Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Tanya Jawb Syariah Edisi VII




Tanya Jawab Syariah Edisi VII ( 6 Januari 2015) Bersama Ustadz Dodi Kristono

1.   #TJSLiners Afrizal Razqi. Assalamualaikum. Saya ingin bertanya, bagaimana hukum menghafalkan Al-Qur-an tanpa menguasai Tajwid?

Jawab → Jika yang dihapal sesuai tajwid ya tidak masalah. Dan sekaligus belajar tajwid juga. Bersusah payah dalam membaca Al Quran ?????? akan menggantinya dengan pahala yang luar biasaa. Percayalah. 

2.    #TJSLiners Hikmah Odoj2014, apakah betul membacakan surah Al-fatihah yg diperuntukkan untuk orang yg sudah meninggal disebut bid'ah?

Jawab → Kita kilas balik dahulu yaaa. Bahwa Al Quran diturunkan untuk manusia yang masih hidup agar selamat dunia dan akhirat. Bagaimana mengirimkan pahala untuk orang yang meninggal...? Jika semua amalan (termasuk bacaan Quran), dilakukan oleh anaknya, maka semua amalan yang berpahala akan sampai kepada sang mayit. Tentunya dengan kriteria anak yang soleh atau solehah. Ada pahala yang mengalir secara terus menerus kepada sang mayit antara lain: 
1. Ilmu yang bermanfaat
2. Amal jariah
3. Anak yang soleh / solehah 

3.    #TJSLiner kimmy 3094 hukum pemimpin perempuan dalam islam

Jawab → Dalam satu komunitas besar yang beragam, maka pilihlah pemimpin yang laki laki. Karena keterbatasan wanita menjadi pemimpin itu sangat banyak. Kecuali didalam komunitas yang semuanya perempuan. 

4.    #TJSLiners Syarifah Hural Eni ODOJ 10. ada sholat sunnah witir dilaksanakan sebelum tidur,  brp jumlah rakaatnya??, dan bagaimana jika trbangun di 1/3 malam , jumlah witirnya berapa rakaat yang harus dikerjakan ?? 

Jawab → Jumlahnya bebas saja 2 boleh, 4 boleh dstnya. Witir minimal 1 rakaat dan hanya dikerjakan sekali dalam semalam. 

5.    #TJSLiners Rudin 762 perceraian yang bagaimana, yang diHaramkan oleh Islam?

Jawab → Semua perceraian yang tidak karena syariat. Yang kareba syariat diperbolehkan, misal suami menyuruh istri berkali kali berbuat kemaksiatan kepada ?????? Ta'ala. 

6.    #TJSLiners Any G1478 Halal/Haram? Bgini, sy beli tinta boardmarker utk kantor 1 pak harga 49.000. Penjual bikin nota 49.000. Uang sy 100.000. Dikembalikan 61.000. Kukembalikan 10.000 sambil bilang "kebanyakan om kembaliannya". Dia bilang, "udaah, buat mba aja". Pertanyaannya, duit 10.000 tadi klo sy kantongin statusnya halal apa haram ya? Trimakasih.

Jawab → Selama kita digaji oleh perusahaan, maka semua uang diluar gaji adalah bukan milik kita. Walaupun itu datangnya dari supplier. Karena itu merupakan keuntungan perusahaan juga. 

7.    #TJSLiners yhaya 1862  Bila kita tilawah trs dalam surah ada tanda sujud tilawah, apakah kita wajib melakukan sujud tilawah? Dan bila kita lagi di perjalanan dan tdk berwudhu bagaimana sujud tilawahnya?

Jawab → Iya. Wajib sujud. Jika dalam perjalanan langsung melakukan gerakan gerakan yang hampir sama dengan sujud misal dengan membungkukkan badan semampunya. 

8.    #TSJLiners Mala Kurnia Sari Odoj 10 Assalamualaikum wr.wb. saya mau menanyakan perihal maulid nabi. Apakah pada hari peringatan itu dibolehkan merayakan sprti kebanyakan tradisi di indonesia? Apa yg dilakukan oleh sahabat2 zaman dahulu dan apa yg harusnya kita lakukan utk mmpringati hari itu? Wassalamualaikum wr.

Jawab → Boleh tidak bolehnya cukup panjang pembahasannya. Jadi lebih baik kita mencontoh apa yang dikerjakan oleh Rasulullah ? , sahabat serta para tabiun tabiin dalam menjalankan ibadah. Mereka semua yang saya sebutkan diatas memang tidak merayakannya. Justru mengingat dan bersholawat kepada Nabi ? lakukan saja setiap saat bukan ditetapkan hanya 1 hari khusus saja. Enak bukaaan...?

