Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Menjaga Ukhuwah Adalah Jalan Menuju Surga

Menjaga Ukhuwah Adalah Jalan Menuju Surga

  • 2021-01-04 20:43:29.699328
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Oleh: @rochma_yulika


Aku berdoa diantara tangis yang menggerimis. 
Rinai air mataku sulit dibendung lantaran memikirkan akhir hidupku nanti seperti apa. Seberapa amal yang akan kita bawa? Seberapa bekal yang kita jadikan pengetuk pintu surga. Seberapa manis akhlakku kepada sesama? Betapa khawatirnya aku akan akhiratku.

Sementara kita tahu banyak orang yang berkata ingin membawa bekal terbaik agar masuk surga tapi abai tentang amal yang ringan tapi berat timbangannya. Apakah itu? Hal itu adalah ukhuwah. 
Allah sudah berjanji melalui Rasulullah bahwa orang yang berukhuwah dengan sebaik-baiknya maka ada jaminan surga untuknya. 

Namun ada di sekitar kita, diantara lingkaran hidup kita. 
Ada yang tak peduli tentang ukhuwah. Mereka masa bodoh. Bagi mereka cukup beribadah dengan khusyu' serta tilawah yang banyak karena dipahami hanya hal itu yang bisa menyelamatkan dirinya dari api neraka.

Teringat lekat atas nasihat Ibnul Qayyim Al Jauzi. Beliau berkata, "Baiknya hubungan seorang hamba dengan yang ada di langit akan berdampak baik pada hubungan seorang hamba pada sesama. Bahkan ditegaskan lagi oleh beliau bahwa jika ingin melihat takaran agama seseorang maka lihatlah bagaimana ia berakhlak pada sesama."

Sungguh...
Menjadi bahan evaluasi bersama seberapa tulus kita beribadah dan seberapa khusyu' nilainya dilihat dari akhlaknya. Jadi bukan jaminan ada orang yang nampak dari kuantitas luar biasa ibadahnya tapi masih saja menghina, merendahkan, bahkan senang bermusuhan. Ukhuwah merupakan saudara iman, sedang perpecahan adalah saudara kekafiran. Na'udzubillahi min dzalik.

Maka...
Ingin kujaga iman agar ukhuwah tersemaikan.
Ingin kujaga aqidah agar persaudaraan semakin menawan.

Dan Imam syahid Hasan al-Banna mengatakan dalam Risalatut Ta’alim, “Yang dikehendaki dari ukhuwah adalah terjalinnya hati dan ruh dengan jalinan aqidah karena aqidah adalah jalinan yang paling kokoh dan paling mahal.

Awal dari kekuatan adalah kekuatan persatuan, sementara persatuan itu tidak akan ada tanpa cinta. Serendah-rendahnya cinta adalah lapang dada dan yang tertinggi adalah itsar.

Saudara yang shalih akan melihat saudaranya lebih utama dibanding dirinya sendiri karena bila tidak bersama mereka, mereka bersama dengan yang lain.

Sementara mereka, kalau tidak dengannya maka akan dengan selainnya. Sesungguhnya serigala hanya akan memakan kambing yang menyendiri.

Mukmin yang satu bagi mukmin yang lain ibarat bangunan, sebagiannya menguatkan sebagian yang lain. Demikian seharusnya yang terjadi.”

Keindahan ukhuwah akan terasa bila diri kita selalu berjuang untuk menjaga keutuhannya walaupun ada banyak prahara yang ingin merenggutnya. Mari kita jaga rajutan persaudaraan ini hingga Allah memuliakan kita di kehidupan setelah kematian. Masya Allah.


◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇
AIHQ - DK PSDM ODOJ
AIHQ/573/04/01/2021
oaseodoj@gmail.com
Fp : AIHQ Onedayonejuz

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