Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

MANUSIA MAKHLUK SEMPURNA

MANUSIA MAKHLUK SEMPURNA

  • 2020-08-10 21:03:49.526744
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah


Manusia adalah makhluk yang Alloh SWT ciptakan dengan sempurna. Manusia tercipta dilengkapi dengan akal pikiran untuk berpikir, hati untuk merasa dan jasad atau badan untuk beraktivitas dalam kebaikan.

Namun adakalanya manusia lupa menempatkan dimana ia seharusnya. Terkadang akal pikiran dibiarkan kosong tanpa dibekali makanannya yaitu ilmu. Ataupun jasad/badan yang diarahkan pada kegiatan bermaksiat kepada Nya. Dan hati terkadang ia dibiarkan kotor oleh prasangka buruk  ataupun dengki yang membara. Maka, dimanakah letak kesempurnaan manusia?

Dikatakan dalam sebuah kata mutiara, bahwa manusia  memang tempatnya khilaf dan lupa. Manusia mulia pertama Nabi Adam a.s dan istrinya pun pernah khilaf dan lupa tergoda oleh rayuan kekekalan iblis. Alloh SWT berfirman menceritakan bagaimana iblis menipu Adam dan istrinya, Kemudian Setan membisikan (pikiran jahat) kepadanya, dengan berkata "Wahai Adam,maukah engkau aku tunjukkan kepada pohon keabadian dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (QS. Thaha: 120)  

Bahkan Nabi kita, seorang pemimpin akhir zaman,  pemilik tempat terpuji yang telah Alloh SWT jamin dengan syurga Nya, pernah melakukan kekhilafan dengan bermuka masam dan berpaling karena datang seorang yang buta kepadanya. Alloh SWT langsung menegur Nabi Muhammad sebagaimana dalam QS. 'Abasa: 1-2. 

Ini hanyalah sebagian kecil contoh realita kekhilafan yang terjadi kepada para Nabi dan Rasul yang memiliki keteguhan hati yang kuat. Maka kita sebagai manusia biasa sudah barang tentu pasti pernah mengalaminya. 

Oleh karena itu, kita sebagai manusia biasa yang mengharapkan gelar mukmin sudah seharusnya kita menunjukan kesempurnaan penciptaan kita dengan saling mencintai sesama muslim, melihat kelebihan orang lain dan menghormatinya sebagai manusia, serta menutupi aib saudara kita dengan memperkecil kesalahannya dan memaafkannya.
 
#Mari berlomba-lomba dalam kebaikan.

Evi Fadillah Nur
Instagram: ummu_fairuz81
Dep. Training PSDM

OSM-1729/08/2020 09 Agustus 2020