya di akhirat kita sendiri sendiri menghadapi pengadilan.

19. #TJSLiners nita ,0 pertanyaan..... puasa yang disyariatkan ketika bulan muharram

Jawab → 9,10,11 atau 9-10 atau 10 saja.

20. #TJSLiners Salma Eka F, 0, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabaraktuh saya ingin bertanya. Di Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 49 tentang Nabi Musa diselamatkan dari Fir'aun. Saya melihat dikotak kecil bawah, ada keterangan bahwa Fir'aun adalah gelar bagi raja2 Mesir. Dan menurut sejarah, Fir'aun pada masa Nabi Musa adalah Menephthan. Tetapi dari kecil saya selalu diceritakan bahwa raja Mesir zaman Nabi Musa bernama Fir'aun. Jadi sebenarnya bagaimana? Apakah memang yg dimaksud adalah Menepthan? Dan apakah Menepthan inilah yg memiliki istri bernama Aisiyah? Terima kasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jawab → Benar dan banyak nama nama asli firaun yang memerintah dari kalangan bani israil. Untuk nama detailnya bukan maksud menjelaskan history yang sempurna, tapi ambil manfaat dan pelajaran dari kisah yang sudah terdapat didalam Al Quran.

21. #TJSLiners -- Rahma -- 105 Bagaimana hukumnya pengantin muda yang LDR-an karena sang istri melanjutkan S2 (d luar negeri) sementara suami memilih bekerja. Apakah pantas dalam Islam?

Jawab → Yang lebih ideal adalah suami istri disatu lokasi dan satu tempat.

22. #TJSLiners Haris 659 assalamu'alaikum wr wb. saya mw tanya gimana hukumnya memakan makanan pemberian tetangga yg non muslim dalam rangka memperingati 40 hari ibunya. akan tetapi makan tersebut pesanan catering ? dan apakah boleh memakan makanan bekas sembahyang mereka ? terima kasih. wassalamu'alaikum wr wb

Jawab → Jika diberi ya terima saja. Selama tidak ada bahan bahan yang dilarang.

23. #TJSLiners Lesri 1789 Bagaimana caranya agar kita senantiasa istiqomah dalam waktu dan kondisi apapun ?

Jawab → Paling mudah, ingatlah kematian, maka ini akan melunakkan hati.

24. #TJSLiners Afiah 699 Assalamu'alaykum wr wb Saya mau bertanya mengenai menahan "buang angin" ketika sholat. Apakah seharusnya ketika sholat anginnya dikeluarkan saja atau ditahan?

Jawab → Jika bisa silahkan. Jika tidak bisa, batalkan sholatnya. Terkadang ada rasa ragu, tetapi kadang diri ini berusaha meyakinkan sendiri bahwa anginnya sudah ditahan dan tidak keluar. Bagaimana sebaiknya? Karena yg saya pernah ketahui, menahan hadats itu hukumnya makruh ketika sholat. Bagaimana dgn menahan buang angin atau yg kita sebut sbg kentut? Syukron. Jazakumullah khair

Jawab → Hilangkan keragu raguan dan tetapkan kepastian, apakah keluar atau tidak kentut tersebut.

25. #TJSLiners bunga, 202 Mau nanya seputar pernikahan. Bila kita dihadapkan dengan 2 pilihan, setelah istkhroh dan akhirnya memilih salah satu diantarany trnyata pilihan ini mengundurkan diri. Perlukah kita menerima pilihan lainnya karena berfikir sbg jawaban ptunjuk Allah atau tidak memilih siapapun dikarenakan salah satu kriteria utama dalam memilih pendamping hidup dilihat (1) Agamanya dan ke (2) adanya ketertarikan atau rasa suka trhadap calon tsb. Jazakillah

Jawab → Silahkan saja. Dan istikharah lagi juga boleh, walaupun hanya tinggal 1 kandidat saja.

26. #TJSLiners Lia 1387 Assalamu alaikum..ustdz,sy mau tanya apakah Tuyul itu benar2 ada? Dan apakah memang ada sakit yg disebabkan krn 'dibuat' o/ manusia atw bantuan jin? (Disantet/bukan karena medis).. jazakillah.. wassalamualaikum

Jawab → Tuyul itu merupakan bangsa jin. Jin itu juga ciptaan اللّهُ dan mempunyai kehidupan.

