Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

PETA KEHIDUPAN

PETA KEHIDUPAN

  • 2020-10-06 11:36:01.053614
  • Administrator
  • Kegiatan

Hidup ini adalah sebuah fase perjalanan di dunia menuju tempat kembali yang sesungguhnya yaitu akhirat. Selama masa perjalanan tentu tidak mudah untuk kita mampu melewatinya. Ada banyak rintangan dan ujian yang harus kita lewati agar sampai menuju tempat keabadian. Semangat naik dan turun dalam menjalani hidup terkadang menghampiri diri ini. Namun, di sinilah letak perjuangan kita sebagai hamba Allah untuk senantiasa tak lelah berjuang karena setiap prosesnya akan dinilai sebagai sebuah amalan kebaikan. Allah pun sudah membekali kita dengan peta hidup yang MasyaAllah luar biasa lengkap yaitu Alquran. Mengutip dari salah satu pesan yang Allah sampaikan lewat surat cinta-Nya Q. S. Ali Imran ayat 139 yang artinya:

“Janganlah kamu bersikap lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang orang yang paling tinggi derajatnya jika kamu beriman” (Q. S. Al Imran:139).

            Dalam ayat ini, kita sudah seharusnya jangan bersikap lemah dan bersedih hati karena Allah mengatakan kita adalah orang-orang yang memiliki derajat tinggi jika beriman. Keimanan ini yang menjadi pegangan kita dalam melakukan segala aktivitas kehidupan. Segala lelah perjuangan dalam mencari nafkah, menuntut ilmu, meraih impian serta cita-cita akan berbuah manis jika kita ikhlas dan bersemangat dalam menjalankan hanya untuk mengharap ridho Allah saja. Memulai segala aktivitas kehidupan diawali dengan membaca Alquran pagi hari, saat suasana hati sedang tidak menentu kembali ke Alquran. Alquran ini sebagai penerang hati kita. Jika hati bersinar terang maka kita akan enjoy dalam melaksanakan aktivitas. Hati kita akan terasa hidup dengan membiasakan diri selalu dekat dengan Alquran dalam kondisi apa pun. Semakin sering berinteraksi dengan Alquran maka kedekatan kita dengan Allah akan semakin dekat karena hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram” (Q. S. Ar Ra’d:28).

            Kita tidak pernah tau tentang kehidupan masa depan kita sehingga tugas kita hanya berjuang hingga tiba hasil manis dari perjuangan yang sudah kita lakukan. Ibaratnya seperti kita menanam padi, harus lelah bersabar menunggu hingga waktu panen tiba. Ya sama halnya dengan menjalani kehidupan ini harus bersabar dan beryukur dalam setiap menerima ujian yang datang menghampiri kita. Jika mulai bingung tak menentu, tak bersemangat dalam menjalani hidup maka baca kembali peta kehidupan kita yaitu Alquran. Segala persoalan hidup sudah ada petunjuknya dan kita tinggal mengamalkannya.

            Sesungguhnya kehidupan ini semua milik Allah. Tempat meminta segala sesuatu hanya kepada Allah. Menjadikan Allah yang utama dalam setiap proses yang sedang kita lakukan. Semoga lelah kita semua berbuah lillah. Tetaplah berjuang hingga kelelahan itu yang lelah mengikuti kita. Yakin semua akan indah pada waktu yang tepat, tugas kita terus berusaha dan jangan lelah untuk berdoa. Semangat teman-teman seperjuangan. J

#SemangatBaruBersamaAlquran

#DivKepenulisan

 

Biodata Penulis

Laila Rizki Hanantya adalah Penulis dari Grup ODOJ G-880. Saat ini aktivitasnya menjadi Mahasiswi di salah satu Perguruan Tinggi. Untuk dapat bercengkrama dengan Penulis dapat mengunjunginya di Media Sosial; Laila Rizki Hanantya (FB), @lailariztya (IG).