Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Tak Ada Manusia yang Sempurna

Tak Ada Manusia yang Sempurna

  • 2020-08-31 15:34:19.792866
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Oleh: @rochma_yulika

Ketika kita nampak hebat bukan karena kemampuan yang kita miliki namun karena aib-aib kita sedang ditutupi oleh Allah.

Kita merasa bangga dengan yang ada pada diri kita padahal kita juga tahu bahwa tiada daya dan kekuatan hanya datang dari-Nya.

Maka apa yang kita sombongkan? Dan apa yang kita banggakan? Tak perlu kita berbuat demikian. Bahkan dengan perasaan yang hadir tentang hebatnya diri bisa menjadi jalan pembenaran atas apa saja yang kita lakukan. Merasa perkataan benar, merasa tindakan selalu benar dan akhirnya melihat orang lain remeh serta mudah menyalahkan.

Harusnya kita selalu sadar bahwa bila ada kebenaran dari kita tak lain karena pertolongan Allah sementara bila ada kesalahan tak lain dari kelemahan pribadi kita.

Bila iman telah bersemayam dan semakin menguat selayak akar yang menghunjam ke bumi maka hati semakin menunduk karena banyak mengoreksi kesalahan diri. Bukan sebaliknya, kita akan sibuk mencari kesalahan oranv lain dan adakalanya hal itu dilakukan untuk pembenaran diri juga. Terlalu naif bila hal itu kita lakukan padahal mengaku beriman.

Muhammad bin Manazil rahimahullah berkata:

‎الْمُؤْمِنُ يَطْلُبُ مَعَاذِيرَ إِخْوَانِهِ ، وَالْمُنَافِقُ يَطْلُبُ عَثَرَاتِ إِخْوَانِهِ 

“Seorang mu’min itu mencari udzur (alasan-alasan baik) terhadap saudaranya. Sedangkan seorang munafik itu mencari-cari kesalahan saudaranya”_ (HR. Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman no.10437).

Bila kita beriman mari jaga diri dari perilaku tercela. Jangan mudah mencari kesalahan saudara kita. Lihatlah kebaikan yang pernah dilakukannya.

Nasihat Abi bin Abi Thalib _“Kesalahan terburuk kita adalah ketertarikan kita pada kesalahan orang lain "_

Bila kita lihat hal yang buruk dari saudara kita tuliskan di atas pasir biarlah angin menerpanya hingga tulisan tak lagi ada. Namun bila ada hal yang baik dari saudara kita tuliskan kebaikannya di atas batu agar terukir indah agar waktu bersaksi atas kebaikannya.

◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇

AIHQ - DK PSDM ODOJ

AIHQ/540/31/08/2020

oaseodoj@gmail.com

Fp : AIHQ Onedayonejuz

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