Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Semua Bermula dari Hati

Semua Bermula dari Hati

  • 2021-07-29 15:06:24
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Materi Tayang AIHQ
DK PSDM ODOJ

?Oase Dakwah
Penyejuk Hati Penggugah Jiwa
Kamis, 29 Juli 2021


Semua Bermula dari Hati
Oleh: @rochma_yulika


Lidah tak bertulang, pepatah kuno telah mewarning kita. Seperti mulutmu harimaumu, jika kita tak pandai merawatnya. Kitalah yang akan diterkamnya. Berhati-hatilah dalam menuturkan kata. Lantaran salah dalam bicara biasanya menorehkan luka. 

Setidak-tidaknya ia akan mencerminkan jiwa hati kita. Benar kata Nabi: “Diam itu hikmah, tetapi sedikit orang yang melakukannya.” Hikmah yang banyak mengandung makna kehidupan. Dari sinilah bicara tidak sekedar getaran lidah. Atau sekawanan huruf berbaris kalimat. 

Tapi ia adalah kata-kata yang tercatat. Di catat malaikat dan kelak akan dimintai pertanggungjawabannya. “Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat Pengawas yang selalu hadir.” 
(QS. Al-Qaf [50]: 18)

Di lain kesempatan Nabi juga bersabda, “Seseorang berbicara dengan suatu kalimat tanpa disertai kejelasan, karena ucapannya itu ia terjatuh ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh dari jarak timur dan barat. 

Demikian Imam Bukhari meriwayatkannya. 
Karena bicara itu mudah, kadang kita lupa memberinya makna. Sehingga ia tak lebih hanya ucapan yang sia-sia. Bicara ketika saatnya memang kita harus berbicara itulah ladang pahala bagi siapa pun. 

Tentu jika kita melakukannya dengan penuh kejujuran dan tanggungjawab.  Sedang menahan kata-kata, bukan saja sekedar agar kita tidak salah ucap, tetapi agar kita menjadi bijak. Diam untuk selamanya, juga bukan perangai yang baik. Lantaran memang tidak semua hal harus kita katakan kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Perkataan itu harus sesuai dengan tempat dan waktu serta alamatnya. Inilah bagian dari seni menata hati dan mengendalikan diri.

Jika mulut atau lidah sang penyambung hati, maka dari hatilah semuanya bermula. Hati yang mengendalikan keseluruhan sistem jiwa kita. Di saat seperti ini kondisi hati akan sangat mempengaruhi seluruh gerak tubuh dan jiwa kita. Hatilah sang raja.

Jangan biarkan hati menjelajah tanpa maksud dan tujuan yang jelas. Jangan biarkan hati kita menjadi liar tanpa kendali. Atau lantaran kita sendiri belum mengenal karakter hati dan jiwa kita. 

Mari kita mengurus hati ini saudaraku…..


??•??•??•??•??•??
AIHQ - DK PSDM ODOJ
AIHQ/620/29/07/2021
oaseodoj@gmail.com
Fp : AIHQ Onedayonejuz
???????