Choose Your Color

Informasi

Berita DPP

Semarak Event OBN (ODOJ Bangun Negeri)

Semarak Event OBN (ODOJ Bangun Negeri)

  • 2022-08-16 17:51:07
  • Administrator
  • Berita DPP

Ahad, 14 Agustus 2022, Mesjid Istiqlal bernuansa merah putih ini dipadati oleh para Odojer (sebutan untuk anggota komunitas ODOJ) dan masyarakat umum. Apa gerangan yang membuat Odojer dan masyarakat umum  meluangkan waktu untuk datang pagi hari ke Mesjid Istiqlal tersebut? Ternyata, Komunitas ODOJ yang menaungi para Odojer  menyelenggarakan sebuah event perdana, setelah sempat terhenti dikarenakan pandemi COVID 19.

Acara dimulai dengan tilawah bareng bersama yang dipandu oleh dua orang Public Figure, yaitu Ali Zainal dan Bedu. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Brand Ambassador ODOJ, Ibrohim Elhaq dengan saritilawah 3 bahasa.

 

Setelah Irvan Reza selaku ketua pelaksana OBN (ODOJ Bangun Negeri) ini memberikan laporannya, acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua Umum ODOJ, Ustaz Bakat Setiaji. Para peserta mulai merasakan kehangatan karena bertemu dengan para admin serta member yang selama ini bersilaturahmi hanya dilakukan dengan chating di aplikasi WhatsApp saja.

Selain itu, Ir. Habib Nabiel Al Musawa,.M.Si memberikan tausiyah dengan tema Mendamba Negeri Berkah Dunia Akhirat, membuat para peserta semakin merasakan ilmu yang bermanfaat. Tidak ketinggalan, Dr. Adhyaksa Dault, S.H,.M.Si Dewan Penasehat ODOJ, memberikan sambutan sebagai bentuk suka cita dan menyemangati kegiatan OBN tersebut.

 

Saat acara berlangsung, Komunitas ODOJ memberikan kesempatan bagi para Odojer dan masyarakat umum untuk berdonasi. Donasi yang terkumpul akan disalurkan dalam kegiatan membangun negeri tercinta yaitu Program PSA (Pusat Syiar Al Quran). PSA adalah suatu kegiatan yang bergerak di sektor pendidikan berbasis Al Quran, sosial, pemberdayaan ekonomi, dan pengembangan dakwah Islam. Dengan adanya PSA ini diharapkan akan terbentuknya Desa Binaan, lapangan kerja baru, berdirinya Rumah Al Quran Peradaban, dan santri terbina yang akan diproyeksikan menjadi guru-guru ngaji di seluruh pelosok Indonesia.

Seusai acara penggalangan dana, K.H Abdullah Gymnastiar, selaku Pendiri Daarut Tauhid kembali memberikan tausiyah yang mengusung tema Indonesia Cinta Al Quran dan dilanjutkan dengan doa untuk negeri bersama para peserta event OBN.

Setelah melaksanakan Salat Zuhur berjamaah, acara dilanjutkan dengan tausiyah kembali. Kali ini tausiyah disampaikan oleh Ustazah. Dr. Oki Setiana Dewi,M.Pd, dr. Shindy Putri (Dokter) dengan tema Muslimah: Membawa Perubahan yang Lebih Baik. Banyak peserta yang mendapatkan ilmu dari setiap tausiyah yang disampaikan oleh para alim. Di samping itu juga mereka berharap, agar diadakan kembali acara yang serupa untuk mempererat silaturahmi.

Peserta yang hadir dengan jumlah sekitar 10.000, mendaftar melalui google form dan para admin dalam setiap grup ODOJ, Odalf, OS, dan ODOL Kids tanpa dipungut biaya apa pun. Mereka dengan sukarela merogoh saku demi bersilaturahmi dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Hingga tausiyah terakhir oleh Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf yang membawakan tema Umat Islam Menuju Generasi Emas yang Qurani, para peserta masih antusias mengikuti jalannya acara dalam event OBN. Acara kemudian ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf.

OBN adalah tonggak dimulainya kembali sebuah event yang akan mempererat silaturahmi, menambah ilmu, dan mengisi kemerdekaan yang sudah selayaknya diisi dengan kegiatan positif dan membangun. Diharapkan kegiatan yang serupa dapat dilakukan di tempat lain. Agar para Odojer juga masyarakat umum bisa merasakan semangat membaca Al Quran dan membangun negeri dengan lebih baik lagi.

 

Membumikan Al Quran dan melangitkan manusia dapat terlaksana dengan bukti nyata bukan hanya slogan semata. Semua itu bisa diwujudkan jika para Odojer dan Komunitas ODOJ berhasil dalam melaksanakan cita-cita membangun negeri yang lebih baik serta menciptakan insan yang Qurani.

 

Penulis: Tim Humas WS3 ODOJ

Dokumentasi: Media dan Digital ODOJ