Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

MENGISI KEKOSONGAN JIWA

MENGISI KEKOSONGAN JIWA

  • 2020-10-05 19:38:49.124332
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Serangkaian rindu mulai membuncah. Entah rindu kepada siapa atau apa. Semenjak hidup dipenuhi dengan rutinitas yang padat, banyak hal yang didapat. Namun, ada yang kosong. Kekosongan itu seolah memenuhi rongga hati. Ia merasuk dan membuat hari-hari kian sunyi. Kendati banyak orang ditemui, banyak pula kawan yang menemani, kesepian itu seolah tak mau berhenti. Ia terus membuntuti. “Adakah yang salah?” tanya hati.

    Angin berembus menerpa kulit. Ada yang mengirimnya untuk memberikan peringatan betapa yang dirindukan adalah Dia yang memiliki segalanya. Kita selalu mengejar dunia. Mengejar sesuatu yang fana. Sedang yang abadi masih saja terbengkalai. Duhai hati, jawabannya telah pasti. Kesunyian itu berasal dari diri yang lalai akan Rabb-nya. Kekosongan itu berasal dari jiwa yang terlena oleh megahnya dunia.

Dia yang menciptakan segala yang ada tidak pernah absen untuk memberikan peringatan. Bersama dengan kalam-Nya yang suci, Dia memberi tahu kepada manusia di bumi untuk selalu mengingat dan membacanya. Ialah Al Qur’an yang suci. “Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan kitab yang menerangkan. Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya ke jalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang terang benderang dengan seizin-Nya dan menunjuki mereka ke jalan yang lurus.” (Al Maidah: 15-16)

Betapa diri tertampar dengan Surah Al Maidah ayat 15 sampai 16. Sesuatu yang selama ini dicari sangatlah dekat dan murah tapi memberikan manfaat yang besar. Allah memberikan kitab itu untuk menerangi kehidupan yang suram, untuk mengisi kekosongan, dan untuk memberikan kehangatan bagi jiwa yang hampa. Betapa diri ini teramat buta untuk melihat keagungan-Nya.

Diri ini bersiap untuk kembali bersua dan berinteraksi bersama Al Qur’an. Berharap Allah hadirkan kembali cinta yang dulu pernah teraih. Huruf demi huruf terangkai indah dalam ayat-ayat suci penuh makna. Air mata tak kuasa untuk dibendung. Ada kehangatan yang mulai hadir dalam jiwa. Padahal baru beberapa ayat saja terucap.

Allah senantiasa menghadirkan cinta yang melimpah ruah. Selangkah saja kita mendekati-Nya, maka seribu langkah Dia akan mendekati kita. Kasih sayang yang Allah berikan tidak dapat kita hitung. Semua yang terbaik pasti akan Allah hadirkan untuk hamba-Nya yang bertakwa. Tidak perlu ada keraguan dalam hati. Kita hanya perlu memantapkan keyakinan dan meneguhkan iman. Firman-Nya tidak pernah salah. Janji-Nya tidak akan pernah teringkari. Semua jelas tertuang dalam kitab suci.

Bersama One Day One Juz (ODOJ) kita tingkatkan kembali interaksi kita bersama Al Qur’an. Dengan bertekad untuk itiqomah satu juz per hari, kita akan merasakan keberkahan dalam hidup kita. Banyak keajaiban yang akan Allah berikan. Allah akan bersama dengan orang yang selalu mengingat-Nya. Dengan merutinkan membaca Al Qur’an, kita telah berupaya untuk menjadi insan yang lebih baik. Semoga Allah senantiasa meridhoi langkah kita. Aamiin.

 

Tentang penulis:

Nike Shinta adalah anggota grup ODOJ G1621. Aktivitasnya adalah sebagai penulis dan pendidik. Karyanya dimuat dalam beberapa buku antologi bersama. Salah satu buku yang disusun bersama anggota penulis ODOJ adalah Kutemukan Cinta-Mu yang diterbitkan oleh Republika. Untuk menjalin silaturrahim bisa menghubungi media sosial instagram @nikeshintanoviyanti.