Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

SEMANGAT BARU BERSAMA ALQUR'AN

SEMANGAT BARU BERSAMA ALQUR'AN

  • 2020-10-05 19:36:42.435836
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Sejak bergabung menjadi anggota ODOJ, One Day One Juz, seperti ada kehidupan baru dalam pertumbuhan jati diri. Iya, saya bergabung sekitar tahun 2015. Saat itu saya berusia 21 tahun. Bismillah, bermula dari niat untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan memupuk semangat kebaikan. Banyak pembelajaran ketika bergabung dari awal hingga saat ini. Alhamdulillah tsumma alhamdulillah.

Yang sering saya dengarkan atau pahami dari semangat komunitas ini adalah salah satunya keberkahan menjadi sahabat Al-Qur’an. Para pimpinan ODOJ selalu menanamkan bahwa komunitas ini hanya sebagai perantara kita untuk ‘dekat’ dengan Al-Qur’an. Yang memberi hidayah, yang memberi rahmat, dan izin hanyalah Allah subhanahu wa ta’ala.

Semula memang niat saya adalah untuk kebaikan saya sendiri. Memekarkan diri sendiri untuk tampak indah di mata Sang Khalik. Namun ternyata, mekar sendiri itu gak asyik. Mekar bareng temen-temen itu jauh lebih menyenangkan dan dari mereka jugalah ada semangat untuk tetap mekar. Alhamdulillah, sahabat yang sholih dan sholihah itu akan mendekat juga ke diri kita. Manakala, diri kita juga berusaha menjadi pribadi yang beriman dan sholih.

Dari sinilah semangat itu, semangat untuk tetap mengabdi kepada Sang Maha Memiliki. Menjadikan Al Qur’an sebagai syafa’at atau penolong, aamiin. Terus menyiram hati dengan air mata kehidupan dalam kalam-Nya. Al-Qur’an ini bagaikan penyetrum ketika baterai kehidupan kita sedang lowbet. Al Qur’an ini selalu ada setiap saat, sebagai kompas kehidupan kita. 

Kalau ada yang paham dan dengan keberadaan mutiara ini di tengah-tengah kita, pastinya semangat untuk memperjuangkan agama ini selalu membara. Saya sendiri tak ingin lepas dari rasa syukur dan haru, karena Allah selalu memberi kesempatan kepada hamba-Nya yang ingin berubah menjadi lebih baik. Tentunya sesuai dengan tuntunan Rasulullah Muhammad Sholallahu ‘alaihi wa sallam.

“Dan sesungguhnya Kami telah mendatangkan sebuah Kitab (Al-Qur’an) kepada mereka yang Kami telah menjelaskannya atas dasar pengetahuan Kami; menjadi petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman”. [al-A’râf/7:52].

 

Tentang Penulis

Aprilia Ayu adalah penulis yang bergabung dalam komunitas ODOJ G1242. Kunjungi intagram penulis di @aprilia_ayy