Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Bila Hidup Berjumpa Kesulitan

Bila Hidup Berjumpa Kesulitan

  • 2020-09-03 12:28:32.255846
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Perjalanan hidup yang kita alami selalu berpasangan. Kita bertemu gelap dan terang, sulit dan mudah, suka dan duka, lapang dan sempit, bahagia dan nestapa. Masih banyak lagi keadaan yang berlawanan melintasi hidup kita. Sangat wajar jika kita sangat mudah menerima kesenangan dibanding dengan kesedihan. Tapi bagaimana pun juga kita harus memersiapkan diri dalam segala keadaan walaupun harus menitikkan air mata.

Allah pengatur kehidupan. Semua yang direncanakan akan membawanya pada kebaikan. Hanya kita yang terkadang kurang sabar dalam menerima ketetapan.

Bila hidup berjumpa kesulitan. Allah sudah siapkan kemudahan. Kita tahu dalam surat al insyiroh dikatakan hingga dua kali. Maka setelah kesulitan Allah datangkan kemudahan. Hingga sampai pada kemudahan butuh yakin dan berpikir positif bahwa alur hidup akan berubah. Yang sulit akan jadi mudah. Yang sedikit akan semakin meruah. Yang dirasa sempit akan membawa berkah.

Tinggal kita perbanyak dzikir dan doa. Diri akan dekat dengan-Nya. Harapan pun akan segera menjelma.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, bagaimana para sahabat senantiasa menangungkan kalimat-Nya agar terlepas dari kesulitan yang ada.

"Muhammad bin Al-Mutsanna, Ibnu Basysyar dan Ubaidullah bin Said lafazh hadits dari Ibnu Said telah memberitahukan kepada kami, mereka berkata, Muadz bin Hisyam telah memberitahukan kepada kami, bapakku telah memberitahukan kepada saya, dari Qatadah, dari Abu Al-Aliyah, dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam mengucapkan ketika dalam kesulitan, "La Ilaha Illallahul Azhimul Halim, La Ilaha Illallahu Rabbul Arsyil Azhim, La Ilaha Illallahu Rabbus Samawati wa Rabbul Ardhi wa Rabbul Arsyil Karim (Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Agung lagi Lemah-Lembut, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan Pemilik Arsy yang agung, Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah Tuhan pemilik langit dan bumi, dan pemilik Arsy yang mulia)." (HR. Al-Bukhari, Muslim, At-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Ibnu Abbas mengatakan, "Hadits ini agung. Dzikir yang ada dalam hadits di atas harus diperhatikan dan diperbanyak mengucapkannya ketika dalam kesulitan, dan ketika menghadapi perkara-perkara yang besar."

Ath-Thabari berkata, "Kaum salafush-shalih selalu berdoa dengan hal itu dan mereka menyebutnya doa ketika dalam kesulitan."

Maka tiada yang sulit jika kita hanya bergantung pada Allah swt.

 

◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇•◇◇

AIHQ - DK PSDM ODOJ

AIHQ/541/03/09/2020

oaseodoj@gmail.com

Fp : AIHQ Onedayonejuz

🔸🔹🔸🔹🔸🔹🔸