27. #TJSLiners desi, 812 Assalamualaikum , mau tanya ni apa hukumnya memasang foto orang yang sudah meninggal tidak menutup aurot di media sosial ?? Syukron

Jawab → Masih hidup aja ngga boleh, apalagi sudah meninggal. Di transfer terus dong dosanya.

28. #TJSLiners , Rifaldi alfiansyah, no grup 0 . asalamualaikum , saya mau nanya menurut islam bagaimana cara bersikap terhadap orang2 yang ada di sekitar . terus apakah di dalam islam di haruskan kita untuk mempunyai banyak teman , kalau memang iya , bagaimana kalau ada orang yang susah/sulit bergaul , atas jawabannya terimakasih

Jawab → Memang iyaa. Bergaulah dengan orang2 yang soleh dan baik. Lama lama sulit bergaul akan terkikis dengan sendirinya.

29. #TJSLiners NN, 0 hukum seorang akhwat memakai celana saat kerja bagaimana

Jawab → idealnya memang memakai gamis. Jika dipaksa seperti itu, jangan memakai celana yang ketat dan membentuk badan. Pakai yang selonggar longgarnya

30. #TJSLiners Esti 2433 Assalamualaikum. Sy mau tanya Apa hukumnya jika qt makan makanan cetering diacara2...

Jawab → Tidak masalah. Karna kan catering biasanya ada yg masak babi, Walaupun kita bukan makan babi, tp kita tdk tau cara pengolahannya gmn..entah alat3 dipisah/tidak. Terimakasih.

Jawab → Bismillah saja. 31. #TJSLiners Tati G-1652 Assalamualaikum Saya mau tanya ustadz tentang hadis di wajibkan untuk membayar hutang, & bagaimanakah hukum jika tidak membayarnya. Jika ada orangtua meninggal lalu anaknya meminjam uang untuk biaya pemakamannya, apakah almarhum akan menanggung hutangnya juga. Sedangkan yg memberi hutang mengikhlaskan.

Jawab → Orang yang meninggal Jihad saja. Ruh nya tertahan karena hutang. Maka hutang ini bisa menghambat untuk masuk surga. Kasus diatas anaknya lah yang berhutang.

32. #TJSLiners Khansa, 0 Min, klo kita ikut sholat berjamaah, lalu kita ketinggalan 3 rakaat. Setelah imam salam kita melanjutkan 3 rakaat yg tertinggal, lalu ada teman yg menepuk punggung dan berkata saya menjadi imam(berjamaah). Bagaimana hukumnya? Apakah saya boleh menjadi imam?

Jawab → boleh.

33. #TJSLiners Aisha Bella Pratiwi 0 Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saya mau bertanya,apakah pada zaman rasul dahulu ada sistem politik seperti saat ini ,apalagi sekarang banyak parpol islam gt (p*s,p*p,dsb) mohon jawabany yg dijlskan dalam qur'an dn hadist assunnah Syukron Wassalamua'kum warahmatullahi wabarakatuh

Jawab → Tidak ada sistem demokrasi di Islam dan yang ada adalah sistem kekhalifahan.

34.#TJSLiner amira wardahtul jannah, 0, bagaimana agar kita bisa mencintai Allah SWT dengan ikhlas dan melebihi rasa cinta kepada manusia

Jawab → Kagumi keagunganNya. KebesaranNya. KekuasaanNya dll

35. #TJSliners#Mia Herliana safitri#G590 Assalamualaikum wr.wb Bagaimana sih hukumnya kalo kita salaman sama guru yang bukan mahramnya boleh atau tidak? Jawab → Tidak boleh. Trus kita boleh ga suka sama musik,seperti musik pop ?? Wassalamu'alaikum wr.wb

Jawab → Tidak boleh.

36. #TJSLiners nurhayati,187 batasan waktu untuk melakukan solat malam??kalau solat malam menjelang subuh bagaimana??syukron

Jawab → Silahkan. Lebih baik ya 2/3 malam.

