Choose Your Color

Informasi

OSM / Oase Dakwah

Menemukan Makna Hidup

Menemukan Makna Hidup

  • 2021-11-02 11:02:08
  • kepenulisan
  • OSM / Oase Dakwah

Departemen Rekruitmen dan Training PSDM One Day One Juz

OSM (ODOJ Spirit  Message)
MENEMUKAN MAKNA HIDUP

Ada tiga cara menurut Victor Frankl dalam konsep logoterapinya, yang bisa ditempuh manusia dalam menemukan makna hidupnya. Pertama, melalui pekerjaan atau perbuatan. Kedua, dengan mengalami suatu kejadian atau melalui inspirasi yang di dapat dari orang lain. Ketiga, melalui cara kita menyikapi penderitaan yang tidak bisa kita hindari. 

Tidak mudah tentunya untuk bisa menyikapi secara positif suatu penderitaan yang kita alami. Butuh waktu untuk kita berproses dan mencerna hingga akhirnya bisa memaknai penderitaan itu dengan sudut pandang yang positif. 

Sebuah konsep dalam QS. Al-baqarah ayat 286, bisa kita jadikan pegangan agar bisa mengontrol pikiran positif dalam diri: 
"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." 

Seorang klien yang baru saja mengalami suatu peristiwa yang menyakitkan hati menyampaikan: "Alhamdulillah, karena sudah tahu ilmunya dari yang Ibu sampaikan di pertemuan sebelumnya, saya bisa lebih tenang dan terkendali menyikapi masalah yang hadir saat ini."

Masya Allah. Allah benar-benar "menyiapkan" kita dulu lho, sebelum kita diuji, sehingga seperti firman Allah tadi, ujian yang diberi sudah sesuai kesanggupan kita untuk menerimanya. Allah sudah bekali dulu kita dengan ilmu untuk menghadapi ujian tersebut. 

Sekarang, tinggal kita memaknai peristiwa tersebut seperti apa.  Bila kita bisa menemukan makna hidup yang positif dari penderitaan itu adalah sebagai wujud tanda cinta Allah yang ingin membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat, lebih ikhlas, lebih syukur, dan tentunya lebih dekat lagi dengan-Nya, insya Allah hidup kita pun semakin bermakna dan bahagia.

Semarang, 021121.
Sukmadiarti Perangin-angin
Instagram: @sukmadiarti_psikolog

-Dept. Rekruitmen dan Training PSDM-

OSM-1833/11/2021 2 November 2021