Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

KETIKA MALAS TILAWAH MENYAPA ODOJer

KETIKA MALAS TILAWAH MENYAPA ODOJer

  • 2020-10-05 19:44:56.259111
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Sebagai ODOJer, ada kalanya kita dilanda rasa malas akan rutinitas, termasuk dalam keseharian bertilawah. Baik secara pribadi maupun berkelompok bersama komunitas ini. Tak jarang para admin di grup whatsapp mengingatkan anggota grupnya agar tidak lupa melaporkan kholas, sebagai bentuk komitmen kebersamaan untuk menuntaskan tilawah kita. Namun, masih ada saja anggota abai dengan imbauan ini. Bisa jadi, kita sebagai anggotanya merasakan futur dengan aktifitas mengaji. Maunya sih disebut ODOJer, tapi ngaji saja males, buka Al-Qur'an ga' sempet. Tapi semepet-mepet waktu, bisa aja tuh berjam-jam pegang gadget. Astaghfirullaah.

Futur adalah rasa malas, enggan, dan lamban dalam melakukan kebaikan dari yang sebelumnya rajin dan bersemangat melakukannya. Akibat didera futur, seseorang menjadi lemah dan malas, bahkan terkadang berhenti sama sekali dari melakukan suatu aktivitas kebaikan.

Kadang kita sudah melakukan muhasabah, mengapa yang awalnya bersemangat interaksi bersama Al-Qur'an, lalu tiba-tiba malas melanda? Apa karena kesibukan? Kurang waktu? Malas pake lapor segala di grup? Anggota yang lain juga mlempem semangatnya? Futur  memang menular, guys! Musti hati-hati nih! Jangan sampai kita menjadi salah satu penularnya.

Ya, sebagai ODOJer yang mengaku dirinya senantiasa bertilawah pun, harus terus meningkatkan dan memperbaiki kualitas semangatnya bersama Al-Qur'an. Iman saja sering naik turun, harus sering diisi ulang, diberdayakan, agar  makin mantap dan kokoh. Demikian pula semangat bersama Al-Qur'an harus senantiasa diperbaharui. Bagaimana caranya? Padahal Al-Qur'an sendiri memasehatan kepada kita, bahwa ALLAH Subhaanahuu Wa Ta'alaa senantiasa membersamai kita:

“Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang shaleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya”. (QS. An Nisa: 69).

Ya, dalam komunitas ini, Allah takdirkan kita bertemu bersama orang-orang yang berusaha dan terus menjaga keistiqomahannya, tanpa terputus setiap harinya, mengingatkan kita dalam kebaikan di satu kegiatan amal ibadah kita yaitu tilawah satu hari satu juz, bagi yang sanggup melakukannya. Ketika kita menjadi salah satu bagian dari komunitas ini, berkomitmen untuk hal yang sama, saling mengingatkan dalam kebaikan, ini adalah wasilah pahala yang luar biasa. Meski kadang ada yang acuh, ada yang abai tentang kebaikan. 

Menumbuhkan semangat baru bersama Al-Qur'an, tak hanya tilawah saja, tetapi tingkatkan dengan mentadabburi ayat-ayatnya, mempelajari tafsir-tafsirnya, menghadiri kajian ilmunya. Sungguh, kenikmatan sesungguhnya adalah ketika kita menemukan petunjuk dan hidayah Allah di setiap kalam-Nya. Dahsyat sekali!

So, guys! Please, don't let you down!  Terus tingkatkan rasa penasaranmu menggali lebih dalam tentang guidance dari Yang Maha Kuasa. Terus bersamai komunitas ODOJ sebagai wasilah memupuk pahala berjamaah hingga kita bersama di Surga Jannah-Nya. Aamiin.

Tentang Penulis 

Siska Artati adalah Penulis ODOJ 774 Fasil 03. Untuk dapat menghubunginya, bisa langsung kepoin IG: https://www.instagram.com/siskaartati?r=nametag, https://www.instagram.com/siska_mentorpaytren?r=nametag.