37. #TJSLiners, 0 Assalamualaikum saya sedang bingung dengan posisi menjadi orang ketiga atau ditengah2 orang yang berkonflik. Apalagi satu diantaranya tidak merasa sedang ada konflik yg terjadi antar keduanya. Nah disini syahwat lisan membayangi keseharian saya. Saat kapan dan kondisi seperti apa membicarakan orang diperkenankan dalam agama. Saya takut terjerumus dalam perbuatan ghibah. Meskipum hanya mendengarkan tapi saya sebenarnya tidak nyaman. Tapi ketika teman ingin curhat apakah kita menolaknya begitu saja. Mohon pencerahannya Jazakumullah khairan katsir

Jawab → Nasehati saja kedua belah pihak teman tersebut ya. Dan berusahlah agar kita menyatukan kedua belah pihak tersebut. Sehingga masalah clear dan tidak ada lagi ghibah2 tersebut.

38. #TJSLiners Yaya, 0 Assalamualaikum saya mau tanya, salah kah kita mengingatkan untuk sholat kpda lawan jenis (lakilaki) tmn dekat saya. Dan persoalannya saya berteman sudah lama hampir 9th, dan 1th tahun terakhir tmn saya itu bekerja luar kota berada jauh dgn saya semenjak kembali plg ke tmpat asal dia jadi tidak pernah sholat. Bagaimana saya menyikapinya? Terimakasih. Wasalamualaikum

Jawab → Menasehati itu 1x saja sudah gugur kewajiban kita. Jadi jangan terbebani dengan kewajiban mengingatkan dengan tanpa ikatan apa apa yaaa.

39. #TJSLiners afif, G713 *saya pernah membaca sebuah postingan yang isinya apabila kita mendengar adzan kita tidak boleh tiduran jika tiduran maka mayat kita akan berat, benarkah ?

Jawab → Ngga benar ah. 40. #TJSLiners Nunu,

1047, assalamu'alaikum seluruh keluarga besar ODOJ saya mau nanya nih gimana caranya bagi kita yg kaum hawa jika kita hendak mengambil wudhu di sebuah restaurant yang tempat wudhu nya itu bisa dibilang gabung dengan kaum adam sedangkan kita perempuan kita harusnya menutup aurat kita, terimakasih wassalam

Jawab → Cari tempat yang tertutup. Jika tidak ada silahkan di kamar mandi

41. #TJSLiners Anggi, 0. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh... Ketika berwudhu, misalnya membasuh tangan 3kali, tapi pada saat berwudhu kita lupa sudah berapa kali kita membasuh tangan. Bagaimana hukumnya pak ustadz?

Jawab → Dikerjakan saja sampai kita yakin 3x. Kalau boleh satu pertanyaan lagi, bagaimana zikir setelah sholat sunnah?جزاكمالله خيرا Jawab → Boleh bangeett

42. #TJSLiners Shodiq,0 Lebih baik yang mana bagi seorang muslim memelihara anjing atau pacaran beserta alasannya ...? Terima kasih

Jawab → Lebih baik tidak pacaran dan tidak memelihara anjing. Sekarang saya tanya balik, lebih milih mana ayah meninggal atau ibu yang meninggal? Jangan batasi jawaban dari pertanyaan yang semuanya bertentangan secara syariat.

43. #TJSLiners Riska Rahma, 1986 apa saja Konsep dasar ekonomi dan jenis2 transaksi dalam muamalah?

Jawab → Buanyaaakk sekali. Jual beli tunai, jual beli tidak tunai, gadai, kerjasama dllnya

44. #TJSLiners dina, 3247 bagaimana pembagian uang pertanggungan asuransi dalam islam pada ahli waris bila seseorang meninggal misal istri meninggal meninggalkan ibu,suami,2 anak laki laki 1 anak perempuan

Jawab → Sama seperti hukum waris

45. #TJSLiners putri,0 Assalamu'alaikum apa ada hadist shohih yg menganjurkan untuk berhujan hujanan atau mandi hujan saat hujan deras turun?

Jawab → Ada tapi bukan berhujan hujanan. Rasulullah SAW ketika turun hujang mengangkat pakaian di kerahnya agar air berkah hujan mengenai tubuh bagian belakangnya.