9.    #TJSLiners dini 1613 Assalamualaikum mimin saya mau tanya  ketika kita ada luka dan luka itu masih berdarah (lukanya berdarah terus) dengan antisipasi diperban , kan diperban itu ada darahnya dan darah itu najis, bagaimana dengan sholatnya ?? bagaimana hukumnya dan apa dasar hukumnya? Makasih

Jawab → Kewajiban kita dalam hal ini (ketika shalat), membalut atau menyumbat luka dengan sesuatu yang bisa menahan darah semisal sepotong kain (kasa) atau semacamnya yang bisa menahan dan menghentikan darah. Kemudian usap (air ketika berwudhu) di atas pembalut aatau perban tersebut. Jika tidak memungkinkan, maka bertayammum sebagai pengganti wudhu. Diusap sepanjang perban yang menutupi. 

Kisah ketika Umar bin Khattab ditusuk oleh Abu Lu’luah, beliau berkata,

????? ????? ??? ???????????? ?????? ?????? ??????????

“Tidak ada bagian dalam Islam bagi orang yang meninggalkan shalat.” Lalu ‘Umar shalat dalam keadaan darah yang masih mengalir.”


10.    #TJSLiners Dinda G1670  Mewakili pertanyaan dari group Ana : 
Apa makna dari : 
"Melangitkan manusia & membumikan Al-QUR'AN " 
Mohon jawabannya .  banyak yang ingin tau makna dari kalimat diatas .. 

Terimakasih sebelumnya .. ????

Jawab → saya tidak tahu apa arti khusus yang terkandung didalam kalimat tersebut. Biasanya taqline ini sering dipakai oleh komunitas ODOJ, jadi lebih baik tanya ke pengurus yaa. Secara harfiah mungkin Al Quran harus dibumikan (dipelajari oleh seluruh umat manusia), agar kelak nanti Manusia selamat pada saat hari kebangkitan nanti dilangit nun tinggi jauh disana. ????? ???? ??????? 

11.    #TJSLiners Fatah 563
Tanya ustad
1.Apakah ada ampunan bagi orang yang dahulu pernah melakukan zina dan berkhalwat.
2. Bagaimana cara nya kita supaya terhindar itu lagi apabila telah bertaubat. Mohon kiat2nya...
3. Saya pernah mendengar apabila seseorang meninggal dalam keadaan mencintai seseorang yang ingin dihalalkannya tapi dia tidak mengajak kepada khalwat maka ia akan masuk surga? Apakah itu benar ustad, mohon jawabannya ^^ 

Jawab → 
1. Ada. Hanya dosa syirik yang tidak diampuni oleh ?????? Ta'ala. 
2. Perbanyak kegiatan positif dan jangan ada waktu luang untuk kita berkhayal dan mengingat ingat kembali. 
3. Urusan surga menjadi hak prioritas ?????? Ta'ala. Bisa saja terjadi jikalau ?????? berkehendak. 

12.    #TJSLiners geadini_g3330Assalamu'alaikum..
-    Bagaimana hukum riba?
-    Jika seseorang melakukan peminjaman k bank/lainnya kemudian dikenakan bunga, bagaimana hukum bagi si "peminjam"? Jika ia dalam keadaan terdesak apa yang harus dilakukan jika tdk ada org yg mau meminjamkan uang tanpa bunga? Jazakillah.

Jawab → Dosa besaaarrrr. Si peminjam tetap berdosa besar. Banyak sekarang orang muslim yang kaya dan sudah berpegang teguh kepada sunnah. Coba jual aset yang lainnya dahulu jangan langsung ambil jalan singkat dengan berhutang. 

13.    #TJSLiners shani 565 
Mau tanya nih..kalo lg haid 4 hari trs bersih 3 hari trs ada lg 1 hari...yg 3 hari kan dah tilawah..apa kita dah tilawahnya atw d ulang ketika benar2 suci...

Jawab → Tilawah dalam keadaan haid atau tidak haid tidak masalah. Yang jadi perbedaan pendapat ulamanya adalah memegang lamgsung atau dengan perantara. 

14.    #TJSLiners Raina-G3248
Assalaamu'alaikum...
Adakah dalil atau hadist tentang hukum mandi besar sesaat setelah melahirkan? Karena yg saya tahu hanya mandi besar setelah nifas.
Syukron...

Jawab → Iya mandi setelah nifas yaa.

15.    #TJSLiners Fatmala Utaminingsih
Grup 268
Pertanyaan : aurat adalah hal yang wajib ditutup. Bagaimana hukuman, apakah Allah mengampuni hambanya yang saat ini sudah berhijab, namun masih ada foto yang tak berjilbab terpampang disosmed, disebabkan lupa password. Saya sudah berusaha untuk memperbaiki sampai saat ini namun tidak bisa. Apakah dosa tetap mengalir? 

