Choose Your Color

Informasi

Info Kominex

Sosialisasi Notulensi Konferensi Kormin 2.0 Komunitas ODOJ

Sosialisasi Notulensi Konferensi Kormin 2.0 Komunitas ODOJ

  • 2021-07-26 09:48:23
  • kepenulisan
  • Info Kominex

Kominex 3518/II/07/2021
Tanggal : 23 Juli 2021
Perihal   : Sosialisasi Notulensi Konferensi Kormin 2.0 Komunitas ODOJ
Tujuan   : Kormin dan Admin Komunitas ODOJ

####################

Assalamualaikum Wr. Wb.

Berikut adalah butir-butir penting yang menjadi kesepakatan Forum Konferensi Kormin Ke-2, pada hari Ahad tanggal 11 Juli 2021, diantaranya:

Sesi 1 : Tata Kelola dan Peningkatan Produktivitas Perekrutan Calon ODOJer (CO)

1. Kormin dan/atau PJ CO Fasil menyampaikan laporan dinamika CO pada pekan berjalan (bukan dari rapor pekanan Fasil) sesuai periode tilawah (Ahad ke Sabtu), secara berjenjang dari Fasil—Departemen Kormin—Bidang Kormin—Departemen Pendaftaran.

2. CO yang dilaporkan meliputi jumlah anggota yang masuk baik diperoleh secara mandiri oleh Tim Fasil maupun kiriman dari Departemen, dan jumlah anggota yang keluar pada pekan berjalan. Sehingga diperlukan kecermatan dan kesabaran PJ CO Fasil dalam mencatat dan merekap fluktuasi jumlah anggota berdasarkan laporan dari para Admin. 

3. Departemen Kormin memastikan dan melakukan pemantauan akan ketersediaan dan berfungsinya PJ CO tiap Fasil.

4. Dalam rangka meningkatkan produktivitas penjaringan CO di tiap Fasil/Departemen, beberapa hal yang harus menjadi perhatian yaitu:
a. Membangun kesamaan persepsi akan kondisi fasil, kesamaan tujuan akhir (goal) antara Kormin dan pengurus inti Fasil beserta para Admin. 

b. Melakukan terobosan/kreativitas baru dengan menjadikan peluang sebagai kekuatan tim.
contoh : berdayakan para Asmin untuk ikut membantu dalam perekrutan CO, sedangkan para admin didorong untuk fokus dalam upaya penjagaan (riayah) dan pembinaan (tarbiyah) member yang ada (penjagaan member).

c. Wawancara yang detail terhadap CO, terutama mengenai "modal tilawah" sebelumnya, sebagai informasi penting bagi Kormin/PJ CO/Admin dalam mengarahkan program tilawah yang cocok. 

5. Departemen Kormin secara berkala dan konsisten melakukan pemantauan, evaluasi, dan pendampingan (coaching) kepada Fasil yang menjadi binaanya. Jika secara top down belum berjalan optimal, maka Kormin dapat meminta Departemen untuk dapat melakukan pemantauan, evaluasi, dan pendampingan. 

Sesi 2 : Kolaborasi dalam Mencapai Target KPI (90% grup sehat dan 90% tingkat kholas)

1. Meningkatkan kepedulian terhadap terhadap struktur di bawahnya secara berjenjang, dari Bidang—Departemen (dan Divisi)—Fasil. Dalam konteks Fasil, Kormin agar terus meningkatkan kepeduliannya terhadap Fasil, dan seluruh Admin yang menjadi binaannya. 

2. Hal-hal yang perlu dilakukan oleh Kormin secara intensif diantaranya:
a. Memenuhi kebutuhan struktur Pengurus Inti (BPH) Fasil sesuai kebutuhan mendasar dalam mengelola Fasil, sebagai contoh: Kormin, AsKormin, Sekretaris Fasil, PJ CO, Tim Recovery Fasil (TRF), dan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan SDM.

b. Memberikan dukungan tidak hanya ke Admin, melainkan juga ke para Asmin. Berdayakan para Asmin, fasilitasi dengan program-program peningkatan kapasitas diri sehingga Asmin siap untuk dikader dan dimanfaatkan sebagai Admin pada saatnya. 

c. Melakukan bedah rapor secara berkala. Sebagai bagian dari upaya pemantauan, evaluasi, dan pendampingan (coaching) terhadap para Admin.

d. Melakukan kunjungan silaturahmi ke Fasil lain untuk menyerap inspirasi sehingga mendapatkan pencerahan dan energi baru dalam mengelola dan membina Fasil amanah. 

e. Memasifkan ikhtiar perekrutan CO baru, dengan sekuat tenaga tetap menjaga dan membina yang ada. 

f. Menyampaikan kepada para Admin untuk anggota yang tidak aktif laporan agar diberikan perhatian lebih, dan diberikan kesempatan sekitar 2 (dua) pekan untuk tetap berada di dalam list tilawah grup. Sehingga, jika para Admin ingin menghapus anggota dengan kondisi tersebut, diberikan kewenangan paling cepat 2 (dua) pekan secara berturut-turut dari hari pertama tidak laporan. Untuk Admin program tilawah ODOJ, agar menawarkan para anggota dengan kondisi tersebut ke program tilawah OS/ODALF.

3. Departemen Kormin agar merancang dan melaksanakan program "Saling Bantu" antar Fasil. Program yang dimaksud yaitu memberikan tantangan baru bagi fasil-fasil yang dianggap sudah selesai dengan indikator evaluasi rapor pekanan, memenuhi target indikator 90% grup sehat dan tingkat kholas anggota. Tantangannya adalah bagaimana Fasil yang dianggap sudah mapan, mampu membantu Fasil yang dianggap belum mapan. 

4. Para Admin diharapkan agar terus meningkatkan perhatiannya, upaya penjagaan dan pembinaannya terhadap para anggota. 

Demikian butir-butir penting yang menjadi kesepakatan dalam Konferensi Kormin Ke-2. Mari kita optimalkan waktu dan sumberdaya yang ada untuk menuntaskan amanah ini sebaik mungkin. Bersyukurlah karena masih diberi jalan untuk melakukan amal terbaik dengan menjadi Kormin maupun Admin. 

Berikut link rekaman Konferensi Kormin Ke-2 : bit.ly/RekamanKK2021.

Jazaakumullahu khairan katsiran atas kontribusinya dalam membina dan menjaga para Admin/Anggota. Semoga dimudahkan dalam menuntaskan perubahan di masa kini.

Salam Hangat,
Salam Sehat,
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Notulis, 
Poppy Handayani (G1957) 

Mengetahui, 
Erwin Chairil A (G0181) 
Ketua Bidang Kormin

Tembusan:
1. Ketua Umum ODOJ
2. Kepala Departemen Kormin Ikhwan
3. Kepala Departemen Kormin Ikhwan OS
4. Kepala Departemen Kormin Akhwat
5. Kepala Departemen Kormin Akhwat OS
6. Kepala Departemen Quality Control
#afbd#