Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Bahagia Dengan Merelakan

Bahagia Dengan Merelakan

  • 2021-09-13 15:38:45
  • Administrator
  • OSM / Oase Dakwah

Departemen Rekruitmen dan Training PSDM One Day One Juz

OSM (ODOJ Spirit  Message)

BAHAGIA DENGAN MERELAKAN

"Ingin bahagia? Relakan apa yang memang harus pergi."
-Dedy Susanto-

Tidak ada satu kejadian pun di dunia ini yang terjadi tanpa seijin dari-Nya. Termasuk keburukan yang menimpa hidup kita, itu semua terjadi sudah atas kehendak dari-Nya. 

Jika kita memahami bahwa kebaikan maupun keburukan yang terjadi sudah atas seijin dari-Nya, maka relakanlah. Terus mempertanyakan mengapa semua itu terjadi tidak akan membuat masalah itu selesai namun justru semakin membesar. Mempertanyakan hanya akan membuat perasaan dan kondisi jiwa kita semakin tertekan. 

Relakanlah. Terima semua yang datang dan pergi dari hidup kita dengan keikhlasan dan keridhaan. Tidak ada daya kita untuk menolak apa yang telah Allah takdirkan. 

Dalam ilmu psikologi konsep merelakan ini merupakan salah satu teknik terapi jiwa yang dikenal dengan istilah Acceptance and Commitment Therapy (ACT). ACT adalah terapi yang menggunakan pendekatan proses penerimaan, komitmen, dan perubahan perilaku untuk menghasilkan perubahan psikologis yang lebih fleksibel.

Setelah kejadiannya kita terima maka langkah selanjutnya adalah komitmen untuk fokus memperbaiki diri, hati, dan perilaku kita dengan aktivitas yang Allah ridhoi. Salah satu aktivitas yang bisa kita praktikkan adalah membaca One Day One Juz Alquran. Saat Allah ridho maka segala persoalan di dalam maupun di luar diri kita akan terselesaikan dengan penuh keajaiban. Lahaula Walaquwwata Illabillah.

Sukmadiarti Perangin-angin
Instagram: @sukmadiarti_psikolog
-Dept. Rekruitmen dan Training PSDM-

OSM-1823/9/2021 12 September  2021