Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

LAHIRNYA SEMANGAT BARU DARI ALQUR'AN

LAHIRNYA SEMANGAT BARU DARI ALQUR'AN

  • 2020-10-05 19:42:34.687478
  • kepenulisan
  • Kegiatan

"Pembatasan Sosial Berskala Besar adalah istilah kekarantinaan kesehatan di Indonesia yang didefinisikan sebagai "Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi." Wikipedia

Sebagai seorang perawat, hal ini tidaklah berpengaruh pada aktivitas bekerja perawat di bidang pelayanan. Justru menjadikan hal tersebut hal yang cukup menantang. Berani meninggalkan keluarga tercinta di rumah, walaupun beberapa opini dari ibu dan kepala keluarga dalam memberikan solusi untuk resign. Bukankah pandemi ini membuktikan jiwa perawat yang sesungguhnya?

Pandemi memang masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, walaupun beberapa kelompok tidak mempercayai adanya pandemi covid-19, sehingga sulit sekali untuk mencapai PSBB yang sesuai dengan harapan. Sekalipun PSBB disudahi lalu diganti dengan upaya melangsungkan protokol kesehatan, angkat covid-19 tak kunjung berangsur turun. Justru sebagian wilayah kembali menyandang status zona merah dan kembali menetapkan perpanjangan PSBB. 

Mengingat covid-19 merenggut banyak nyawa, tentulah kami sebagai perawat merasa ketakutan, cemas, dan khawatir yang lebih berkali lipat dari pada mereka yang tidak terjun langsung merawat dan berinteraksi dengan pasien covid-19. Namun, sebagai role model kesehatan, kami dituntut untuk tetap melayani dengan sepenuh hati, memberikan semangat pada pasien yang jiwanya terguncang, menebarkan energi positif hingga timbul keyakinan pada Ilahi Robbi. Dan itu bukanlah hal yang mudah. Perawat juga manusia, memiliki problematika kehidupan yang kurang lebih sama dengan yang dialami manusia pada umumnya. 

Untunglah Al-Qur’an menjadi penyejuk hati dan penggugaha jiwa, seperti ayat di bawah ini;

“Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh.” (QS. An Nisa': 78). 

Ya, surat tersebut membuat pola pikir kami sebagai perawat berubah untuk tetap semangat dan berjuang bersama Al-Qur’an. Karena kini tugas terbesarnya bukan lagi fokus pada bagaimana agar vaksin covid-19 segera ditemukan dan menurunkan angka kematian akibat covid-19. Namun, menjadikan diri ini sebagai khalifah di muka bumi seperti yang Allah inginkan, tetap tumbuh dan berkembang walau keadaan terasa sulit dan tidak memungkinkan. Karena setidaknya, ketika Allah memanggil untuk pulang ke pengakuan-Nya, masih ada amal yang dapat dijadikan bekal pulang. 

 

Tentang Penulis

Zr. Runekaf adalah seorang Perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bekasi, selain itu kecintaannya pada dunia kepenulisan membuatnya terus melahirkan beberapa buku Antologi, baik di Penerbit Mayor maupun Indie. Untuk dapat bercengkrama  dengan Penulis, bisa kunjungi IG; @karya.zr atau FB; Ike Nurjanah. Kurang lebih tiga tahun, Penulis menjadi Admin Odoj G3527 F57