Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Cinta dan Pengorbanan

Cinta dan Pengorbanan

  • 2021-07-19 07:50:34
  • Administrator
  • Kegiatan

Alhamdulillah, kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah, bulan yang agung. Setiap memasuki bulan ini, selalu ada rasa rindu, rindu untuk bisa melaksanakan rukun islam kelima yaitu menunaikan ibadah haji ke tanah suci.

Sebagai salah satu kesungguhan kita adalah dengan mulai menyiapkan diri, menabung kemudian mendaftar porsi haji. Tentu saja tidak lupa, kita harus terus berdoa agar Allah mudahkan dan segerakan untuk dipanggil beribadah ke Mekkah dan Madinah.

Selain tentang kerinduan, bulan Dzulhijjah pun mengingatkan kita akan sebuah pengorbanan. Pengorbanan yang luar biasa dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Sebuah pengorbanan yang akhirnya menjadi awal syariah untuk berqurban.

Berqurban adalah salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai salah satu wujud rasa syukur atas karunia yang Allah berikan. Dalil tentang berqurban terdapat dalam QS. Al-Kautsar yang artinya sebagai berikut:

“Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri pada Allah).”

Hikmah berqurban selain untuk mendekatkan diri kepada Allah dan bentuk rasa syukur, yaitu qurban dapat menghapus dosa, mensucikan diri dan harta benda serta menyadarkan kita bahwa segala sesuatunya akan kembali kepada Allah.

Berqurban adalah tanda cinta kepada Allah dan kepada sesama. Berqurban harta dalam bentuk hewan ternak, agar bisa berbagi kepada tetangga dan saudara. Hal ini dapat mengeratkan rasa cinta kasih diantara sesama.

Berniatlah dalam hati agar Allah mampukan untuk berqurban setiap tahun dan Allah mampukan juga menunaikan ibadah haji dan umroh. Semoga senantiasa diberi kemudahan dan diberkahkan rezekinya. Aamiin.

 

***

Penulis bernama lengkap Siti Setiawati. Lebih akrab dipangil Tia, tinggal di Kota Sukabumi. Najma Rain Hawari adalah nama pena penulis yang juga digunakan sebagai nama di akun media sosialnya. Merupakan admin ODOJ Grup 579 dan 1933 Fasil 05. Tulisannya termuat dalam belasan buku antologi, salah satunya buku bersama para odojer yang berjudul “Kutemukan Cinta-Mu” yang diterbitkan oleh Republika.