Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Ramadhan 3M

Ramadhan 3M

  • 2021-05-08 13:06:39
  • kepenulisan
  • Kegiatan

Waktu terasa cepat sekali bergulir. Ramadhan tahun lalu seperti baru kemarin. Lha sekarang udah Ramadhan lagi. Adanya pandemi ini bikin kita rebahan terus sih, jadinya gak terasa tuh udah berganti tahun. Hihihi. Oh iya, jangan lupa tetap jaga kesehatan, ya. Di mana pun tetap patuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun, dan Menjaga jarak). Kita memang sudah sering dengar perihal 3M itu, tapi gak ada salahnya kan, kalau kita tetap patuh dan saling mengingatkan, megingat penambahan kasus Covid-19 masih terus terjadi.

Ngomong-ngomong soal 3M, Ramadhan kali ini isi juga yuk dengan 3M. Apaan ya? 3M versi Ramadhan kali ini adalah Menjalankan ibadah puasa, Membaca Al Qur’an, dan Memanen pahala. Wah udah lengkap tuh 3M-nya. Ayo, kita uraikan satu per satu.

Pertama, menjalankan ibadah puasa. Kita semua udah tahu pastinya kan, kalau puasa itu hukumnya wajib bagi setiap muslim. Kalau masih belum terlalu yakin, coba deh buka Al Qur’an surah Al Baqarah ayat 183. Iya, benar, ayat itu udah sering banget kita dengar dari Pak Ustad, guru agama, dan guru ngaji kita. Namun, ada lagi lho perintah puasa selain di ayat itu, yaitu di surah Al Baqarah ayat 185. “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (Al Baqarah: 185).

Kedua, membaca Al Qur’an. Seperti yang tertera pada ayat di atas, Al Qur’an itu diturunkan pada bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. Peristiwa ini kita kenal dengan sebutan Nuzulul Qur’an. Karena bulan Ramadhan adalah bulan Al Qur’an, alangkah baiknya dan alangkah mulianya jika kita isi dengan perbanyak tilawah Al Qur’an. Yang sebelumnya cuma beberapa ayat saja, di bulan Ramadhan ini coba ditambah deh menjadi satu juz per hari. Yang biasanya satu juz per hari, ditambah 3 juz per hari. Maasyaa Allah ... keren banget, kan. Sebulan bisa beberapa kali khatam.

Ketiga, memanen pahala. Kok seperti di sawah aja, pakai istilah panen. Tapi memang benar lho. Bulan Ramadhan ini Allah subhanahu wata’ala melipatgandakan pahala orang yang menjalanan ibadah. Jangankan ibadah, tidurnya orang yang berpuasa aja berpahala. Tapi sayang kan, kalau bulan yang suci mulia ini kita isi dengan perbanyak tidur dan rebahan. Lebih baik perbanyak sedekah, ibadah, dan tilawah. Kalau kita bekerja, itu pun akan bernilai ibadah dan pahalanya juga akan ditambah, asal kerjanya halal, ya. Sayang banget pokoknya kalau bulan Ramadhan ini tidak kita isi dengan ibadah dan kegiatan yang positif. Saatnya panen pahala sebanyak-banyaknya dan raih doorprize berupa surga-Nya kelak, Insyaa Allah. Aamiin. Mumpung Ramadhannya masih ada, coba kita katakan pada diri kita sendiri, “Ramadhan kali ini harus lebih baik dari Ramadhan sebelumnya.” Semoga kita semua bisa meraih kemenangan yang hakiki di bulan suci nan mulia ini. Aamiin. Jangan lupa Ramadhan 3M-nya dipraktikkan ya!

 

Tentang penulis:

Nike Shinta adalah anggota grup ODOJ G1621. Aktivitasnya adalah sebagai penulis dan pendidik. Karyanya dimuat dalam beberapa buku antologi bersama. Salah satu buku yang disusun bersama anggota penulis ODOJ adalah Kutemukan Cinta-Mu yang diterbitkan oleh Republika. Untuk menjalin silaturrahim bisa menghubungi media sosial instagram @nikeshintanoviyanti.