Jawab → Jika sudah bersunggung sungguh ingin memblokir sosmed dan belum mampu, berdoa saja kepada ?????? Ta'ala serta sambil mencari jalan kepada orang yang ahli IT untuk membantu memblokir akun tersebut. 


16.    #tjsodojliner takoyaki rose
Assalamuallaikum..min apa hukumnya nabung di bank syariah dgn perjanjian wadiah(titipan)..

Jawab → In sha ?????? tidak mengapa. 

17.    #TJSLiners Ariel Ardian Noer ODALF #001
Bagaimana hukum merayakan maulid nabi ya ?

Jawab → Boleh tidak bolehnya cukup panjang pembahasannya. Jadi lebih baik kita mencontoh apa yang dikerjakan oleh Rasulullah ? , sahabat serta para tabiun tabiin dalam menjalankan ibadah. Mereka semua yang saya sebutkan diatas memang tidak merayakannya. Justru mengingat dan bersholawat kepada Nabi ? lakukan saja setiap saat bukan ditetapkan hanya 1 hari khusus saja. Enak bukaaan...?

18.    #TJSLiners Indra G.106 
Apa yang harus kita lakukan untuk merangkul dan memperbaiki hubungan umat beragama dalam 
[1/13/2016, 11:50] Odoj ust Dodi:  sekolah.

Jawab → Tunjukkan saja akhlak yang baik kepada sesama. Apapun agama dari teman kita. 

19.    #TJSLiners mukhlis ibrahim grup 773..assalamu alaikum akh. bagaimana pandangan islam dengan perayaan ulang tahun,& memberi ucapan ulang tahun..jika dilarang bagaimana jika dikaitkan dengan maulid nabi(hari lahir nabi)..syukron atas jawabannya..

Jawab → Memang menjadi perbedaan pendapat ulama dalam hal ini pengucapan ini. Berkaitan dengan maulid lihat pertanyaan nomor 17 yaa. 

20.    #TJSLiners Zain G0
bagaimana hukumnya musik yg digunakan pada "lagu² islami" atau "nasyid", padahal sudah dijelaskan dalam hadits jika musik itu haram. jazaakumullaah khayr (:

Jawab → iya masuk kategori haram juga. 

21.    #TJSLiners Assalammu'alaikum. Afwan izin mau bertanya. Bagaimana hukumnya menshare info islami ? Yg terkait dengan tafsir Al Quran, hasil kajian, artkel malam, oase dakwah (seperti di grub odoj ). Krena trus trang, kapan hari saya ditegur teman. Dia berkata kpd saya. Apakah itu bener tulisannya. Dan dapat dipercaya sumbernya. Hati2 dalam menshare informasi.  Jujur aja padahal niat saya utk bermaksud menshare tulisan utk berbagi ilmu. Toh yg saya share juga mengandung kebaikan. Bkan nengajak kepada keburukan. Mhon jawabannya. Mhon maaf sebesar2 nya kalau ada salah kata. ????????????????

Jawab → Menshare sesuatu memang harus jelas sumbernya siapa. Jika yang kita share mengandung hadis batil, dan orang melaksanakan amalan tersebut, maka kita menanggung dosanya juga. Apalagi jika orang lain ikut mengshare dan dikerjakan ribuan orang lainnya, maka kita juga kena dampak ribuan orang berdosa yang dosanya juga ke diri kita. 

22.    #TJSLiners Deni umi rahmawati odoj 881. Bagaimana mencharge semangat un istiqomah dalam ibadah ?

Jawab → Perbanyak mengingat kematian 

23.    #TJSLiners Wanti. G1645 
Bolehkah kita berqurban dengan Nama orang yg telah meningggal semisal Qurban Idul Adha atas nama alm bapak

Jawab → Berqurban untuk diri kita dan sekalian untuk keluarga kita serta kerabat yaa. Jadi semuanya mendapatkan pahala. 

24.    #TJSliners Robiatul Aliyah G1922 
assalamu alaikum wr.wb  
afwan mau bertanya nih min ....
bagaimana menanggapi orang yang ketika saya memakai kerudung sar'i tapi dia bilang saya ikutan ISIS  dan apa hukum menjual bunga 7 rupa 
jazakilah 
syukron 
wassalamu alakhayran

Jawab → Nda apa apa abaikan saja dan tetap berakhlak baik kepada ybs. Maksudnya jual bunga 7 rupa yang biasa dipakai buat menyan...? Kalai iya hindari saja. Kalau maksudnynya lain bunga 7 rupa untuk hiasan diperbolehkan. 