46. #TJSLiners endah, 0 bagaimana caranya agar dapat istiqomah dalam mendisplikan diri?

Jawab → Ingat saja kematian yaa. Akan melunakkan hati pastinya.

47. #TJSLiners anggi, 0 bagaimana hukumnya pinjam uang di bank konvensional ?

Jawab → HARAM

48. #TJSLiners Eka, ODOJ-580, pertanyaan: Assalamu'alaikum. Sy sedang bimbang dengan keadaan sy sekarang. Bulan depan insyaAllah ingin ikut kursus bhs inggris di Pare. Awalnya ortu sdh setuju. Tapi kemarin Bpk mengirimkan pesan yg isinya pengumuman pembukaan CPNS. Dr pembicaraan semalam dgn Bpk, Bpk menanyakan minat sy untuk mengikuti tes cpns. Tp sy sendiri tdk ada minat sm sekali untuk ikut tes. Setelah itu sy sy hnya diam dan tdk ada komunikasi lg dgn Bpk. Sy berpikir Bpk akan membatalkan pemesanan tiket sy untuk bulan depan dan tdk jd membiayai kursus sy di Pare krna mungkin beliau lebih menginginkan sy untuk ikut tes. Alasan sy tdk minat jd PNS krna tdk mudah lolos tes tanpa uang suap. Sy tdk ingin hal itu. Dan sy sdh smpat dpt ancaman dr seorang wakil walikota yg mengatakan sy jgn macam2 di kota ini. Sy berpikir mungkin beliau akan dgn mudah tdk meloloskan sy untuk mnjadi pegawai di kota ini. Bagaimana solusinya ustad? Barakallahu fiikum.

Jawab → Itu hanya ketakutan yang terlintas dipikiran. Istikharah saja dan usahakan dengan maksimal, hasilnya kita serahkan kepada Allah

49. #TJSLiners Nita Sari, 0, Assalamu'alaikum kak, izin bertanya, bolehkan seorang wanita yang sedang haid membaca al-qur'an elektrik yang ada di hp? Misalnya karena wanita itu punya hafalan atau karena takut hafalannya lupa. Bagaimana hukumnya boleh atau tidak?

Jawab → Boleh

50. #TJSLiners Khatami, 0 . Apakah apabila seorang istri telah berwudhu lalu kulitnya bersentuhan dngn sang suami membatalkan wudhu sang istri ?

Jawab → Yang shahih TIDAK BATAL.

51. #TSJLiners Alfi , 1373 Assalamu'alaikum , saya mau tanya, jika kita ingin melakukan sholat rawatib (qobla), apakah harus tepat setelah adzan berkumandang ? Misalnya saya sholat dzuhur jam 1 siang, apakah saya boleh sholat qobla dzuhur terlebih dahulu? Syukron atas jawabannya

Jawab → Boleh

52. #TJSLiners Ami G1296 Assalamu'alaikum ana mau bertanya ustadz, jika ada seseorang yang hendak melamar namun ana belum paham benar agamanya bolehkah ditolak? Tapi untuk ibadah sholat insyaAllah beliau sudah baik. Hanya pemahaman tajwid yang belum baik sepertinya setelah ana mendengarnya tilawah Adakah kriteria lamaran pria yang bisa ditolak? Untuk menilai agama pria bisa dilihat dari segi apakah?

Jawab → menolak adalah hak prerogatif akhwat. Jadi ya boleh boleh saja. Mau melihat agamanya baik atau tidak, lihat teman temannya, lihat keluarganya atau bertanya kepada kerabatnya.

53. #TJSLiners Astri Zuraida Jannati 0 assalamu'alaikum min , mau tanya , saat kita sedang tadarrus lalu kita menemukan ayat sajdah, apakah wajib hukumnya untuk sujud tilawah ? Lalu bagaimana tata cara sujud tilawah ? Terimakasih min , barakallah

Jawab → Iya benar. Caranya seperti sujud saat sholat.

54. #TJSLiners Hamdan, 0 Bagaimana cara shalat taubat?

Jawab → Bertaubat saja dengan sungguh sungguh kemudian mengerjakan sholat sunnah 2 rakaat saja.

