Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Tanya Jawab Syariah Edisi V




Tanya Jawab Syariah Edisi V ( 16 Desember 2015 ) bersama Ustadz Dodi Kristono

01. #TJSLiners Yuli 

Apakah boleh menyukai lawan jenis yang sudah beristri dan mendo'akan agar berjodoh dengan kita?

Jawaban : Boleh boleh saja selama siap menerima untuk berpoligami dan tidak menyarankan menceraikan istri pertamanya. 

02. #TJSLiners Adli Bakantworaf

Assalamualaikum wr, wb Apakah di jaman nabi Muhammad SAW, syiah sudah ada? 

Jawaban : Wasalamualaikum wr, wb. Belum ada

03. #TJSLiners Etik Farchati G41 

Bagaimana kiat tetap istiqomah dijalan Allah?

Jawaban : Lakukan Ibadah wajib semuanya dan memperbanyak ingat kematian. 

04. #TJSLiners Yuliana G2742

Apakah dalam ajaran islam diperbolehkan merayakan maulid Nabi? Apa ada  hadist shohihnya?

Jawaban : Memang terjadi perbedaan pendapat dalam hal ini. Ada yang membolehkan dan ada yang melarang. Yang paling kuat adalah tidak merayakannya. Pelarangan juga mempunyai dalil yang kuat, bahwa dulu Rasulullah SAW, tabiun, tabiut tabiin tidak pernah merayakan hal demikian. Sedangkan mereka mereka adalah orang orang yang sudah dijanjikan surga oleh Allah Ta'ala. Tidak merayakan bukan berarti tidak mencintai Nabi Muhammad SAW loh, bedakan pengertian tersebut ya. 

05. #TJSLiners Deni Umi Rahmawati G881

Apa hukum mengkafirkan orang ? 

Jawaban : HARAM jika memang orang tersebut tidak masuk wilayah kekafiran. 

06. #TJSLiners Alhadam

Bagaimana amal yang dilakukan oleh orang nonmuslim di mata Allah? karna sebagian orang nonmuslim pasti ada yang melakukan kebaikan dan begitu juga kita sebaliknya muslim tidak semua melakukan kebaikan. 

Jawaban : Tidak tercatat sama sekali. Karena hal pertama yang dihisab adalah tentang Tauhid (Aqidah). 

07. #TJSLiners Ruki Hermawan G591

Apa boleh kita baca Quran tidak dalam keadaan berwudhu? contohnya diperjalanan nunggu temen dateng. kita alokasikan waktu untuk baca Quran sedangkan kita belum berwudhu. 

Jawaban : Boleh,  membaca Al Quran adalah sebaik baiknya berzikir. Maka diperbolehkan saja tanpa berwudhu. Jika bisa berwudhu, berwudhulah.  Jika tidak bisa tak mengapa. 

Terus apa ada syarat sah baca Quran min? kalo ada tolong jelaskan. trims.

Jawaban  Sesuai Tajwid jika mampu. Jika belum mampu, maka semampumu saja. Allah Ta'ala menyukai orang yang bersusah payah dalam membaca Al Quran. 

08.  #TJSLiners Mira Misissaifi G3320

Apa surah dan ayat yang biasa dilafalkan jika terkena sihir ?

Jawaban: Intinya semua surat bisa untuk menangkal sihir. Jika mau detail maka tanyakan langsung ke praktisi Ruqyah yang syar'i. Untuk pencegahan bisa membaca 3Qul sebelum tidur dan tiupkan ke telapak tangan dan basuh semua tubuh dengan telapak tangan kita. 

09. #TJSLiners Juwita G3393

Assalamualaikum, Bagaimana supaya didekatkan jodohnya pak Ustadz?

Jawaban: Berdoa dan Beramal yang baik serta mempantaskan diri sebelum jodoh akan datang. 

10. #TJSLiners Nurul G1666 

Ketika wanita berhalangan, diperbolehkankah dia membaca ayat Al-qur'an seperti ketika sedang tidak berhalangan. Misal tidak diizinkan, bagaimana caranya ketika ada seorang wanita sedang  menghafal al-qur'an? 

Jawaban: Diperbolehkan. Karena membaca Al Quran termasuk berzikir kepada Allah Ta'ala. 

11. #TJSLiners Alfi RH G2493

Afwan mungkin sedikit tabu.Kentut yang keluar lewat qubul itu apakah juga membatalkan wudhu seperti kentut melalui dubur? Sedangkan itu tidak disengaja dan tidak bisa pula ditahan.Jazaakumullaahu khoiron katsiiron.

Jawaban: Hanafiyah berpendapat bahwa hal ini tidak membatalkan wudlu. Sedangkan selain Hanafiyah menyatakan tetap batal sesuai dengan keumuman hadits : "Tidak ada wudlu kecuali karena bunyi atau angin". (Hadits riwayat Thirmidzi dan Ibnu Majah dan dihasankan oleh Nawawi, lihat Irwaul Golil no 107).Jadi lebih baik adalah berwudhu kembali yaa. 

12. #TJSLiners Rahma G3388

Kalau lagi haid emang bener yah ga boleh potong kuku sama keramas?

Jawaban: Boleh. Itu mitos yaaa

13. #TJSLiners Yanti G1529

AssaLamualaikum ustadzah, bagaimana hukumnya kita mengkonsumsi obat/minuman yang efeknya membuat kulit kita putih sedangkan awalnya kita berkulit hitam? apakah itu termasuk mengubah ciptaan Allah?

