Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Kekuatan Orang-orang Lemah

Kekuatan Orang-orang Lemah

  • 2020-10-26 15:30:35.077485
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Oleh: @umarhidayat75


Diantara kelemahan manusia adalah manusia sering menipu dan tertipu oleh matanya sendiri. 
Hal ini terjadi bisa disebabkan matanya yang sakit atau persepsinya yang penuh kepentingan. 
Karena bagaimanapun pandangan mata ada hubungannya dengan akal dan hati manusia. Mata manusia bukanlah kamera yang sekedar menyajikan apa saja yang bisa ditangkapnya. Ketika mata melihat sesuatu lalu berpadu dengan persepsi akal dan kata hati, akan menghasilkan narasi yang berbeda.  

Begitupun saat kita melihat orang-orang yang lemah. 
Sekilas mereka lemah dalam persepsi dan pandangan kita. 
Wang sinawang. 
Boleh apa yang sesungguhnya terjadi adalah sebaliknya. 

Kadang dengan persepsi kita sendiri, kita memandang orang lain lemah dan memperlakukannya seperti orang yang sedang membutuhkan kita. Dan kita pada saat itu jumawa seperti pahlawan. Kita menjadi keliru bersebab persepsi kita sendiri.

Sekisah sahabat Mus'ab bin Sa'ad, seperti diriwayatkan Imam Bukhori. Dari Mush’ab bin Sa’ad, beliau berkata bahwa Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu memandang dirinya memiliki keutamaan di atas yang lainnya (dari kalangan para sahabat). Maka Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bukankah kalian ditolong (dimenangkan) dan diberi rezeki melainkan dengan sebab orang-orang yang lemah di antara kalian?”.

Demikian hadis ini diriwayatkan oleh al Imam al Bukhari, di dalam Shahih-nya, Kitab al Jihad was-Siyar, Bab Man Ista’ana bidh- Dhu’afa-i wash Shalihina fil-Harbi, nomer(2896)].

Mus'ab bin Sa'ad mengira ialah yang berjasa dalam kemenangan itu, tetapi Rasulullah berkata lain. Justru orang-orang lemahlah yang berjasa. Coba kita lihat dengan "perspektif lain", bahwa orang-orang yang lemah boleh jadi merupakan sumber kebaikan umat Islam. Mungkin tubuh mereka lemah, namun keimanan mereka kuat. Mungkin harta mereka minim, tetapi keyakinan dan kepercayaan mereka kepada Rabb kuat. Dengan sebab inilah, maka apabila mereka berdo'a dengan ikhlas, Allah pun mengabulkan do'a mereka. Boleh jadi dengan do'a mereka, Allah juga memberi rezeki kepada umat ini.

Hadits ini juga menandai tawadhu’ itu lebih baik dari pada terlalu "percaya diri" apalagi sombong kepada orang lain. Bahkan kadang punya kedudukan, jabatan, popularitas, harta banyak itu semuanya palsu kalau kita tidak mencintai, mengasihi, menolong orang-orang yang lemah. Berkat do'a-do'a orang-orang yang lemah (di antara) kita, Allah tolong ita dan Allah beri rizki kita.

Betapa banyak orang-orang yang kafir dan fajir diberi rezeki (oleh Allah), bahkan mereka pun ada yang diberi kemenangan (oleh Allah). Namun (itu semua) karena istidraj (pemberian kenikmatan sementara, agar mereka semakin sesat dan jauh dari petunjuk Allah). Bahkan terjadi pula pada kaum Muslimin kekalahan, namun hal ini agar mereka kembali dan bertaubat untuk beribadah dengan ikhlas (kepada Allah). Sehingga, justru mereka pun mendapatkan ampunan Allah dan keleluasaan (kemenangan) setelahnya. Maka ketahuilah, tidak setiap pemberian nikmat (dari Allah) merupakan penghormatan dan kemuliaan, sebagaimana tidak setiap musibah merupakan siksaan.

Sungguh benar firman Allah; "(Dalam pada itu manusia tidak menghiraukan balasan akhirat), oleh yang demikian, maka kebanyakan manusia apabila diuji oleh Tuhannya dengan dimuliakan dan dimewahkan hidupnya, (ia tidak mau bersyukur tetapi terus bersikap takabur) serta berkata dengan sombongnya: _"Tuhanku telah memuliakan daku!" Dan sebaliknya apabila ia diuji oleh Tuhannya, dengan disempitkan rezekinya, (ia tidak bersabar bahkan ia resah gelisah) serta merepek dengan katanya: "Tuhanku telah menghinakan daku!"
[Surat Al-Fajr :15-16].

Jangan neremehkan orang-orang kecil lagi lemah, sebab kita tidak tahu siapa yang lebih mulia di hadapan Allah. Sebab kita juga tidak tahu dari mulut siapa do'a itu dijabahi Allah. Kesombongan adalah awal petaka, dan ketawadhu'an itu menenangkan.


◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇
AIHQ - DK PSDM ODOJ
AIHQ/553/26/10/2020
oaseodoj@gmail.com
Fp : AIHQ Onedayonejuz

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