55. #TJSLiners Hanum 0 Assalamu'alaykum bagaimana posisi duduk ketika makmum masbuq? Apakah berbeda dengan jumlah rakaat yang tertinggal? Syukron

Jawab → Mengikuti Imam

56. #TJSLiners Vivi, 1068 assalamu'alaikum, ana mau menanyakan mengenai hukum menggunakan kartu kredit apabila pembayaran selalu on time (sehingga tdk ada denda yg ditanggung) dan membeli barang dengan cicilan 0%.

Jawab → Hindari saja. Ada kok sekarang Hasanah Card dari BNI Syariah

57. #TJSLiners Mega ODOJSTAR 53 Assalamu'alaikum warahmatullah.. Saya mau tanya, hukum sholat rawatib itu apa...?? Lalu, masih bolehkah dilakukan apabila kita tidak sholat di awal waktu ?? Terimakasih Wassalamu'alaikum warahmatullah..(middle eastern woman)

Jawab → Hukumnya sunnah muakaad. Silahkan kerjakan juga jika tidak tepat waktu

58. #TJSLiners Cahya Group 654 Bagaimana cara menyikapi orang yang belum mau berhijab padahal dia mengerti kalau brjilbab adalah wajib dan tahu kalau dlm Al-Qur'an jg menegaskan bahwa wanita wajib menutup aurat.Mohon penjelasannya..Terimakasih..

Jawab → Jangan dimusuhi, tetap saja berteman dan bertingkah laku baik kepada dia. Rebut hatinya dahulu, kemudian baru nasehati kembali.

59. #TJSLiners Kris, 0 Apa penyebab amal tertolak

Jawab → Banyak hal. Ketidak sesuaian dalam beribadah, aqidah yang menyimpang dllnya

60. #TJSLiners Ahmad, 20 Assalamualaikum, saya mau tanya Bagaimana hukumnya meninggalkan sholat dikarenakan macet? Apakah meninggalkan sholat dapat menghapus pahala selama hidup?

Jawab → Tentu BERDOSA BESAR, sholat saja diatas kendaraan yaa.

61. #TJSLiners Ainia, 0 Assalamualaikum, saya ingin menanyakan, bagaimana sih sebaiknya cara belajar / menuntut ilmu yg baik dalam islam itu, bagaimana cara mengatur waktu yg baik, terkadang kami sebagai anak kuliahan kewalahan dengan banyaknya tugas hingga kegiatan sehari harinya pun berantakan, kesehatan diri pun juga kadang terlupakan, bagaimana cara supaya mudah memahami dan mengingat selalu ilmu tersebut, syukron Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Jawab → Buat Time Schedule yang memang wajib kita lakukan. Terkadang para mahasiswa tidak membagi waktunya dengan baik dan tidak tercatat dan tidak tertulis. Jadi buatlah list pembagian waktu dalam seminggu dimana sudah ada slot untuk menuntut ilmu agama dengan guru yang mumpuni.

62. #TJSLiners ayu,0 Assalamualaikum wr.wb Saya mau nanya kalau misalkan kita shalat berjamaah seperti saat waktu dzuhur terus imam kan tidak bersuara saat membaca surat pendek, nah kita sebagai makmum baca apa? Takutnya suratnya ngga sama kaya yg dibaca imam, terus kalau baca fatihah duluan kita bagaimana? Sekian terima kasih wassalamualaikum wr.wb

Jawab → Tidak ada kewajiban harus sama surat antara imam dan makmum

63. #TJSLiners Fira Pujia Nuraini - 0 1) Bagaimana hukum mengikuti koperasi? Saya pernah baca terlarang ikut koperasi yg berjenis simpan pinjam karena terkandung riba di dalamnya. Apakah hukumnya sama dengan jenis koperasi lainnya?

Jawab → Betulll. Ada riba disana. 2) Bolehkah mengambil beasiswa yg bersumber dari: -bank -perusahaan rokok Syukran..

Jawab → Hindari saja yaaa

64. #TJSliners FAJAR (9:00) bagaimana caranya untuk meluruskan dan menjaga niat ibadah.


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020