Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

BERSAMA AL-QUR’AN, URUSAN LANCAR

BERSAMA AL-QUR’AN, URUSAN LANCAR

  • 2020-10-05 16:15:58.67378
  • Administrator
  • Kegiatan

Roda kehidupan berputar begitu cepat, diiringi tantangan-tantangan baru yang sungguh mendebarkan. Allah tidak pernah kehabisan soal ujian sampai kapan pun. Selalu saja ada yang baru dan tidak bisa diprediksi sebelumnya untuk membuat manusia tidak berhenti mencoba, meneliti, dan terus belajar. Di masa pandemi ini, sudah semestinya kita banyak belajar dari pengalaman-pengalaman yang telah ada. Berbagai peristiwa di seluruh dunia mengajari kita bahwa manusia sama sekali tidak punya kuasa dan sungguh kelabakan oleh makhluk Allah yang sangat kecil berupa virus. Betapa selama ini manusia sibuk berlomba-lomba dalam pembangunan infrastruktur, tapi ternyata belum dapat membangun benteng pertahanan tubuh yang benar-benar kuat menahan rongrongan penyakit.

            Tidak seharusnya kita hidup dalam ketakutan dan paranoid dalam membaca data jumlah pasien terkonfirmasi dan yang meninggal. Tetap mengakses berita itu bagus agar kita tetap waspada dan terus menjaga kesehatan. Namun yang harus diingat, dalam kehidupan ini banyak amanah yang harus tetap dilanjutkan.

Di sekitar kita, anak-anak, remaja, hingga orang tua harus tetap mendapatkan pendidikan. Majelis-majelis ta’lim harus tetap eksis mengajarkan ilmu agama. Rumah-rumah jompo dan panti asuhan harus tetap mendapatkan suplai bantuan, dan itu akan sulit terealisasikan jika semua pihak masih tetap terpuruk dan meratapi wabah yang tak kunjung enyah. Lalu, bagaimana kita memulai itu semua?  Tidak lain dan tidak bukan adalah kembali kepada petunjuk yang sudah disiapkan Allah, yaitu Al-Qur’an; "Sungguh, Al-Qur'an ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar." (Al-Isra'/17:9)

Sudah seharusnya seorang muslim sejati memulai hari dengan Al-Qur’an agar mendapatkan petunjuk dari Sang Pemilik kalam. Petunjuk itu bisa datang dari jalan yang bermacam-macam, karena Allah Maha Mengetahui segala cara. Bisa jadi dengan kecondongan hati pada suatu pilihan, bahkan bisa pula melalui kegagalan dalam suatu hal. Kita pernah mendengar tentang seorang penumpang pesawat yang ketinggalan penerbangan. Ternyata itu menjadi jalan keselamatannya karena pesawat yang sedianya dia tumpangi mengalami kecelakaan. Keterlambatan yang dia kira buruk itu ternyata cara Allah menyelamatkannya.

Banyak yang belum meyakini bahwa dalam ayat-ayat Al-Quran yang dibaca, terdapat limpahan petunjuk baik tersurat maupun tersirat. Berbeda dengan para sahabat Rasulullah Saw. yang menjadikan Al-Quran sebagai sumber segala petunjuk. Bahkan Ibnu Abbas RA pernah menyatakan bahwa andai tali ontanya hilang, pasti akan ditemukannya di dalam Al-Qur’an. Dari pernyataan itu, ada hikmah yang mendalam tentang keyakinan terhadap Al-Qur’an sebagai sumber petunjuk. Bagi yang belum menjadikan Al-Quran sebagai sumber keberkahan dan petunjuk, selagi ruh masih menempel di badan, belum terlambat untuk memulai. Mari jadikan Al-Qur’an sebagai sahabat dekat yang selalu menjadi rekan sharing untuk memulai setiap urusan.

 

Tentang Penulis

Penulis: Dr. Fera Andriani Djakfar, Lc., M.Pd.I. Member ODOJ 275 (sejak Februari 2015). Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (MDTA) Al-Mukhlishin Perumahan Nilam Bangkalan Indah, pendiri dan pembina Majelis Ta’lim Utrujah Perumahan Nilam Bangkalan Indah, Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Bahasa Arab STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan-Madura. Salah satu penulis dalam antologi KUTEMUKAN CINTA-MU bersama para ODOJERS, diterbitkan oleh penerbit Republika. Temukan aktivitas Fera dan Daily Quotes hasil kontemplasinya di IG: @feraandriani.djakfar