25.    #TJSLiners ali.
Assalamualaikum..
Ustad ana mau tanya, hukum dr keberadaan benda2 sbb dirumah bagaimana ya?
1.    Foto (hasilnya menyerupakan manusia atau tidak/copy/jiplakan/pantulan/cerminan)
2.    Boneka
3.    Film kartun 
4.    Acara di tv
5.    Emoticon di hp dan digambar/catatan dibukuu
Mohon disertai dalilnya ya ustad...
Jazakallahu khathanks

Jawab → Foto memang menjadi perbedaan pendapat Ulama, ada yang melarang keras ada yang membolehkan dikarenakan bukan mencipta tetapi memindahkan objek dari ciptaan ?????? sendiri ke dalam wadah yang lain. Boneka jika untuk anak anak asal tidak dimuliakan diperbolehkan (dimainin jangan dipajang), film kartu yang konteksnya pemdidikan dipersilahkan dan acara TV tentunya yang banyak mudharat ditinggalkan yang banyak manfaat silahkan saja. Emoticon juga menjadi perbedaan pendapat dalam hal ini. 

26.    #TJSLiners sarif hidayat mau nanya min ,hukumnya nabung di bank syariah dengan perjanjian wadiah (titipan) mhon pencerahanya min thanks

Jawab → perasaan double deh pertanyaannya dengan diatas 

27.    #TJSLiners Assalamualaikum... Kak mimin mau tanya. Kenapa di dalam Al Qur'an Allah menyebutkan Diri-nya dengan kata (Kami)?? 

Jawab → kata ’kami’ dalam bahasa arab, tidak selalu menunjukkan kata ganti orang pertama jamak. Kata ’kami’ dalam bahasa arab juga digunakan untuk mengagungkan (ta’dzim) orang yang berbicara. 
Syaikhul Islam mengatakan,

????? ?????? ?????? ???? ???? ???? ????? ?????? ?????? ?? ??????? ????? ????? ????? ?????: “??? ????? ?? ????? ?????? ” ?????? ???. ??? ???? ???? ????? ??????? ??? ??? ???? ????? ????? ??????? ???? ?????? ? ????? ??? ??? ????? ??????? ???? ???? ??????? ???? ??? ????? ???????? ??? ???? ?? ???

Allah ta’ala menyebut dirinya dengan kata yang bermakna tunggal, baik dengan kata ganti tunggal atau dengan menyebut namanya. Dan terkadang, ??????  menyebut dengan bentuk jamak, seperti firman-Nya,

??? ????? ?? ????? ??????

“Sesungguhnya Kami akan memberikan kemenangan yang nyata bagimu.” (QS. Al-Fath: 1).

28.    #SharingODOJLiners #TJSLiners Hanifah NJ 1242 
Bismillah
Langsung nanya aja ya min, mohon sarannya.. kan kalau organisasi di kampus tuh (meskipun organisasi keagamaan) kan campur ikhwan sama akhwatnya.. menurut minim , gimana cara mengatasinya? Biar ngga terlalu menonjol di depan ikhwan tapi tetep bisa berkiprah banyak dalam organisasi itu? 
Syukron 

Jawab → Mengatasinya dengan membatasi diri saja. Tau batasan batasan dengan akhwat atau wanita lainnya dan silahkan berbaur ke UKM-UKM manapun. 

29.    #sharingODOJLiners, #TJSLiners silvia, grup 1122
Mohon dijelaskan mengenai sholat fajar ya kak.. saya masih bingung. Terima kasih

Jawab → sholat fajar ya sholat subuh. Sholat sunnah fajar yaitu sholat sunnah sebelum subuh. 

30.    #sharingOdojLiners, #TJSLiners Tati1652. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,,,,,
Mf sebelomnya saya mau tanya mimin,apa hukumnya jika memiliki hutang namun tidak sengaja tidak ingin membayar bukan karena tidak mampu, melainkan sudah berusaha mencari keberadaan orang tersebut namun tidak di ketemukan juga orang yg telah meminjami.
Sedangkan dalam agama islam, bahwa hutang itu wajib bayar.
Entah dalam jumlah sedikit atau dalam jumlah banyak.
Dan apakah benar jika orang yg meninggalkan hutang di Dunia, kelak jika sudah meninggal maka sulit untuk memasuki syurga.
Apakah bisa di ganti hutang tersebut dengan amalan sodakoh mengatas namakan beliau yg sudah meminjami agar hutangnya lunas.

Jawab → Serahkan kepada keluarga atau kerabatnya. Jika tidak bertemu juga maka sumbangkan atas nama ybs. Tetapi jika bertemu tetap harus menggantikan hutangnya. Benar sekali... Hutang memperlambat kita masuk surga. 

Mohon jawabannya dan Trimakasih.

31.    #TJSLiners Assalamu alaikum.nama : syifa alifah nuraini
No grup: 0
Maaf saya mau nanya hukum mengelap air wudhu

Jawab → banyak pendapat dalam hal ini. In sha ?????? pendapat yang kuat adalah hukumnya mubah.


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020