Please wait...
00/00/0000 00:00:00 WIB

Ungkapan Syukur

Hadist by Administrator 22 Okt 2015

Ungkapan Syukur


Oleh : Ummu Adib

A : Kiriman makanan kakak sudah sampai belunlm dik ?
B : Sudah Kak, jazaakallah...
A : Waiyyak Dik

Percakapan seperti di atas sering sekali kita temui. Bagi yang suka bingung dengan makna dari kalimat-kalimat tersebut, mari kita kupas.

Jazaa  : semoga memberi/menambah/membalas.
ka/ki   atau kum  : engkau atau kalian
Allah  : Allah. 
Jazaakallah  atau jazaakumullah artinya semoga Allah akan memberi menambah/membalasmu.

Kalimat ini digunakan sebagai ungkapan terima kasih atas kebaikan seseorang dan sekaligus sebagai sebuah doa semoga Allah akan membalas kebaikan. Baiknya setelah Jazaakallah atau Jazaakumullah dilengkapi penyebutan dalam hal apa Allah akan membalasnya. Sehingga setelah Jazaakallah atau Jazaakumullah memerlukan kata penjelas, yakni kalimat Khairan  yang memiliki arti kebaikan.

Penggunaan kalimat Jazaakallah atau Jazaakumullah saja, terdapat celah kekuranglengkapan walaupun makna dan maksudnya sudah dapat dipahami sebagai ungkapan terima kasih sekaligus sebagai sebuah doa semoga Allah akan membalas kebaikanya/mereka.

Dari Usamah bin Zaid RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

Artinya :“Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan “jazaakallahu khairan" (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya.”[HR.At-Tirmidzi (2035), An-Nasaai dalam Al-kubra (6/53), Al-Maqdisi dalam Al-mukhtarah: 4/1321, Ibnu Hibban: 3413, Al-Bazzar dalam musnadnya:7/54. Hadits ini dishahihkan Al-Albani dalam shahih Tirmidzi]

Atau juga banyak ditemui dalam percakapan setelah kata khairan diberikan tambahan kata Katsiran yang berarti banyak.

Khairan Katsiron berarti kebaikan yang banyak.

Semoga bermanfaat.

#Semangat Tilawah
#Semangat Menjadi Pribadi Indah


Bakat Setiaji Ketum 2017-2020