Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Buah dari Ramadhan

Buah dari Ramadhan

  • 2021-05-26 07:39:19
  • Administrator
  • Kegiatan

Selama 30 hari kita dididik untuk melakukan amalan kebaikan secara konsisten. Di bulan Ramadhan kita dilatih untuk berpuasa, membantu orang lain dengan berzakat, banyak bersedekah, membiasakan diri kita untuk bisa tilawah, salat tahajud, dhuha, dan amalan sunnah lainnya. Waktu 30 hari menjadi waktu yang sangat cukup untuk membiasakan diri kita melakukan kebiasaan yang baik dan akan terus dilanjutkan. Amalan yang dicintai Allah adalah amalan yang dikerjakan secara berkelanjutan.

Ramadhan boleh berlalu, namun kebiasaan baik yang sudah kita lakukan di bulan Ramadhan jangan ditinggalkan. Bukti dari kesungguhan ibadah kita di bulan Ramadhan dapat dilihat dari amalan ibadah kita di 11 bulan berikutnya. Tanda amalan kita diterima oleh Allah adalah kita diizinkan untuk bisa terus melakukan kebaikan setelahnya sehingga kita merasa tidak puas dan ingin terus melakukan kebaikan lainnya lagi. Kita juga khawatir jika amalan ibadah kita tidak diterima, maka sudah seharusnya kita senantiasa melakukan amal shalih secara terus menerus dan memang kehidupan ini sejatinya untuk terus melakukan kebaikan sebagai bekal kita menuju kehidupan yang abadi yaitu akhirat.

Cara yang bisa kita lakukan setelah Ramadhan adalah kita melanjutkan puasa 6 hari di bulan Syawal. Dalam Hadits disebutkan bahwa:

“Barang siapa yang berpuasa ramadhan kemudian berpuasa 6 hari di bulan syawal, maka baginya (ganjaran) puasa selama setahun penuh” (H.R. Muslim).

Setelah puasa 6 hari di bulan syawal, kita bisa merutinkan ibadah lainnya diantaranya tilawah, salat tahajud, dhuha, rawatib, sedekah, dan lain-lain. Tidak apa-apa sedikit namun dilakukan secara konsisten. Amalan yang dikerjakan secara konsisten akan membuat kita ikhlas dalam mengerjakannya dan menjadikan kebiasaan baik ini sebeagai kebutuhan. Setelah kita konsisten melakukan amal shalih, tugas kita selanjutnya mengajak orang-orang di sekitar juga untuk bisa konsisten melakukan amal shalih. Tidak cukup jika kita baik seorang diri karena surga sangat luas dan lebih nikmat jika kita bisa berkumpul di surga bersama-saama. Semoga selepas Ramadhan ini, kita semua menjadi insan yang bertaqwa, semakin bersemangat dalam melakukan kebaikan hingga ajal menjemput. Bismillah semoga Allah beri kita kekuatan dan keistiqamahan dalam hal kebaikan.

 

Biodata Penulis

Penulis bernama Laila Rizki Hanantya yang berasal dari grup G-88O. Seorang youngpreneur dan mahasiswa tingkat akhir. Jika ingin saling berbagi kisah motivasi, penyemangat bisa dihubungi via media sosial instagram @lailariztya.