Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

SABAR

SABAR

  • 2020-10-06 11:49:18.207993
  • Administrator
  • Kegiatan

Setiap kita pasti pernah mendapatkan ujian dari Allah, baik itu dalam bentuk musibah atau dalam bentuk kesempitan lainya. Saat menghadapi ujian itu, awalnya kita akan merasakan kesedihan, kemudian akan muncul banyak pertanyaan dalam benak kita. Mengapa musibah ini menimpa saya? Mengapa tidak menimpa orang lain saja? Mengapa ujian ini begitu berat? Mengapa ujian ini tidak pernah selesai? Dan pertanyaan ‘mengapa’ lainnya, yang jika terus menerus kita ikuti, akan membuat kita justru berkubang dalam kesedihan yang semakin dalam.

Lantas bagaimana agar kita bisa menghadapi ujian dengan tenang? Jawabannya ada dalam surat cinta-Nya. Dalam menghadapi ujian itu Allah mengingatkan kita dalam firman-Nya Quran surat Al-baqoroh: 153

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

“Hai-orang-orang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesunguhnya Allah beserta orang-orang sabar.”

            Dengan lembut Allah mengingatkan kita untuk bersabar  dan melaksanakan salat saat kita menghadapi ujian. Menurut saya adalah hal yang wajar kita bersedih saat menghadapi ujian, tetapi kesediahan itu jangan sampai berlarut-larut. Segera berwudulah, temui Rabb kita dalam salat, curahkan semua keresahan hati pada-Nya. Ber-husnudzon-lah pada Allah, di balik ujian ini akan ada hikmah yang banyak yang dapat kita petik.

            Berdoa pada Allah agar kita diberikan kekuatan dan kesabaran dalam melewati ujian-Nya. InsyaAllah setelah kita salat dan berdoa, semoga Allah menganugrahkan ketenangan pada hati kita untuk menjalani ujian itu.

            Namun, terkadang praktik tidak lebih mudah seperti ketika kita membaca materi. Kembali lagi, berprasangka baiklah kepada Allah, berpikiran positif akan mempermudah proses perjalanan menuju kesabaran.

Hilangkan setiap pikiran negatif yang terlintas, karena itu justru akan melemahkan kita. Teruslah menyugesti pikiran kita dengan kalimat-kalimat positif sehingga akan berpengaruh besar terhadap hati kita menjadi positif lebih cepat.

            Saat kondisi hati kita sudah positif, ketika menerima nasihat yang bijak, akan terasa menyejukan. Doa dari karib kerabat yang mengatakan agar kita sabar, akan terasa sebagai penyemangat untuk kita agar sabar dalam melewati ujian ini.

            Satu hal lagi yang harus kita yakini, kalimat terakhir dalam surat cinta-Nya di atas adalah saat kita bersabar, saat itulah kita bersama Allah. Saat kita yakin kita bersama Allah, maka pertolongan Allah akan segera datang.

            Suatu hari nanti, saat kita telah melewati ujian ini, maka kita akan banyak memetik hikmah dari ujian Allah yang diberikan kepada kita, mengapa bukan untuk orang lain? Mengapa kita yang mengalaminya? Karena Allah tahu, bahwa kitalah yang mampu mengadapi ujian-Nya itu, karena Allah ingin memberikan pembelajaran untuk kita dengan ujian itu, dan sebab kasih sayang Allah kepada kitalah, mengapa Allah uji kita.

            Ujian itu akan terus ada selama kita hidup karena kehidupan itu sendiri adalah ujian. Setelah kita lulus dalam satu ujian, maka ujian yang lain akan datang, dan ujian yang datang kemudian seyogyanya akan naik bertahap tingkat kesulitannya. Inilah yang kemudian akan pula meningkatkan derajat keimanan kita kepada Allah.

            MasyaAllah, betapa banyak hal yang dapat kita pelajari tentang kesabaran. Ini hanya sebagian kecil bahan perenungan untuk kita semua. Semoga Allah senantiasa menjadikan kita orang-orang beriman yang sabar. Aamiin Allahumma Aamiin.

 

Tentang Penulis

Penulis bernama lengkap Siti Setiawati. Tinggal di Kota Sukabumi. Sekarang penulis beramanah menjadi admin ODOJ G579 dan G1933. Najma Rain Hawari adalah nama pena penulis yang juga digunakan sebagai nama akun media sosialnya. Tulisannya termuat dalam enam buku antologi. Salah satunya adalah yang dibukukan bersama komunitas ODOJ.  Saat ini penulis tergabung dalam berbagai komunitas literasi sebagai sarana untuk melejitkan potensinya.