Choose Your Color

Informasi

Kegiatan

Peta Perjalanan Hidup

Peta Perjalanan Hidup

  • 2021-10-07 07:16:37
  • Administrator
  • Kegiatan

Hidup di dunia ini hanyalah sebuah episode perjalanan hidup yang hanya sebentar, selayaknya kita sedang melakukan sebuah perjalanan yang akan tiba pada tujuan yang sesungguhnya. Tujuan sesungguhnya yang sedang kita perjuangkan adalah untuk kembali pulang ke surga. Namanya sebuah perjalanan, pasti akan ditemui banyak godaan, tantangan yang akan menguji kita untuk tetap bertahan untuk segera sampai ke tempat tujuan dengan selamat atau justru kita memilih jalan yang lain sehingga sangat lama untuk sampai ke tujuan atau bahkan salah memilih jalan. Naudzubillahimindzalik.

Betapa Allah sangat mencintai hamba-Nya sehingga Ia tidak ingin hamba-Nya tersesat untuk sampai ke tempat yang kekal abadi, sehingga Ia berikan sebuah peta perjalanan yang harus kita baca dan amalkan dari petunjuk tersebut. Ya itulah Alqur’an, pedoman hidup untuk kita semua. Pedoman dalam menyelesaikan segala permasalahan kehidupan baik dalam keadaan sedang diberi cobaan atau kenikmatan. Menjaga konsistensi itu yang tidak mudah dan tidak semua orang sanggup bertahan. Apabila cinta kepada Allah menjadi prioritas, tentu kita akan senang membaca Alqur’an dan yakinlah orang yang selalu membersamai Alqur’an akan hadir rasa ketenangan dalam hidupnya. Allah berfirman dalam surat Al Ahqaf ayat 13-14:

Sesungguhnya orang-orang yang berkata, Tuhan kami adalah Allah, kemudian mereka tetap istiqamah, tidak ada rasa khawatir pada mereka dan mereka tidak pula bersedih hati. Mereka itulah para penghuni surga, kekal di dalamnya, sebagai balasan atas apa yang telah mereka kerjakan” (Q.S. Al Ahqaf : 13-14).

Dalam ayat tersebut sudah jelas ketika kita istiqamah meyakini adanya Allah dan salah satu caranya dengan membaca Alqur’an menjadi bukti bahwa Allah yang akan memberikan ketenangan dalam hidup kita serta semakin mendekatkan pada tujuan yang kita harapkan yaitu Surga. Sebanyak apapun aktivitas yang sedang kita kerjakan dalam mencari kebutuhan hidup, namun selalu prioritaskan untuk istiqomah membaca Alqur’an. Bukan kita tidak punya waktu, tapi justru kita yang harus meluangkan waktu untuk Allah supaya kita bisa tenang dan nyaman dalam menjalani aktivitas harian. Ketika kita merasa sibuk dengan aktivitas dunia sehingga membuat kita lupa untuk membaca Alqur’an maka segera beristigfar mohon ampun dan instrospeksi diri, bisa jadi ini salah satu cara Allah untuk membuat kita terlena dalam kesenangan duniawi dan ini dinamakan istidraj. Allah memberikan kenikmatan duniawi, namun kondisi hatinya merasa kosong dan tidak mendapatkan ketenangan dalam menjalani aktivitas. Sikap yang selalu muncul justru rasa khawatir, mudah marah hingga akhirnya terlalaikan dengan aktivitas duniawi saja.

Semoga kita semua Allah jaga hati kita untuk selalu mengingat-Nya, menjadikan Alqur’an sebagai petunjuk kehidupan dan ketika kita tidak membacanya satu hari pun seperti ada yang kurang dan khawatir salah jalan. Cari lingkungan yang bisa membuat kita untuk istiqomah dekat dengan Allah sampai waktu yang ditentukan untuk kita bisa berjumpa dengan Rabb semesta alam.

Biodata Penulis

            Penulis bernama Laila Rizki Hanantya yang berasal dari grup G-88O. Seorang youngpreneur dan mahasiswa tingkat akhir. Jika ingin saling berbagi kisah motivasi, penyemangat bisa dihubungi via media sosial instagram @lailariztya