Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

BEGITU ISTIMEWA AL QURAN BAGI SEORANG MUSLIM

BEGITU ISTIMEWA AL QURAN BAGI SEORANG MUSLIM

  • 2020-10-06 11:47:07.315696
  • Administrator
  • Kegiatan

Apa jadinya saat seorang Muslim tidak lagi bisa membaca kitab Al Quran sebagai kitab sucinya? Tentunya amat terganggu bukan? Ini yang dirasakan sebagian besar umat Muslim di belahan dunia lain. Di Indonesia sendiri, Alhamdulillah, masih bisa membaca Al Quran kapan pun dan di mana pun. Bahkan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Muslim Indonesia bebas melakukan itu semua tanpa harus merasa ditindas atau diintimidasi. Tapi apa yang terjadi? Benarkah kita dengan bebas bisa melakukan membaca Al Quran? Tidak, kita bahkan mengabaikannya. Menjadikan bacaan terakhir pada jam terakhir dari perjalanan hidup setiap harinya. Tidak lagi menjadikan Al Quran sebagai prioritas pertama dari semua bacaan sehari-hari. Jangankan untuk mengamalkannya, untuk membaca saja bisa jadi seminggu sekali, sebulan sekali atau bahkan setahun sekali hanya pada saat Ramadhan tiba. Jadi siapa yang salah dalam hal ini?

Dalam Al Quran sendiri, ada banyak keistimewaan yang didapat dengan mempelajari bahkan menghapalnya. Apa sajakah? Orang-orang yang menghapal Al Quran mendapat posisi yang istimewa di mata Allah dan Rasulullah SAW. Mereka yang menjaga Al Quran lewat hapalannya akan mendapat posisi terhormat di dunia dan akhirat. Sedangkan orang yang tidak pernah menghapal Al Quran, ibarat sebuah rumah yang kumuh dan akan runtuh. Seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits, “Orang yang tidak mempunyai hapalan Al Quran sedikitpun adalah seperti sebuah rumah kumuh yang akan runtuh.” (HR. Tirmidzi).

Lantas apa lagi keistimewaan orang yang menghapal Al Quran? Al Quran merupakan pedoman bagi orang-orang yang ingin mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Mengapa? Dalam Al Quran sendiri banyak aturan tentang beribadah dan bermuamalah. Semua jelas sudah diatur oleh Allah SWT. Sebagai pencipta makhluk-Nya, tentu Allah sangat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan dan larangan seorang hamba. Semua ini sudah diatur dan diterangkan di dalam Al Quran. Masihkah kita meragukan kasih sayang-Nya? Semoga saja tidak. Al Quran juga dijamin Allah keasliannya sejak diturunkan kepada Rasulullah hingga akhir zaman. Dijelaskan dalam QS. Al Hijr ayat 9;

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.”

Tidak ada keraguan di dalamnya. Masya Allah, sungguh ini menjadi mukjizat bagi Rasulullah juga menjadi kitab suci bagi seluruh umat Muslim di akhir zaman. Hal lain yang dijanjikan Al Quran bagi para penghapalnya adalah dengan menjanjikan kebaikan, keberkahan, dan kenikmatan. Seperti yang telah termaktub dalam sebuah hadits, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, masih ragu untuk membaca, menghapal, atau mengamalkan Al Quran? Yuk, kita tingkatkan lagi semangat dalam membaca, mempelajari, dan mengamalkan Al Quran dalam hati dan diri kita masing-masing. Jadikan Al Quran sebagai bacaan favorit dan sebisa mungkin menjadikannya pedoman hidup juga mengamalkannya. Setujukah Teman-teman?

Tentang Penulis

Ashya Chiara adalah nama pena dari Asiah (salah satu member di grup Odalf 097 dan admin di grup 081 dan 399 Fasil Odalf 3). Kesibukannya menjadi Guru TK dan Ibu Rumah Tangga.