Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Menyemai Cinta Dalam Tilawah

Menyemai Cinta Dalam Tilawah

  • 2020-12-03 23:41:59.802131
  • Administrator
  • Kegiatan

Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.” (Qs. Al Muzammil : 4)
 

            Ayat ini begitu menghentak jiwa saya, betapa selama ini, tilawah yang saya lantunkan begitu terburu-buru, rasa ingin segera selesai masih sering menggelayuti saat membaca ayat demi ayat dari Al-Quran ini.

            Betapa malu, bagaimana saya bisa mengakui bahwa saya mencintai Al-Quran jika selama ini tilawah saya hanya sekedar rutinitas yang harus diselesaikan dan dilaporkan di grup ODOJ. Astaghfirullahal’adziim.

            Teman-teman, mari bersama kita mengevaluasi diri, bagaimanakah kita memperlakukan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari, dijunjung tinggikah? Atau hanya sekadar bacaan lalu tanpa makna? Semoga kita dijauhkan dari golongan yang kedua.

            Al-Quran adalah kalamullah yang suci, mu’jizat dari Allah untuk Nabi Muhammad Saw. Membacanya berbuah pahala, dengan mentadaburinya akan kita temukan oase untuk berbagai permasalahan kehidupan.

            Al-Quran adalah surat cinta dari Allah untuk hamba-Nya. Kita sebagai hamba Allah seyogiyanya harus menerima surat cinta itu dengan penuh cinta. Bagaimana agar kita dapat mencintai Al-Quran? Adalah dengan membacanya secara tartil, menelusuri makna yang terkandung di dalamnya, mempelajari tafsirnya, menghafalnya dan mengamalkan isinya.

            Mari sahabat, mulai saat ini, kita perbaiki tilawah kita, kita semai cinta dalam setiap lantunan ayat suci Al-Quran yang kita baca, perlahan-lahan saja, selami setiap huruf yang kita eja, rasakan suara tilawah kita, resapi setiap maknanya.

            Akan selalu ada pesan khusus yang ditujukan untuk kita, jika kita bersungguh-sungguh dalam bercengkrama dengan Al-Quran, akan selalu ada getar halus saat lantunan tilawah diperdengarkan.

            Liputi hari-hari kita dengan tilawah yang menggemakan asa, cita dan cinta. Hiasi hari-hari kita dengan tilawah yang menggetarkan jiwa dan membeningkan hati. Jadikan tilawah Al-Quran sebagai sebuah sarana untuk rehat dari kepenatan dunia, jadikan tilawah sebagai tempat kembali untuk mengisi amunisi agar kita dapat melalui kehidupan dengan penuh optimisme.

            Semoga kita menjadi hamba-hamba Allah yang senantiasa mencintai Al-Quran. Aamiin allahumma aamiin.

***

Penulis bernama lengkap Siti Setiawati. Lebih akrab dipangil Tia, tinggal di Kota Sukabumi. Najma Rain Hawari adalah nama pena penulis yang juga digunakan sebagai nama di akun media sosialnya. Merupakan admin ODOJ Grup 579 dan 1933 Fasil 05. Tulisannya termuat dalam beberapa buku antologi, salah satunya buku bersama para odojer yang berjudul “Kutemukan Cinta-Mu” yang diterbitkan oleh Republika.

 

sumber gambar : https://nurulfalaahsoreang.wordpress.com/tag/cinta-alquran/