Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Silaturahmi di Masa Pendemi

Silaturahmi di Masa Pendemi

  • 2021-05-18 11:13:24.912378
  • Administrator
  • Kegiatan

Ramadhan sudah sampai di penghujungnya, langit syawal sudah menyapa. Idul Fitri kedua di masa pendemi, tentu saja berbeda dengan idul fitri tahun-tahun sebelumnya. Tetapi tentu saja kekhususan moment ini tetap harus di lalui dengan penuh kekhusyuan.

Idul fitri identik dengan saling memaafkan dan bersilaturahmi. Ada dua penyebutan kata silaturahmi yaitu silaturahmi dan silaturahim. Ketika ingin berkunjung ke rumah orang tua atau kakek dan nenek atau saudara kita, sebutannya adalah silaturahim. Sementara jika berkunjung ke rumah teman, maka penyebutannya adalah silaturahmi.

Dalil tentang silaturahim ini terdapat dalam QS. Annisa: 1, yang artinya :

“Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.”

            Meski di masa pendemi, kita tetap harus bersilaturahmi. Karena silaturahim ini memiliki banyak keutamaan yaitu di antaranya merekatkan tali persaudaraan, menambah saudara seiman, mendatangkan keberkahan dan memperpanjang umur.

Tata cara bersilaturahmi tidak lagi harus bertemu secara fisik, karena pemerintah pun sudah menetapkan peniadaan mudik. Di masa pendemi ini, silaturahmi dilakukan secara virtual, menggunakan aplikasi yang memungkinkan banyak orang terhubung dalam satu waktu.

            Kalau pun kita harus bersilaturahmi ke rumah orang tua yang masih dalam satu kota, kita dapat melaksanakannya dengan mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

            Mari kita sama-sama berdoa, semoga pendemi ini segera berlalu, agar kita bisa kembali bersilaturahim dengan bertatap muka secara langsung. Aamiin.

            Taqobballallahu minna waminkum shiyamana wa shiyamakum, taqobbal ya Karim.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Mohon maaf  lahir batin, semoga kita bisa menjadi hamba-hamba Allah yang bertaqwa.

 

Penulis : Tia Admin ODOJ 579 & 1933 FASIL 05.
Nama Pena : Najma Rain Hawari
IG : @najmarainhawari

***

Penulis bernama lengkap Siti Setiawati. Lebih akrab dipangil Tia, tinggal di Kota Sukabumi. Najma Rain Hawari adalah nama pena penulis yang juga digunakan sebagai nama di akun media sosialnya. Merupakan admin ODOJ Grup 579 dan 1933 Fasil 05. Tulisannya termuat dalam beberapa buku antologi, salah satunya buku bersama para odojer yang berjudul “Kutemukan Cinta-Mu” yang diterbitkan oleh Republika.