Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

HARMONI CINTA DALAM LANTUNAN AYATNYA

HARMONI CINTA DALAM LANTUNAN AYATNYA

  • 2020-12-03 22:58:24.50541
  • Administrator
  • Kegiatan

Semua orang pasti dianugerahi rasa cinta oleh Nya. Kebanyakan orang menumbuhkan rasa cinta dengan berbagai penyebab, diantaranya adanya keistimeawaan, kelebihan, kebaikan dari yang dicintainya. Lalu, pantaskah kita tidak mencintai Al Qur’an? Padahal didalamnya terdapat berbagai keistimewaan yang tidak ada tandingannya dengan kitab  lainnya. Segala hal pun dikupas dalam Al Qur’an. Dan yang lebih penting lagi, isi dari Al Qur’an tersebut bukan karangan dari sembarang orang. Namun, disitulah Kalamullah. Tentunya bukan hal yang biasa bukan?.

Setiap kita membaca lantunan Nya maka disitulah kita membaca surat cinta dari Nya. Bahkan, Nabi Muhammad pun bersabda, “Barangsiapa yang ingin bercakap cakap dengan Allah, hendaknya ia membaca Al Qur’an”. Lantas, apakah kita masih bermalas malasan untuk membaca Qur’an.

 Tidak dapat dipungkiri, manusia memang diliputi hawa nafsu sehingga sangat berat untuk melakukan kebaikan kebaikan termasuk untuk membaca Qur’an. Ketika membaca chat dari seseorang yang special sampai beberapa jam pun rasa kantuk mampu menghilang. Namun, ketika membaca Qur’an baru beberapa menit sudah lelah dan mengantuk.

Kita sering mendengar pepatah bahwa “bisa karena terbiasa”. Maka, cara yang cukup efektif agar kita mampu mengalahkan hawa nafsu agar istiqomah dalam membaca lantunanNya dengan pembiasaan. Artinya, kita harus terbiasa membaca Qur’an. Mengikuti komunitas ODOJ (One Day One Juz) adalah salah satu dari berbagai jalan yang dapat kita tempuh. Sebab , dalam komunitas ODOJ terdapat target untuk membaca Qur’an setiap hari. Ketika kita lupa, ada admin yang sangat sabar untuk selalu mengingatkan. Memang, awalnya terpaksa. Namun, setelah terbiasa dengan paksaan tersebut akan berubah menjadi sebuah kebutuhan. Sehingga mampu membaca serta menghayati maknanya dengan hati yang ikhlas.

Allah menurunkan Al Qur’an tentunya mempunyia maksud yang mendalam. Seperti yang ada dalam Q.S Al Isra’ ayat 82:“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

            Sangatlah tidak patut jika kita tidak bersyukur atas karunia Nya yang telah memilih kita untuk merasakan harmoni cinta dalam lantunan ayatNya. Maka dari itu, bacalah Qur’an, renungi setiap ayat ayat Nya dan amalkan dalam kehidupan kita.

 

Tentang penulis:

Indah Dwi Oktavianti adalah anggota grup ODALF G-455. Mahasiswi Pendidikan Agama Islam semester 5 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Musyrifah Pusat Ma’had Al Jami’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Salah satu penulis dalam antologi KUTEMUKAN CINTA-MU bersama para ODOJERS lainnya, diterbitkan oleh penerbit Republika. Temukan aktivitas Indah dalam ig nya: @indah.oktavianti

Sumber gambar: bincangsyariah.com