Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

BERBAIK SANGKA

BERBAIK SANGKA

  • 2020-10-06 11:40:39.799754
  • Administrator
  • Kegiatan

Apa yang terjadi dalam kehidupan seringkali membuat diri goyah. Adakalanya mata menerawang, menilik orang lain, lalu membandingkan. Merasa diri paling baik .lalu setelahnya menghakimi bahwa seharusnya diri sendirilah yang paling berhak bahagia.

Astagfirullah!

Saat diri sibuk menelusuri bahagia yang dimiliki orang lain, sebenarnya di sanalah letak tidak bahagianya diri kita. Membanding-banding kanapa yang Allah beri hingga rasa syukur tak lagi ada. Dalam Al-Qur’an Allah telah berfirman, setiap yang bersyukur akan mendapat kucuran nikmat, sedangkan yang kufur akan mendapat azab.

Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pastiakan Kami tambahkan (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (Q.S. Ibrahim: 7)

Di surat Al-‘Ankabut, Allah juga menjelaskan hal yang serupa. Tentang ujian, juga tentang kesabaran. Seseorang yang mengaku beriman tidak akan dibiarkan begitu saja. Benarkah hati sudah dipenuhi iman?Atau hanya sebatas di lisan? Maka,ujian menjadi pembuktian. Ibaratnya  mau naik kelas, tentu ada materi yang harus diujiankan sebagai bukti keberhasilan, bukan?

Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (Q.S. Al-‘Ankabut: 2)

Jelas sudah, ujian adalah penentu naik kelas. Allah Maha baik tidak akan membiarkan hamba yang dicinta tersiksa, tidak mungkin ujian yang dibebankan di luar batas kemampuan hamba-Nya. Seorang siswa/i yang akan naik ke kelas empat tentu saja diujiankan dengan materi yang dipelajari selama kelas tiga. Hasil ujian itulah yang menentukan kelulusan, layak menuju ke jenjang berikutnya atau harus remedial, mengulang materi yang sama hingga lulus dan dinyatakan berhak naik kelas.

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.” (Al-Baqarah: 286)

Tentang Penulis

Wardatul Aini adalah penulis ODOJ 268 Karyanya adalah novel Mahkota Surga dan Chymophile; Sebuah Kisah Tentang Gadis Kecil Pecinta Ombak. Aktivitasnya bisa diikuti di akun FB: Whardha Alrhayniee dan IG: @wardatulaini