Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Sudah Benarkah Rasa Cinta Ini?

Sudah Benarkah Rasa Cinta Ini?

  • 2020-10-23 10:24:42.556849
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Ribuan tahun berlalu. Zaman pun telah berganti. Teknologi semakin maju dari hari ke hari. Namun, siapa yang tidak kenal Rasulullah sallallahu alaihi wasalam? Nabi agung akhir zaman yang menorehkan banyak perubahan. Dialah insan yang berada di urutan pertama orang yang paling berpengaruh di dunia dan tidak akan pernah tergantikan.

            Bertepatan pada hari Senin tanggal 12 Rabiul Awwal, milyaran umat muslim di dunia sedang bersuka cita merayakan hari lahirnya seorang pahlawan sejati. Manusia paling mulia sejagad raya. Insan yang berjasa sepanjang sejarah peradaban manusia. Meski jasadnya tidak bisa kita jumpai secara langsung, tetapi ruhnya masih bisa terasa. Semua umat muslim bersyukur akan lahirnya Rasulullah Muhammad sallallahu alaihi wasalam.

            Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasalam adalah sosok pemimpin yang mampu mengurusi urusan dunia dan akhirat dengan sangat baik dan cerdas. Melalui kepribadiannya yang luhur, beliau mampu mengemban amanah sekaligus memberikan teladan bagi umatnya. Ialah contoh yang tidak pernah lekang oleh waktu. Segala tindak tanduknya menjadi panutan bagi siapa saja. Bagi orang-orang yang mau berbenah untuk menjadi lebih baik. Bagi semua orang yang mau untuk terus dekat dengan Allah azza wajalla.

            Budi pekerti dan kepribadian yang agung menjadikannya dikenang hingga berabad-abad lamanya. Akhlak yang terpuji dan karakter islami yang dimiliki menjadikannya sebagai suri tauladan yang dicontoh oleh semua manusia. Bukan hanya umat muslim, orang-orang non muslim pun kagum dengan kehebatan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasalam. Mereka mampu melihat kehebatan beliau yang luar biasa yang mampu memberikan perubahan besar bagi umat manusia di dunia.

            Itulah sebabnya Rasulullah menjadi orang yang paling dicintai. Menjadi orang yang paling dirindukan syafaatnya. Setiap umat muslim yang mencintainya akan senantiasa mengikuti ajaran dan akhlaknya. Selain itu, tak lupa salawat dan salam selalu kita persembahkan untuk beliau yang bahkan di saat terakhirnya di dunia, beliau masih memikirkan kondisi umatnya.

            Wujud kecintaan kita kepada Baginda Rasulullah sallallahu alaihi wasalam tidak hanya di bibir saja, melainkan juga dalam tindakan sehari-hari. Apa pun yang menjadi sunnahnya selalu kita ikuti. Segala hal yang menjadi kecintaannya selalu kita cintai. Semua hal yang menjadi ajarannya selalu kita ikuti. Dialah pahlawan sejati yang tak pernah hilang dari hati. Namanya akan terus disebut-sebut dalam lantunan salawat yang indah.

            Di era moderen ini, kita dihadapkan dengan hal yang dilematis. Di satu sisi, perkembangan teknologi yang pesat membantu kita untuk berdakwah dengan mudah. Segala hal yang ingin kita ketahui bisa kita akses di mana saja dan kapan saja. Namun, di balik kemudahan itu, ada juga dampak negatifnya untuk manusia. Nilai kesopanan dan kesantunan mulai terkikis. Hal itu dikarenakan kita lebih sering berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Nilai hablum minannas yang Rasulullah sallallahu alaihi wasalam ajarkan kepada kita lambat laun mulai ditinggalkan karena kita lebih mementingkan interaksi di media sosial. Akan tetapi, bukan berarti kita menutup diri terhadap perkembangan zaman. Justru kita harus mampu beradaptasi dan memaksimalkan teknologi untuk kebaikan dan syi’ar Islam.

            Allah subhanahu wata’ala berfirman dalam Surah Al Fath ayat 10 “Bahwasanya orang-orang yang berjanji setia kepada kamu (Rasulullah) sesungguhnya mereka berjanji setia kepada Allah. Tangan Allah di atas tangan mereka, maka barangsiapa yang melanggar janjinya, niscaya akibat ia melanggar janji itu akan menimpa dirinya sendiri dan barangsiapa menepati janjinya kepada Allah, maka Allah akan memberinya pahala yang besar.” Oleh karenanya, mari kita terus mencontoh akhlak Rasulullah sallallahu alaihi wasalam yang telah beliau contohkan dan tertuang dalam Al Hadits yang indah.

 

Tentang penulis

Nike Shinta adalah anggota grup ODOJ G1621. Aktivitasnya adalah sebagai penulis dan pendidik. Karyanya dimuat dalam beberapa buku antologi bersama. Salah satu buku yang disusun bersama anggota penulis ODOJ adalah Kutemukan Cinta-Mu yang diterbitkan oleh Republika. Untuk menjalin silaturrahim bisa menghubungi media sosial instagram @nikeshintanoviyanti.