Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Bila Bertawasul dengan Amal Sholih

Bila Bertawasul dengan Amal Sholih

  • 2020-11-16 13:37:18.783938
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Oleh: @umarhidayat75


Semakin meningkat taqwanya semakin Allah tuntaskan masalahnya.  

Sebagian kita mungkin menghadapi masalah belum tuntas, masih bertambah masalahnya. Bertubi datang silih berganti. 
Seperti benang kusit yang rumit terurai. Limbung tak ada kepastian bagaimana menyelesaikannya. 
Mari kita hadapi bersama. 
Jangan sendirian. Bahkan ayo ajaklah Allah menyelesaikan masalah kita. 

Sesiapa yang bertaqwa kepada Allah, Allah pastikan memberinya jalan keluar atas segala masalah yang dihadapinya 
(QS. Ath-Thalaq : 2-3 ), bahkan Allah berikan rezeki dari sumber yang tak disangka-sangka. Setiap kita bisa dipastikan mempunyai masalah. 
Sedang besar kecilnya masalah yang kita miliki sebangun dengan kualitas iman dan amal kita (tergantung tingkat ketaqwaannya). 

Mustahil ada orang yang tak punya masalah. Ada orang yang seolah tidak punya masalah, padahal banyak masalah, hanya saja bersebab ketaqwaannya sebelum ia merasakan masalahnya Allah sudah angkat masalahnya itu. Ada juga yang dihadapkan pada masalahnya tetapi bersebab ketaqwaannya Allah berikan dia ketenangan sehingga seolah tak ada masalah baginya. 

Jika kita sudah tak mampu melakukan sesuatu sebagai makhluk, ini pertanda dari Allah untuk kita meminta kepada sang Khaliq. 
Meminta kepada Allah bisa juga dilakukan dengan tawashul dengan amal sholih yang pernah kita lalukan. Dikisahkan dari Abul Yaman bahwa ia mendengar Syua’ib, dari Az-Zuhri, dari Salim bin Abdullah bahwa Abdullah bin Umar mendengar Rasulullah saw bercerita: 

Ada tiga orang yang sedang berjalan kaki. Mereka lantas kehujanan, sehingga berteduh di dalam gua yang terdapat pada sebuah gunung. Tiba-tiba, sebuah batu besar meluncur dari atas dan jatuh tepat di mulut gua tersebut. Mereka pun terkurung di dalamnya. Lalu setelah mencoba secara fisik mendorong batu itu tetapi tidak berhasil. Lalu mereka melakukan doa dengan disertai tawasul amal. 

Orang pertama adalah orang yang ahli berbakti kepada orang tua. Lalu berdoa; Jika Engkau mengetahui aku telah melakukan amalan tersebut hanya demi menemukan wajah-Mu, maka bukalah (mulut gua itu) agar kami dapat keluar dan melihat langit (bebas).' Allah kemudian membukakan sedikit (batu penghalang mulut gua). 

Orang kedua, orang yang menghindari zina, meski ada kesempatan untuk melakukannya, tetapi ia hindari karena takut kepada Allah. Lalu berdoa; Jika Engkau mengetahui aku telah melakukan amalan tersebut hanya demi menemukan wajah-Mu, maka bukalah (mulut gua itu) agar kami dapat keluar dan melihat langit (bebas). Allah kemudian membukakan sedikit (batu penghalang mulut gua). 

Orang yang ketiga; orang yang pandai menjaga amanah harta orang yang menjadi pegawainya. Lalu berdoa; Jika Engkau mengetahui aku telah melakukan amalan tersebut hanya demi menemukan wajah-Mu, maka bukalah (mulut gua itu) agar kami dapat keluar dan melihat langit (bebas). Allah kemudian membukakan sedikit (batu penghalang mulut gua). 

Akhirnya Allah kabulkan do'anya dan mereka bertiga bisa keluar dari dalam gua tersebut. Maka sungguh tak akan sia-sia bila kita beramal sholih, (dalam kisah tersebut termasuk juga meninggalkan kemaksiatan dan kemungkaran). Ibnu Taimiyah mengupas masalah ini secara mendetail dalam kitabnya Qoidah Jalilah Fii Attawasul  Wal wasilah hal 160. 

Al-wasilah yang diperintahkan dalam al-Qur’an adalah segala hal yang dapat mendekatkan seseorang kepada Allah Swt, yaitu berupa amal ketaatan dan ibadah yang disyariatkan oleh Allah dan Rasulullah Saw. 
(QS. Al-Maidah : 35).

Sebagaimana yang pernah dilakukan Nabi Ibrahim ‘As setelah membangun ka’bah kemudian berdoa/bertawassul dengan amalannya tersebut. 
QS. Al Baqarah:127;
رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ 

Mari saatnnya kita gencarkan kembali untuk beramal sholih, agar mudah di tolong Allah. 

Wallahu'alam bishowab....


◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇
AIHQ - DK PSDM ODOJ
AIHQ/559/16/11/2020
oaseodoj@gmail.com
Fp : AIHQ Onedayonejuz

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