Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

RASULULLAH IS MY HERO

RASULULLAH IS MY HERO

  • 2020-10-23 10:27:04.600862
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Siapa yang terlintas di kepala Anda ketika ditanya tentang idola? Berbagai nama muncul menyeruak di pikiran. Tentu pribadi tersebut adalah sosok yang menjadi panutan, sehingga menimbulkan semangat agar bisa meniru kesuksesannya.

Masing-masing kita mempunyai teladan. Bisa dari orang tua, kerabat dekat, tetangga, tokoh masyarakat, dan lain sebagianya Berkaca kepada kepribadian dan akhlaknya, kita tak sekadar kagum, tetapi berusaha agar bisa meniru kebaikan yang dilakukannya.

Demikian pula Al-Qur'an mengajarkan kepada kita untuk memiliki idola. Karena dengan adanya sosok panutan, menjadikan kita memiliki contoh bagaimana memiliki budi pekerti yang luhur. Allah berfirman: "Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas akhlak yang agung."  (QS Al-Qalam [68]: 4).

Al-Qur’an Surat Al-An'am ayat 90 menyebutkan dalam rangkaian ayat-ayat-Nya 18 nama Nabi/Rasul. Setelah kedelapan belas nama disebut, Allah berpesan kepada Nabi Muhammad SAW: "Mereka itulah yang telah memperoleh petunjuk dari Allah, maka hendaknya kamu meneladani petunjuk yang mereka peroleh."  Karena itu pula sebagian ulama tafsir menyimpulkan, bahwa pastilah Nabi Muhammad SAW telah meneladani sifat-sifat terpuji para nabi sebelum beliau.

Bagi kita yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, sudah pasti bahwa sebaik-baik teladan adalah Nabi Muhammad SAW. Seluruh perilaku beliau adalah contoh pribadi agung, baik sebagai pemimpin ummat, pendakwah, pejuang, kepala keluarga dan pribadi qur'ani. Allah menjadikan beliau sebagai  teladan  yang  baik sekaligus sebagai syahid (pembawa berita gembira dan pemberi peringatan "Sesungguhnya terdapat dalam diri Rasul teladan yang baik bagi yang mengharapkan (ridha) Allah dan ganjaran di hari kemudian dan dia banyak menyebut Allah." (QS Al-Ahzab [33]: 2l).

Bahkan kita sebagai ummat Rasul, senantiasa bershalawat kepadanya, sebagaimana Allah dan para malaikat pun melakukannya. Sholawat bisa mengundang cintanya Allah. Shalawat mengundang pertolongan Allah. Dengan sholawat kita dapat doa dari malaikat. MaasyaaAllah.

Kita yang mencintai dan meniru akhlak orang tua saja, senantiasa mendoakannya. Apalagi mencintai dan mengidolakan Rasulullaah, tentu hasrat untuk mendoakan beliau tak akan pernah padam. "Allahumma Sholli Wa Sallim Wa Baarik 'Alaa Sayyidina Muhammadin Wa 'Alaa Aalihi Wa Ummatihi Ajma'iin."  Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan kepada keluarganya dan kepada ummatnya yang terdahulu, sekarang dan yang akan datang.

 

Tentang Penulis

Siska Artati adalah Penulis ODOJ 774 Fasil 03. Untuk dapat menghubunginya, bisa langsung kepoin IG: https://www.instagram.com/siskaartati?r=nametag, https://www.instagram.com/siska_mentorpaytren?r=nametag.