Jawaban: Tujuannya dulu diluruskan. Untuk apakah mengkonsumsi obat2an demikian. Jika ingin tabaruj menunjukkan kecantikan maka tidak diperbolehkan. Jika ada pengobatan medis yang membahayakan dan gunanya untuk penyembuhan maka diperbolehkan 

14. #TJSLiners Ali

Assalamualaikum. Ustad, hadis mengenai adzan ditelinga bayi baru lahir derajatnya apa ya? Kalau shahih, dalilnya seperti apa ya? Terus kalau derajat suatu hadis dhaif, baiknya bagaimana sikap kita? Karena kalau alasannya cuma baik untuk didengar bayi, bukannya bisa dilakukan saat bayi masih dalam kandungan? Dan kalau dibilang supaya anak gak bandel, Rasulullah juga lahir tidak ada yang mengadzankan termasuk sahabat, dan mereka justru manusia terbaik.Terima kasih sebelumnya.Wassalam.

Jawaban:  memang tidak ada dalil yang shahih terhadap adzan dan iqamat bagi bayi yang baru lahir kedunia. 

15. #TJSLiners Humaidah G1950 

Selain sholat tahajud sholat apa saja yg di lakukan di malam hari?

Jawaban: semua sholat malam yang dikerjakan setelah Isya bisa masuk kategori Sholat Qiyamul Lail. Berapapun jumlahnya.

16. #TJSLiners Najib G965

Assalamu'alaikum pengen tanya nih masalah hati. Kalau kita suka gitu sama orang dan udah deketlah. Apa sih yang mustinya saya lakukan ? Apa menjauhinya yang setiap hari kontakan ? Sedangkan ane masih kuliah. Syukron ya Akhi                  

Jawaban: Tugas seorang mahasiswa apa? Ya belajar dan menuntut ilmu, jangan beralih fokus terhadap hal yang lainnya. Jika memang sudah niat menikah, maka segeralah menikah walaupun belum lulus kuliah. 

17. #TJSLiners Geadini G3330

Assalamu'alaikum min, bagaimana hukumnya bagi pekerja yang atasannya adalah bukan seorang muslim? Saya pernah membaca disalah satu firman Allah yg kurang lebh berisi tentang himbauan kepada kita unutk tidak mengambil pemimpin yang kafir? Karena bisa jadi atasan tersebut juga memberikan kebijakan bagi para karyawan yang mugkin tidak sesuai atau berlaku tidak adil. Terimakasih

Jawaban: Atasan dikantor bukan sebagai pemimpin didalam kehidupan sehari-hari dan bernegara. Jadi tidak mengapa mempunyai atasan non muslim selama atasan tersebut tidak melarang kita untuk beribadah kepada Allah Ta'ala. 

18. #TJSLiners G2690

Bagaimana hukumnya berbisnis dengan sistem MLM?

Jawaban: Kebanyakan sih diharamkan. Karena ada pemaksaan menjadi member, harga lebih mahal, serta pemaksaan tutup point. Saya bilangnya kebanyakan loh yaa

19. #TJSLiners Rafi Agung G236

Apakah hukum islam mengenai mimpi basah di saat sedang berpuasa? Apakah batal puasanya? Atau masih bisa di lanjut

Jawaban: Tidak, Lanjutkan saja puasanya. 

20. #TJSLiners Muhammad Yusuf  

Assalamu'alaikum wr wb. Apakah hukumnya perempuan bersuami yang melakukan zina dengan pria lain? dan bagaimana cara melakukan taubat?                                                                                                                                                    

Jawaban: kalau sesuai syariat adalah dilempar batu sampai meninggal baru menebus dosa dan kesalahannya. Jika dinegara tersebut menggunakan hukum islam. Untuk bertaubatnya maka taubatlah dengan sungguh-sungguh, jauhi untuk tidak terulang kembali, perbanyak lakukan amalan amalan. 

21. #TJSLiners Rachman Haryansyah G820 

Apakah tunangan di islam diperbolehkan? dan bagaimana hukum tunangan itu sendiri? mohon penjelasannya.        

Jawaban: Tidak diajarkan yang demikian seperti tunangan dan tukar cincin segala. Jika sudah siap menikah, maka lamarlah dan kemudian tentukan hari pelaksanaannya. Bukan tunangan yang seolah olah "mengikat".

22. #TJSLiners Nurwahyuni G3402

Saya mau tanya nih kaitannya dengan talak & cerai. Saya punya teman suaminya beberapa kali mengatakan "ya sudah kita akhiri saja, lebih baik kan?". Apa itu artinya sudah jatuh talak atau bagaimana karena setahu saya cara talak ada 2 macam, secara jelas & secara tersirat. terus ada hadits yang mengatakan 3 hal walaupun itu hanya main-main tapi tetap terjadi yaitu: talak, nikah,...satunya saya lupa. mohon bantuannya supaya tidak salah dalam memberi masukan pada teman. sukron..

Jawaban : untuk masalah cerai harus tegas kalimatnya dan bukan pengandaian. Contoh kalimat mutlak → saya cerai atau saya talak kamu. Contoh kalimat kiasan → Lebih baik kita pisah saja deh atau saya antar ke rumah orang tuamu.Maka ini harus melihat "niat" dari sang suami tersebut. Jika niatnya cerai maka jatuh talak. Jika niatnya hanya menggertak tidak tercatat talak. Wallahu'alam bhi shawab.

 


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020