Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

MEMAAFKAN

MEMAAFKAN

  • 2021-05-04 10:03:57
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Perihal memaafkan memang tidak mudah dilakukan, apalagi pada orang yang melakukan kesalahan. Tak dapat dielak bahwa semua orang pasti pernah disakiti seseorang. Bahkan setingkat Nabi Muhammad pun seringkali disakiti oleh kaum kafir Quraisy. Maka, sungguh tidak mengherankan jika kita disakiti seseorang, tapi dalam menanggapi hal tersebut beda beda jalannya. Sebagian orang memilih jalan memaafkan meskipun disakiti terus terusan. Jalan inilah yang dicontohkan oleh suri tauladan kita yakni Nabi Muhammad SAW. Namun, sebagian orang yang lain menyimpan sakit hati yang berkepanjangan sehingga merambah ke penyakit hati layaknya dendam.

 Lantas, kita mau pilih yang mana? Pilihan sudah ada di tangan masing masing.

Sungguh beruntung ketika kita bisa memaafkan, karena banyak manfaat yang bisa kta rasakan. Diantaranya hati menjadi lebih tenang, tidak ada beban hidup sehingga menjalani kehidupan pun dengan bahagia. Selain sehat secara bathiniyah, lahiriyah juga akan sehat dengan izin Allah. Hubungan kita dengan sesama manusia akan terjalin dengan baik. Sebab Allah tidak hanya memerintahkan untuk hablum minallah tapi juga hablum minan naas. Coba kalau kita tidak memaafkan, berapa banyak kemudharatan yang akan kita terima. Hidup kita tidak akan tenang dan terus dihantui rasa sakit hati. Sehingga  berefek pada kesehatan lahiriyah kita juga. Hubungan kita dengan seseorang pun tentunya menjadi tidak baik.

Memaafkan termasuk salah satu perilaku orang yang bertaqwa. Seperti yang dijelaskan dalam Q.S Ali Imron ayat 134: “(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.”

Yuk mulai sekarang belajar untuk memaafkan. Memang berat, tapi ketika kita tau manfaatnya InsyaAlloh mudah untuk menjalaninya. Apalagi idul fitri akan segera tiba. Peluang untuk saling memaafkan sangat banyak di hari bahagia itu. Manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk memaafkan siapapun dan jangan lupa juga untuk meminta maaf. Karena terkadang secara sadar atau tidak sadar kita melakukan kesalahan pada orang lain.

Semoga kita termasuk orang yang mudah untuk memaafkan. Aamiin…

 

BIODATA PENULIS

Indah Dwi Oktavianti, mahasiswi Pendidikan Agama Islam semester 6 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Anggota grup Odalf G-455. Salah satu penulis dalam antologi Kutemukan Cinta-Mu bersama para Odojers lainnya Temukan aktivitas penulis dalam ig nya: @indah.oktavianti